10 Penyebab Benjolan di Bibir Miss V, Cari Tahu Sebelum Parah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

benjolan di bibir miss V

Sahabat pandawa pernah menemukan benjolan di bibir miss V kamu? Jika iya maka kamu tidak sendirian. Benjolan-benjolan di vagina tersebut sering terjadi terutama selama masa subur ataupun saat bertambah usia. Faktor kebersihan juga bisa mempengaruhi. Namun, hanya saja ada beberapa benjolan termasuk kategori normal atau berbahaya. Nah, jika kamu bingung dalam kategori apa, sebaiknya baca saja langsung artikel di bawah ini. Dan jangan panik, sebab kondisi ini bisa sembuh dan di atasi dengan bantuan tenaga medis.

Melansir Women’s Health, Benjolan di vagina biasanya tidak bisa langsung dikenali. Gejalanya baru terasa setelah timbul perubahan warna kulit, nyeri, atau benjolan membesar. Benjolan di bibir Miss V dan sekitarnya bisa saja merupakan kondisi aman. Tetapi juga bisa menjadi pertanda kondisi yang perlu perhatian dan tindakan medis, seperti kista, kutil kelamin atau penyakit kelamin lainnya.

Tentunya kondisi ini bisa menghambat aktivitas sehari-hari kamu, bahkan bila semakin parah bisa menghambat kamu mendapatkan keturunan. Selain kamu merasakan ada benjolan di bibir Miss V, kemungkinan kamu bisa merasakan sakit ketika berjalan, lari, duduk, ataupun saat berhubungan intim dengan pasangan.

Penyebab Benjolan di Bibir Miss V            

Nah berikut ini beberapa penyebab benjolan di bibir miss V. Kamu bisa pelajari ciri atau tanda-tanda dari beberapa penyebab kondisi ini. Untuk memastikan kamu juga tidak ada salah berkonsultasi dan berdiskusi dengan dokter kulit dan kelamin yang sudah ahli mengatasi gangguan alat vital. Berikut diantaranya:

  1. Ingrown hair

Penyebab benjolan di Bibir Miss V pertama bisa saja disebabkan oleh sebab tumbuhnya rambut atau bulu kemaluan ke dalam kulit sehingga menimbulkan benjolan. Ciri-ciri dari benjolan ini adalah warnanya sedikit gelap, sakit saat disentuh, terlihat seperti memiliki titik di bagian tengah, dan kamu bisa melihat ada rambut di dalamnya. Titik di bagian tengah bukanlah nanah, melainkan sebum yang terperangkap.

Rahasia Awet Muda Maksimal, Ini Dia Treatment Skin Booster DNA Salmon
  1. Varises

Yup, tak hanya kaki saja yang bisa mengalami varises tetapi alat vital pun bisa. Varises sendiri merupakan pembengkakan pembuluh darah. Benjolan di Miss V akibat varises ini akan terlihat berwarna kebiruan mirip seperti varises di kaki. Jika ditekan, benjolan tersebut hilang, tetapi akan kembali lagi ketika jari diangkat. Terkadang akan timbul rasa gatal ataupun berdarah.

  1. Infeksi kulit

Bila kamu punya kondisi penyakit kulit seperti eksim atau psoriasis, wajib perhatikan satu ini. Pasalnya gangguan kulit ini bisa memicu timbulnya benjolan di bibir miss v. Tentunya ini akan membuatmu merasa tidak nyaman karena selalu ingin menggaruk area yang gatal hingga infeksi kulit.

  1. Kutil Kelamin

Penyebab benjolan di bibir Miss V yang wajib diwaspadai yaitu keberadaan kutil kelamin. Kondisi kutil kelamin ini termasuk dalam penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus human pappilomavirus atau HPV.

Selain menular juga bisa memicu kanker. Memang awalnya akan tidak ada yang terasa tapi bisa juga memberikan rasa nyeri, sebab itu kamu wajib mengawasi perubahan di Miss V. Apalagi untuk kamu yang suka bergonta ganti pasangan dan menjalani seks bebas wajib memperhatikan beberapa kemungkinan komplikasi. Pengangkatan kutil dibutuhkan untuk mengatasi penyakit menular seks ini.

Bakteri Ureaplasma Sebabkan Infeksi Kelamin Pada Pria & Wanita
  1. Benjolan di Bibir Miss V Awas Pertanda Kista

Kista vagina sendiri merupakan kondisi benjolan Miss V berupa kantong di dalam dinding vagina. Beberapa jenis kista tersebut bisa berisi nanah, kopong atau cuma berisi udara, atau jaringan parut. Jenis kista ini meliputi:

  • Kista bartholin yang tumbuh di salah satu atau kedua sisi lubang vagina,
  • Kista endometriosis berupa benjolan jaringan yang membentuk kista kecil di vagina,
  • Kista saluran gartner yang terbentuk selama kehamilan,
  • Kista inklusi vagina yang muncul setelah trauma pada dinding vagina, seperti setelah melahirkan, cedera, atau masalah lainnya.
  1. Polip Vagina

Polip vagina adalah pertumbuhan jaringan kulit yang tidak ganas. Biasanya, polip vagina bukan gangguan kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Apabila terasa sakit atau menyebabkan pendarahan, polip vagina baru memerlukan tindakan medis. Jangan ragu untuk konsultasikan pada dokter ahli untuk menangani kondisi ini.

  1. Kanker vagina

Meski jarang ditemui, penyebab benjolan Miss V juga bisa terkait kanker. Benjolan ini berupa pertumbuhan jaringan ganas di lapisan sel kulit atau kelenjar di vagina. Gejala kanker vagina di awal seperti pendarahan dan keputihan abnormal.

Apabila kanker semakin parah, gejala lain yang dirasakan penderitanya termasuk sembelit, nyeri panggul, nyeri punggung, atau kaki bengkak hingga mengganggu aktivitas harian. Untuk mengatasinya kamu wajib melakukan pemeriksaan dan mengikuti saran dokter ahli.

Benjolan di Miss V, Waspada Penyakit Bartholinitis (Abses Bartholinitis)
  1. Herpes kelamin

Selain kutil kelamin yang mesti kamu waspadai, ada lagi penyakit herpes kelamin yang bisa memicu keluhan benjolan di vagina. Sama seperti kutil kelamin, herpes kelamin juga mempunyai sifat menular dan kambuhan.

Disebabkan oleh virus bernama herpes simpex virus atau HSV, kondisi ini bisa memberikan gejala gatal, ruam-ruam merah di tubuh, demam, hingga luka melepuh di area vital. Parahnya, penyakit ini bisa muncul tanpa gejala sekalipun.

Untuk mengatasinya kamu wajib konsultasikan pada dokter kulit dan kelamin. Biasanya dokter akan menganjurkan mengkonsumsi obat antivirus untuk mencegah penularan penyakit kepada orang lain dan meredamnya.

  1. Chancroid atau Ulkus Mole

Benjolan di bibir miss v juga bisa menjadi pertanda kamu mengalami ulkus mole atau penyakit chancroid. Umumnya kondisi ini merupakan infeksi kelamin yang disebabkan haemophilus ducreyi yang ditandai dengan luka terbuka sehingga menimbulkan benjolan yang perih jika tersentuh. Tentunya penyakit ini bisa menyebar ke area tubuh dan tentu menularkan pada orang lain secarai seks oral, anal maupun vagina.

  1. Benjolan di Bibir Miss V akibat Dermatitis

Selain infeksi kelamin lainnya, penyebab gangguan di vagina juga bisa disebabkan oleh penyakit kulit dermatitis. Salah satu penyakit dermatitis yaitu eksim, selain di kulit eksim juga bisa muncul di area kelamin atau eksim genital. Tanda-tandanya membuat kulit area kelamin gatal, bengkak, iritasi ataupun meradang. Bahkan jika parah bisa memicu bisul hingga sensasi panas. Kamu pun harus segera ke dokter kulit kelamin untuk mencegah infeksi lebih parah lagi.

Kutil Kelamin Gejala Ini Seringnya Tidak Disadari Ternyata Berbahaya

Cara Menghilangkan Benjolan di Bibir Miss V

Untuk menghilangkan benjolan di vagina pun beragam dan tergantung dari penyebabnya. Tapi kamu bisa memulai dengan berendam air hangat, jika belum terdapat infeksi atau abses. Suhu air yang hangat dipercaya mampu membuat kista yang ada mengecil dan membuat cairan yang ada di dalamnya keluar dengan sendirinya.

Kemudian, bila disebabkan oleh penyakit kutil kelamin maka kamu butuh untuk mengangkatnya dengan metode laser atau elektrokauter. Begitu juga bila disebabkan oleh penyakit menular seksual lainnya, dokter akan memberikan obati antibiotik, antivirus, minum maupun suntik.

Jika kamu merasakan perubahan pada miss V disertai dengan keluhan tambahan, jangan tunda pemeriksaan. Periksakan pada dokter kulit kelamin terpercaya agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Bagi kamu yang membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke konsultan dokter kami melalui layanan konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS / telp. Kami siap melayani. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *