Blog Details

Image

Klinik Gonore - Hal-hal Menarik Mengenai Gonore pada Pria

Klinik Gonore | Pengobatan Gonore |Klinik Kelamin

Hal-hal Menarik Mengenai Gonore pada Pria

Kali ini kita bakal membahas hal-hal menarik mengenai gonore pada pria. Penasaran? Berikut pembahasan lengkapnya untuk dibahas.

Gonore merupakan salah satu infeksi menular seksual yang bisa terjadi pada siapapun yang tidak menerapkan hubungan seksual aman baik pria maupun wanita. Sebagai salah satu infeksi menular seksual, kita wajib mengetahui apa gejalanya, cara menanggulanginya, dan cara mengobatinya.

Kali ini kita bakal membahas mengenai gonore pada pria dan hal-hal menarik lainnya mengenai hal tersebut. Penasaran apa saja hal-hal menarik mengenai gonore pada pria? Berikut ulasan lengkapnya untuk kita bahas bersama.

Klinik Gonore - Hal-hal Menarik Mengenai Gonore pada Pria

Apa Itu Gonore?

Gonore adalah infeksi menular seksual (IMS) akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae. Ini terutama mempengaruhi selaput lendir saluran reproduksi, tetapi juga dapat menginfeksi tenggorokan, mata, rektum, dan persendian.

Gonore bisa menular lewat hubungan seks vaginal, anal, atau oral tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi. Itu juga dapat menular dari ibu yang terinfeksi ke bayinya saat melahirkan. Infeksi dapat menular bahkan jika penderita gonore tidak memiliki gejala apapun.

Gejala gonore dapat bervariasi tergantung pada tempat infeksi. Dalam banyak kasus, baik pria maupun wanita mungkin tidak mengalami gejala apa pun.

Gejala Gonore pada Pria

Ada beberapa gejala gonore pada pria yang bisa terjadi. Beberapa gejala gonore pada pria yang umumnya terjadi antara lain sebagai berikut:

  • Buang air kecil yang menyakitkan

  • Keluar cairan dari penis

  • Testis bengkak atau nyeri

  • Sering buang air kecil

  • Gejala di dubur

  • Sakit tenggorokan

Penting untuk Anda perhatikan bahwa tidak semua pria penderita gonore akan mengalami gejala. Beberapa orang mungkin mengalami infeksi tanpa gejala, artinya mereka tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi yang nyata. Namun, meski tanpa gejala, mereka masih bisa menularkan infeksi ke pasangan seksualnya.

Bahaya Gonore pada Pria

Gonore dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius jika tidak Anda obati. Pada pria, beberapa potensi komplikasi gonore yang bisa terjadi meliputi:

  1. Epididimitis

Gonore yang tidak Anda obati dapat menyebabkan epididimitis, yaitu peradangan pada epididymitis, tabung melingkar di bagian belakang testis yang menyimpan dan membawa sperma. Ini dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan berpotensi menyebabkan kemandulan jika tidak Anda tangani.

  1. Prostatitis

Infeksi dapat menyebar ke kelenjar prostat, menyebabkan prostatitis. Gejala mungkin termasuk rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah panggul, buang air kecil yang menyakitkan, dan kesulitan mengosongkan kandung kemih.

  1. Striktur Uretra

Gonore yang tidak Anda obati dalam jangka panjang dapat menyebabkan jaringan parut dan penyempitan uretra, yang menyebabkan kondisi yang disebut striktur uretra. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan buang air kecil dan berpotensi memerlukan intervensi bedah.

  1. Infeksi Menyebar

Dalam kasus yang jarang terjadi, gonore yang tidak diobati dapat menyebar melalui aliran darah dan memengaruhi bagian tubuh lainnya, yang menyebabkan kondisi yang umumnya biasa disebut disseminated gonococcal infection (DGI).

DGI dapat menyebabkan ruam kulit, radang sendi (arthritis), dan pada kasus yang parah dapat mempengaruhi jantung atau organ lain.

  1. Risiko HIV Meningkat

Menderita gonore dapat meningkatkan risiko tertular atau menularkan HIV, virus penyebab AIDS. Adanya gonore dapat memudahkan HIV masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi.

Penting untuk mencari pertolongan medis jika Anda menduga Anda menderita gonore atau telah terpapar penyakit ini. Perlu Anda ketahui juga bahwa penyakit ini dapat Anda tangani secara efektif dengan antibiotik. 

Namun, karena munculnya jenis gonore yang kebal antibiotik, sangat penting untuk menyelesaikan pengobatan lengkap seperti yang tenaga medis tentukan untuk memastikan keberhasilan pemberantasan infeksi.

Cara Pengobatan Gonore pada Pria

Gonore pada pria bisa Anda obati dengan antibiotik. Pengobatan spesifik dan rejimen pengobatan akan bergantung pada berbagai faktor seperti tingkat keparahan infeksi, resistensi antibiotik di wilayah tersebut, dan faktor individu pasien.

Penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk melakukan pemeriksaan akurat dan perawatan yang tepat.

Dalam banyak kasus, satu dosis antibiotik cukup untuk mengobati gonore tanpa komplikasi pada pria. Antibiotik yang paling umum digunakan untuk pengobatan gonore meliputi:

  • Ceftriaxone

  • Azotromisin

Sangat penting untuk menyelesaikan antibiotik lengkap sesuai resep, bahkan jika gejala membaik sebelum menyelesaikan pengobatan. Ini memastikan bahwa infeksi benar-benar diberantas dan membantu mengurangi risiko resistensi antibiotik.

Pentingnya Memperhatikan Resistensi Antibiotik

Anda wajib mencatat bahwa resistensi antibiotik telah menjadi perhatian gonore. Beberapa strain bakteri telah mengembangkan resistensi terhadap antibiotik tertentu, termasuk ceftriaxone.

Tenaga medis akan mempertimbangkan pola resistensi antibiotik lokal saat menentukan pengobatan yang paling tepat. Selain itu ketika Anda terdiagnosa gonore, tenaga medis menyarankan agar pasangan seksual Anda juga dites dan diobati untuk mencegah infeksi ulang atau penyebaran infeksi ke orang lain.

Kapan Harus ke Dokter?


Jika seorang pria mencurigai dia mungkin menderita gonore atau mengalami gejala yang menunjukkan kemungkinan infeksi, penting untuk menemui profesional kesehatan untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Ingat, penting untuk tidak menunda mencari pertolongan medis jika Anda mencurigai adanya infeksi gonore atau memiliki kekhawatiran tentang kesehatan seksual Anda.

Penting untuk melakukan konsultasi serta pengobatan ke Klinik Gonore di Klinik Utama Pandawa. Pengobatan gonore bisa Anda lakukan di Klinik Kelamin dari Klinik Utama Pandawa karena memiliki staff medis yang terpercaya dan berpengalaman menangani masalah ini.

Referensi


Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy