Apa Itu Human Papillomavirus? Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Apa itu human papillomavirus

Apa Itu Human PapillomavirusSahabat Pandawa, sangat banyak sekali penyakit yang dapat menular seperti penyakit kelamin dan juga penyakit kulit. Penting bagi Sahabat Pandawa untuk mengetahui berbagai masalah yang bisa menyerang alat kelamin serta kulit. Salah satu penyakit yang dapat menjadi masalah bagi kulit adalah Human papillomavirus atau HPV. Apa itu Human Papillomavirus?

Kali ini Klinik Pandawa akan memberi edukasi mengenai penyakit human papillomavirus atau yang sering disebut dengan HPV. Klinik Pandawa akan memaparkan seputar human papillomavirus seperti pengertian human papillomavirus, gejala human papillomavirus, penyebab human papillomavirus, dan juga pengobatan human papillomavirus. Simak terus artikel berikut ya, Sahabat Pandawa!

 

Mengenal Human Papillomavirus

Apa itu Human papillomavirus? Human papillomavirus (HPV) adalah infeksi virus yang ditularkan di antara orang-orang melalui kontak kulit-ke-kulit. Ada lebih dari 100 varietas HPV, lebih dari 40 terjadi melalui kontak seksual dan juga dapat menjangkit alat kelamin, mulut, atau tenggorokan Anda.

Menurut Center of Disease Control and Prevention (CDC), HPV adalah penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum terjadi. Sangat umum bahwa kebanyakan orang yang aktif secara seksual akan terkena penyakit ini di beberapa titik, bahkan jika mereka memiliki sedikit pasangan seksual.

Beberapa kasus infeksi HPV genital mungkin tidak menyebabkan masalah kesehatan. Akan tetapi, beberapa jenis HPV dapat menyebabkan perkembangan kutil kelamin (kondiloma), bahkan bisa memicu kanker serviks, anus, dan tenggorokan.

 

Gejala Human Papillomavirus

Setelah mengetahui apa itu Human papillomavirus, Anda juga perlu mengetahui gejala dari HPV ini. Seringkali, infeksi HPV tidak menimbulkan gejala atau masalah kesehatan yang terlihat. Faktanya, sekitar 90 persen infeksi HPV  hilang dengan sendirinya dalam waktu dua tahun, menurut CDC. Namun, karena virus masih berada dalam tubuh seseorang selama waktu ini, orang itu mungkin secara tidak sadar menularkan HPV.

Ketika virus tidak hilang dengan sendirinya, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Ini termasuk kutil kelamin dan kutil di tenggorokan (dikenal sebagai papillomatosis pernapasan berulang).

Walaupun infeksi virus HPV seringkali tank menimbulkan gejala, dalam beberapa kasus virus ini bisa bertahan sehingga menimbulkan gejala ataupun tanda-tanda berupa munculnya kutil di permukaan kulit. Kutil dapat tumbuh di sekitar lengan, wajah, tungkai, dan juga kelamin. Berikut ini merupakan ciri-ciri kutil pada kulit sesuai dengan lokasi tumbuhnya:

  • Kutil di bahu, lengan, dan jari
    Kutil berbentuk tonjolan yang terasa kasar. Kutil ini bisa terasa sakit serta mudah mengalami perdarahan.
  • Kutil yang tumbuh pada telapak kaki (plantar warts)
    Pada telapak kaki, kutil berbentuk tonjolan keras serta terasa kasar. Efeknya menimbulkan rasa tidak nyaman ketika menapak.
  • Kutil di daerah wajah
    Kutil di area wajah kerap kali datar (flat warts). Pada anak-anak, kutil lebih sering timbul di area rahang bawah.
  • Kutil kelamin
    Kutil kelamin atau yang sering disebut juga kondiloma memilki bentuk seperti kembang kol. Kutil kelamin dapat tumbuh pada kelamin wanita ataupun laki-laki. Selain di kelamin, kutil pun dapat muncul di anus serta menimbulkan rasa gatal.

 

Penyebab Human papillomavirus

Virus yang menyebabkan infeksi HPV ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit. Kebanyakan orang mendapatkan infeksi HPV genital melalui kontak seksual langsung, termasuk hubungan seks vaginal, anal, dan oral. Banyak orang mengidap HPV dan seringkali tidak mengetahuinya. Hal ini berarti Anda masih dapat terjangkit meskipun pasangan Anda tidak memiliki gejala apa pun.

Dalam kasus yang jarang terjadi, seorang ibu yang menderita HPV dapat menularkan virus ke bayinya selama persalinan. Ketika ini terjadi, anak mungkin terkena suatu kondisi yang disebut papillomatosis pernapasan berulang di mana mereka terjangkit kutil terkait HPV di dalam tenggorokan atau saluran pernapasan mereka.

Virus HPV atau human papillomavirus hidup di dalam sel permukaan kulit. Virus ini dapat masuk melalui luka yang terjadi di kulit. Penyebaran virus HPV bisa terjalin lewat kontak langsung dengan kulit penderita HPV.

Jika Sahabat Pandawa sudah memahami apa itu Human papillomavirus, Sahabat Pandawa pun harus mengetahui penyebab dari penyakit ini. Kebanyakan virus HPV menyebabkan timbulnya kutil pada tubuh. Sebagian kecil lagi bisa memasuki tubuh lewat hubungan intim. Berikut terdapat beberapa keadaan yang bisa meningkatkan risiko terkena infeksi virus HPV:

  • Kerap berganti pasangan seks.
  • Sistem kekebalan tubuh lemah.
  • Terdapat luka terbuka pada kulit.
  • Menderita penyakit menular seksual.
  • Melakukan hubungan seksual melalui anal.

 

Bahaya Human Papillomavirus

HPV juga dapat menyebabkan kanker serviks dan kanker lain pada alat kelamin, kepala, leher, dan tenggorokan. Jenis-jenis penyakit HPV yang menyebabkan kutil berbeda dari jenis-jenis yang menyebabkan kanker. Jadi, memiliki kutil kelamin yang disebabkan oleh HPV belum tentu membuat Anda akan terserang kanker.

Kanker yang disebabkan oleh HPV sering tidak menunjukkan gejala sampai kanker berada pada tahap pertumbuhan selanjutnya. Pemutaran rutin dapat membantu mendiagnosis masalah kesehatan terkait HPV sebelumnya. Ini dapat meningkatkan pandangan dan meningkatkan peluang bertahan hidup.

 

Pengobatan Human Papillomavirus di Klinik Pandawa Jakarta

klinik pandawa

Sahabat Pandawa sudah memahami apa itu Human papillomavirus atau HPV, gejala HPV, penyebab HPV, dan juga bahaya HPV. Apabila Sahabat Pandawa merasakan ada beberapa gejala HPV yang muncul pada diri Sahabat Pandawa, jangan ragu untuk memeriksakan masalah tersebut.

Sahabat Pandawa dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin ataupun pergi ke klinik khusus kulit dan kelamin agar pengobatannya efektif dan juga berhasil. Salah satu klinik yang sudah ahli dalam menangani penyakit HPV adalah Klinik Pandawa Jakarta. Kami telah berhasil menangani banyak pasien yang terkena penyakit HPV dan juga penyakit menular seksual lainnya.

Jika Anda ingin melakukan pengobatan penyakit HPV, Anda dapat menghubungi Klinik Pandawa di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA). Sahabat Pandawa juga dapat melakukan konsultasi online dengan dokter kami secara GRATIS di bit.ly/2VdMqLL. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paste your AdWords Remarketing code here
klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami