Apakah yang Menjadi Penyebab Kencing Keluar Nanah?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Penyakit Kencing Nanah
Penyakit Kencing Nanah bisa menular. Jangan sembarangan berganti-ganti pasangan.

 

Kesehatan menjadi hal yang cukup penting dan krusial bagi semua orang. Terdapat pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah tersebut benar adanya. Saat ini banyak sekali penyakit yang bisa menyerang tubuh kita, salah satunya adalah penyakit menular seksual. Terkadang, penyakit menular seksual bisa menjadi penyebab kencing keluar nanah atau yang kerap disebut gonore.

Penyakit ini bisa menyebabkan masalah dan komplikasi pada area genital seseorang yang terjangkit. Kasus ini seringkali terjadi pada individu yang melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang “kotor” atau telah terjangkit penyakit gonore.

Sahabat Pandawa, kali ini kami akan membahas seputar penyakit gonore yang bisa menjadi penyebab kencing keluar nanah. Kami akan memaparkan informasi seputar gonore seperti definisi gonore, gejala gonore, penyebab gonore, komplikasi yang diakibatkan gonore, dan juga pengobatan penyakit ini.

 

Definisi Penyakit Gonore

Gonore (gonorrhoea) ataupun yang sering disebut juga dengan kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual. Pada laki-laki, penyakit gonore bakal menimbulkan tanda-tanda seperti keluarnya nanah dari penis. Di samping itu, penderita penyakit gonore bakal merasakan nyeri serta perih ketika buang air kecil.

Tidak sama dengan gonore pada laki-laki, apabila kasus gonore terjadi pada perempuan, gonore punya kemungkinan tidak muncul gejala dan tanda-tanda. Penyakit gonore bisa sembuh dalam waktu beberapa hari apabila diberikan pengobatan yang tepat dan segera.

Gonore merupakan infeksi yang cukup umum dalam banyak kasus. Seperti yang sudah disebut tadi, sering kali penyakit gonore tidak menimbulkan gejala. Hal ini kerap kali tak disadari oleh penderitanya sehingga tanpa sadar menularkan penyakit gonore ini pada pasangannya.

 

Gejala Penyakit Gonore

Gejala dan tanda-tanda penyakit gonore umumnya baru terdeteksi kurang lebih 14 hari setelah terjadinya penularan. Akan tetapi, tak semua orang sadar akan indikasi dan gejala yang timbul dari penyakit ini. Bahkan,  terdapat pendertia gonore namun tidak menunjukkan gejala yang ada. Biasanya kasus ini disebut dengan nonsymptomatic carrier ataupun pembawa nongejala. Ada dua gejala berbeda antara pria dan wanita yang menjadi penyebab kencing keluar nanah. Berikut tanda-tanda kencing nanah pada pria dan wanita:

 

Gejala gonore pada pria

Sebagian umum pria mungkin tak sadar akan gejala bahwa ia sudah mengidap penyakit gonore. Hal ini karena beberapa pria memang tak mengalami gejala gonore. Indikasi yang cukup umum serta mudah dikenali ialah sensasi panas ataupun terbakar saat buang air kecil. Setelah itu, gejala lainnya akan timbul seperti berikut ini:

  • Penis mengeluarkan nanah (meneteskan cairan) berwarna kuning, putih, krem, ataupun kehijau-hijauan
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  • Terjadi pembengkakan pada penis
  • Nyeri pada penis
  • Bukaan penis menjadi bengkak dan kemerahan
  • Tenggorokan menjadi sakit

Saat sudah diobati, infeksi dari gonore mungkin masih bisa bertahan di tubuh penderita dalam beberapa hari. Meskipun kasus ini jarang sekali terjadi, penyakit gonore bisa mengakibatkan kerusakan pada tubuh, khususnya uretra dan juga testis. Sensasi nyeri pun bisa dirasakan sampai ke rektum.

 

Gejala gonore pada wanita:

Sebagian wanita kesulitan untuk mengidentifikasi tanda-tanda gonore karena gejala yang timbul mempunyai kesamaan dengan infeksi yang lain. Indikasi gonore pada perempuan tak terlihat dengan jelas, semacam infeksi jamur pada vagina yang cukup umum. Hal ini membuat beberapa wanita salah memprediksi infeksi yang dialaminya. Berikut ini merupakan beberapa indikasi penyebab kencing keluar nanah yang timbul pada wanita:

  • Sensasi nyeri dan panas saat buang air kecil
  • Keluarnya cairan seperti krim dan kehijauan dari vagina
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  • Sensasi nyeri ketika berhubungan intim
  • Terjadi pendarahan atau adanya bercak darah ketika tidak menstruasi
  • Pembengkakan pada vulva
  • Sensasi terbakar atau panas di tenggorokan
  • Demam

 

Penyebab Kencing Keluar Nanah

Neisseria gonorrhoeae, the bacterium responsible for the sexually transmitted infection Gonorrhea. 3D illustration

Gonore memang menjadi penyebab kencing keluar nanah. Oleh karena itu, perhatikan faktor-faktor yang menyebabkan Anda bisa terjangkit penyakit menular seksual ini. Penyebab penyakit gonore ialah infeksi dari bakteri Neisseria gonorrhoeae. Parasit ini kerapkali menular lewat hubungan seks seperti seks oral serta seks anal. Gonore pun bisa menular dari ibu hamil ke bayinya ketika persalinan.

Karena pengjangkitannya melalui hubungan seksual dengan pasangan, seseorang bakal lebih mudah terjangkit gonore jika sering bergonta-ganti pasangan sekssual ataupun bekerja menjadi pekerja seks komersial. Gonore akan lebih sering ditemui pada orang-orang seperti berikut:

  • Masih dalam usia muda
  • Pernah terjangkit gonore
  • Mengidap penyakit menular seksual lain seperti HIV
  • Hidup di lingkungan sekitar pengidap gonore

Hanya sebagai informasi, penyakit gonore tidak menular lewat dudukan toilet, satu kolam dengan pengidap gonore, berbagai alat makan dan minum, dan pelukan.

 

Dampak Gonore jika Tidak Segera Ditangani

Pada wanita, gonore yang tidak segera ditangani bisa menimbulkan penyakit radang panggul yang mana bisa merusak tuba fallopi. Efek fatalnya, gonore bisa menyebabkan ketidaksuburan serta meningkatkan risiko hamil ektopik, kondisi di mana sel telur yang sudah dibuahi berkembang di luar rahim.

Sebaliknya pada pria, gonore yang tidak ditangani bisa menyebabkan epididymis, yaitu rasa sakit di area testis yang dapat berisiko terhadap infertilitas. Apabila tidak segera ditangani dengan cepat, gonore lama-kelamaan bakal menimbulkan masalah pada prostat serta menyebabkan luka pada uretra. Dampaknya akan menyebabkan susah buang air kecil.

 

Pengobatan Kencing Nanah di Klinik Pandawa Jakarta

Klinik pandawa jakarta

Gonore dapat ditangani dan disembuhkan, akan tetapi tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan yang hanya dilakukan di rumah ataupun membeli obat di apotek. Anda harus pergi menemui dokter spesialis kulit dan kelamin yang dapat mengatasi masalah ini.

Dokter bakal melakukan diagnosis menurut hasil uji laboratorium dengan metode pengambilan sampel cairan dari uretra pria serta serviks pada wanita.  Dokter pun akan mengecek anus dan tenggorokan untuk mengetahui ada atau tidaknya infeksi pada area tersebut.

Jika gejala dan tanda-tanda kencing nanah sudah muncul pada diri Anda segeralah mengunjungi klinik kulit dan kelamin. Salah satu klinik kulit dan kelamin yang sudah tepercaya dan memiliki dokter spesialis dalam bidang penyakit kelamin adalah Klinik Pandawa Jakarta. Kami memiliki fasilitas yang lengkap serta nyaman untuk pasien sehingga Klinik Pandawa sangatlah cocok menjadi pilihan Anda untuk melakukan pengobatan.

Untuk informasi dan pengobatan lebih lanjut silakan konsultasikan dengan dokter online gratis kami. Hubungi kami di 0821-1141-0672/ 021-62313337 WhatsApp / SMS / telepon. Segala rahasia medis terjamin keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *