Awas Penyakit Kencing Nanah!!! Bisa Menjangkiti Bayi Hingga Orang Dewasa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyakit kencing nanah atau Gonore adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Penyakit menular seksual ini bisa menyerang kaum pria ataupun wanita.

Adapun kencing nanah pada pria akan dikeluarkan melalui penis dan bisa diidentifikasi. Sementara kencing nanah pada wanita, bisa muncul tanpa gejala.

Hal ini malah lebih berbahaya, karena pengidap tak mengetahui dirinya sudah terjangkit oleh bakteri Gonorrhoeae atau tidak.

Penyakit kencing nanah biasanya disebarkan melalui hubungan seksual. Terlebih, bila sering melakukan gonta-ganti pasangan.

Penyakit Gonore ini lebih cepat tertular dan bisa meluas dengan cepat bila dilakukan pekerja seks komersial.

Penyebab Kencing Nanah

Seperti sudah disinggung sebelumnya, penyakit kencing nanah disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini tak melulu menyerang saluran reproduksi. Tetapi bisa juga menyerang selaput lendir mulut, tenggorokan, mata, dan area dubur.

Penyakit Kencing Nanah
Penyakit Kencing Nanah bisa menular. Jangan sembarangan berganti-ganti pasangan.

Bahkan penyakit kencing nanah pada anak bayi dapat menjangkiti mata. Sehingga pengidapnya bisa mengalami kebutaan permanen. Si anak bisa tertular akibat sang ibu terjangkiti bakteri kencing nanah.

Sementara penyebab kencing nanah pada wanita bisa jadi tertular akibat hubungan seksual. Termasuk hubungan seksual oral, anal, dan vaginal.

Sama dengan penyakit menular seksual lainnya, kencing nanah pada wanita bisa tertular akibat menyentuh daerah yang terinfeksi pada penis si pria.

Jadi, bila Anda bersentuhan dengan penis, vagina, mulut, ataupun anus pengidap kencing nanah, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit Gonore ini.

Selain itu, penyakit Kencing nanah dapat ditularkan dari pemakaian sex toys (mainan seks) yang sudah terkontaminasi bakteri Gonorrhoeae.

Yang perlu digarisbawahi, penyakit kencing nanah ini meski bisa menular lewat hubungan seks, tetapi si pria tidak harus ejakulasi untuk menularkan penyakit tersebut.

Info baiknya, bakteri penyebab kencing nanah tak mampu bertahan hidup di luar tubuh manusia dalam waktu lama. Walhasil, penyakit ini tibak bisa menular melalui dudukan toilet, peralatan makan, handuk, kolam renang, gelas, ciuman, dan pelukan.

Baca Juga : Awas Penyakit Kencing Nanah!!! Bisa Menjangkiti Bayi Hingga Orang Dewasa

Cara Mengobati Kencing Nanah

Cara mengobati kencing nanah
Cara mengobati kencing nanah dengan mengkonsumsi antibiotik. Baik dari bahan alami ataupun obat dokter

Bila gejala kencing nanah atau gonore sudah muncul, ada cara mengobati kencing nanah yang bisa ditempuh. Salah satunya lewat jalur medis.  Biasanya dokter akan merekomendasikan rangkaian tes kencing nanah dan sakit lainnya yang terkait infeksi bakteri.

Sebab, penyakit yang bersumber dari bakteri ini biasanya bisa mewabah di area reproduksi. Otomatis penyakit yang ditimbulkan bisa beragam. Cara mengobati kencing nanah pun harus dalam penanganan khusus.

Adapun pengujian lab untuk penyakit gonore bisa dilakukan dokter melalui sampel urine atau swab dari area yang terinfeksi. Sampel swab lazimnya diambil dari penis, leher rahim, uretra, anus, dan tenggorokan.

Pun, organ vital wanita, seperti swab vagina juga dijadikan sampel. Nantinya semua pengujian dilakukan laboratorium dan hasilnya bisa diinformasikan ke pasien yang bersangkutan.

Seandainya tes gonore memiliki hasil positif, cara menyembuhkan kencing nanah ini biasanya melalui beberapa tindakan. Jika tes positif untuk infeksi gonore, individu dan pasangannya perlu menjalani perawatan. Ini biasanya melibatkan:

  • Cara mengobati kencing nanah yang efektif bisa lewat dokter. Dengan Antibiotik, dokter kemungkinan akan memberikan suntikan sebagai obat.
  • Jangan melakukan hubungan seksual. Bila perawatan masih berjalan, jangan melakukan hubungan seksual. Sebab, masih memungkinkan infeksi dan komplikasi.
  • Lakukan pengujian ulang setelah perawatan. Yakni, 7 hari setelah perawatan.

Sedangkan untuk wanita hamil, cara mengurangi resiko kencing nanah bisa dengan salep mata yang diberikan kepada sang bayi.  

Namun, Anda juga harus waspada, jika infeksi mata berkembang. Antibiotik dibutuhkan untuk mengobati virus kencing nanah tersebut.

Baca Juga : Lengkap! Begini Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

O

Simpulan

Bila Anda sudah terjangkit Gonore sebaiknya berobat ke Klinik Kulit Kelamin yang profesional. Tak perlu khawatir, bila Anda patuh dengan petunjuk dokter, penyakit kencing nanah bisa disembuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *