Awas Penyakit Kencing Nanah (Gonore)! Bisa Jangkiti Siapa Saja

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

penyakit kencing nanahPenyakit kencing nanah merupakan jenis penyakit menular seksual yang berbahaya bagi penderitanya. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan segera. Simak pembahasan berikut untuk mengetahui penyakit kencing nanah lebih lengkap.

 

Definisi Penyakit Kencing Nanah (Gonore)

Penyakit kencing nanah atau Gonore adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Penyakit menular seksual ini bisa menyerang kaum pria ataupun wanita. Adapun kencing nanah pada pria akan dikeluarkan melalui penis dan bisa diidentifikasi. Sementara kencing nanah pada wanita, bisa muncul tanpa gejala. Hal ini malah lebih berbahaya, karena pengidap tak mengetahui dirinya sudah terjangkit oleh bakteri Gonorrhoeae atau tidak.

Penyakit kencing nanah biasanya disebarkan melalui hubungan seksual. Terlebih, bila sering melakukan gonta-ganti pasangan. Penyakit Gonore ini lebih cepat tertular dan bisa meluas dengan cepat bila dilakukan pekerja seks komersial.

 

Penyebab Kencing Nanah (Gonore)

Seperti sudah disinggung sebelumnya, penyakit kencing nanah disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini tak melulu menyerang saluran reproduksi. Tetapi bisa juga menyerang selaput lendir mulut, tenggorokan, mata, dan area dubur. Bahkan penyakit kencing nanah pada anak bayi dapat menjangkiti mata. Sehingga pengidapnya bisa mengalami kebutaan permanen. Si anak bisa tertular akibat sang ibu terjangkiti bakteri kencing nanah. Sementara penyebab kencing nanah pada wanita bisa jadi tertular akibat hubungan seksual. Termasuk hubungan seksual oral, anal, dan vaginal.

Sama dengan penyakit menular seksual lainnya, kencing nanah pada wanita bisa tertular akibat menyentuh daerah yang terinfeksi pada penis si pria. Jadi, bila Anda bersentuhan dengan penis, vagina, mulut, ataupun anus pengidap kencing nanah, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit Gonore ini. Selain itu, penyakit Kencing nanah dapat ditularkan dari pemakaian sex toys (mainan seks) yang sudah terkontaminasi bakteri Gonorrhoeae.

Yang perlu digarisbawahi, gonore ini meski bisa menular lewat hubungan seks, tetapi si pria tidak harus ejakulasi untuk menularkan penyakit tersebut. Info baiknya, bakteri penyebab kencing nanah tak mampu bertahan hidup di luar tubuh manusia dalam waktu lama. Walhasil, penyakit ini tibak bisa menular melalui dudukan toilet, peralatan makan, handuk, kolam renang, gelas, ciuman, dan pelukan.

 

Gejala Penyakit Kencing Nanah

Gejala penyakit kencing nanah (gonore) biasanya timbul pada organ kelamin. Gejala gonore dapat berbeda antara pria dan wanita. Terkadang penyakit gonore  tidak menimbulkan gejala apapun

Pada pria, gejala gonore antara lain:

  • Keluar nanah di ujung penis
  • Nyeri ketika buang air kecil
  • Nyeri dan bengkak di salah satu testis
  • Ujung penis bengkak dan merah

Pada wanita, gejala gonore antara lain:

  • Nyeri ketika buang air kecil atau ketika berhubungan intim.
  • Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering
  • Sakit perut dan panggul.
  • Keputihan.
  • Keluar darah dari vagina setelah melakukan hubungan seksual
  • Keluar darah dari vagina ketika tidak sedang menstruasi
  • Menstruasi yang lebih banyak atau lebih lama dari biasanya.

Gonore dapat terjadi juga pada bayi yang disebabkan karena tertular oleh ibunya pada saat proses persalinan normal (melalui jalan lahir). Gonore dapat membuat mata bayi merah, bengkak, dan mengeluarkan nanah pada bayi yang baru lahir.  Gejala ini umumnya timbul pada dua minggu pertama setelah bayi lahir ke dunia.

 

Cara Mengobati Penyakit Kencing Nanah

Bila gejala kencing nanah atau gonore sudah muncul, ada beberapa cara mengobati kencing nanah yang bisa ditempuh. Salah satunya lewat jalur medis. Biasanya dokter akan merekomendasikan rangkaian tes kencing nanah dan sakit lainnya yang terkait infeksi bakteri.

Sebab, penyakit yang bersumber dari bakteri ini biasanya bisa mewabah di area reproduksi. Otomatis penyakit yang ditimbulkan bisa beragam. Cara mengobati kencing nanah pun harus dalam penanganan khusus. Adapun pengujian lab untuk penyakit gonore bisa dilakukan dokter melalui sampel urine atau swab dari area yang terinfeksi. Sampel swab lazimnya diambil dari penis, leher rahim, uretra, anus, dan tenggorokan. Pun, organ vital wanita, seperti swab vagina juga dijadikan sampel. Nantinya semua pengujian dilakukan laboratorium dan hasilnya bisa diinformasikan ke pasien yang bersangkutan.

Seandainya tes gonore memiliki hasil positif, cara menyembuhkan kencing nanah ini biasanya melalui beberapa tindakan. Jika hasil tes positif terdiagnosis gonore, maka individu tersebut berikut pasangannya harus menjalani pengobatan yang tepat agar dapat cepat sembuh. 

  • Cara mengobati kencing nanah yang efektif adalah dengan berobat ke dokter. Dengan Antibiotik, dokter kemungkinan akan memberikan suntikan sebagai obat.
  • Jangan melakukan hubungan seksual. Bila perawatan masih berjalan, jangan melakukan hubungan seksual. Sebab, masih memungkinkan infeksi dan komplikasi.
  • Lakukan pengujian ulang setelah perawatan. Yakni, 7 hari setelah perawatan.

Sedangkan untuk wanita hamil, cara mengurangi resiko kencing nanah bisa dengan salep mata yang diberikan kepada sang bayi.   Namun, Anda juga harus waspada, jika infeksi mata berkembang. Antibiotik dibutuhkan untuk mengobati virus kencing nanah tersebut. 

 

Pengobatan Kencing Nanah di Klinik Pandawa

Jika Anda terdiagnosis menderita penyakit Gonore (Kencing Nanah), Anda jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke Klinik Pandawa. Hal ini karena klinik Pandawa merupakan salah satu klinik terbaik dalam menangani pasien Gonore. Sudah banyak pasien Gonore yang berhasil disembuhkan dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani pasien Gonore dan penyakit menular seksual lainnya. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk mendapatkan penanganan yang terbaik dan terpercaya.

Apabila Anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara gratis melalui link layanan konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami akan  dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis Anda terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman