Blog Details

Image

Bahaya Epididimitis Bisa Sebabkan Hal Mengerikan Ini

Klinik Kulit | Klinik Kelamin | Info Kesehatan | Epididimitis

Rasa sakit di area testis? Jangan panik! Jika Anda memiliki rasa sakit atau ketidaknyamanan di dekat testis Anda. Itu bisa jadi karena kondisi yang cukup umum yang disebut Penyakit Epididimitis yang mudah diobati.

Epididimitis

Apa itu Penyakit Epididimitis?

Kata 'Epididimitis' berarti peradangan epididimis, yang merupakan tabung melingkar erat yang melekat pada sisi testis. Tugasnya adalah membawa sperma menjauh dari testis dan masuk ke bagian utama tabung (vas), yang mengarah ke penis.

Epididimis kecil, kemungkinan Anda dapat merasakannya dengan jelas dengan jari-jari Anda. Bahkan Anda mungkin hanya dapat mendeteksi bahwa ada sesuatu yang lembut, yang menempel pada testis.

Sayangnya, ketika kuman masuk ke penis (misalnya, saat berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi). Mereka sering menemukan jalan mereka ke bawah dan ke dalam epididimis, di mana mereka menyebabkan peradangan. Dan ini disebut Penyakit Epididimitis.

Pada pria yang memiliki masalah prostat, kuman dapat memasuki 'pipa' urin sebagai akibat dari kateterisasi dan menyebabkan Epididimitis. Dan pada pria yang lebih tua, Penyakit Epididimitis biasanya disebabkan oleh infeksi saluran kemih, dan bukan karena seks.

BACA JUGA: Epididimitis Penyakit Penghilang Kesuburan Pria, Begini Cegahnya

Gejala Penyakit Epididimitis

Penyakit Epididimitis paling sering terjadi pada pria muda, karena alasan sederhana bahwa pria yang lebih muda cenderung melakukan lebih banyak seks. Gejala umum termasuk yang berikut:

  • ️Gejala utamanya adalah rasa sakit yang hebat, biasanya di satu tetapi kadang-kadang di kedua testis. Biasanya, rasa sakit ini muncul secara bertahap.
  • ️Skrotum mungkin hangat saat disentuh, bengkak dan terasa lunak.
  • ️Jika Anda berkulit putih, sisi skrotum Anda mungkin menjadi merah.
  • ️Anda mungkin mengalami sedikit suhu dan merasa di bawah cuaca.
  • ️Jika infeksi telah mempengaruhi saluran kemih, Anda mungkin juga mengalami buang air kecil yang menyakitkan dan mungkin keluarnya cairan dari penis.

Kapan harus menemui dokter Anda tentang Penyakit Epididimitis?

Setiap pria yang memiliki rasa sakit di skrotum harus menemui dokter untuk penilaian. Jika memungkinkan, pergilah ke klinik kesehatan seksual karena stafnya ahli dalam Penyakit Epididimitis dan kondisi serupa.

Yang paling penting pada tahap ini adalah memastikan bahwa rasa sakit itu benar-benar disebabkan oleh Epididimitis. Dan bukan karena masalah lain, terutama torsi (memutar) testis, yang merupakan keadaan darurat bedah.

Torsi biasanya muncul dengan rasa sakit yang tiba-tiba dan sangat parah dan Anda harus segera menemui dokter.

BACA JUGA: Fakta Tentang HIV dan Kandidiasis

Penyebab Penyakit Epididimitis

Penyakit Epididimitis disebabkan oleh kuman, biasanya didapat selama hubungan seksual. Kuman yang paling umum digunakan adalah bakteri yang menyebabkan gonore.

Namun di Inggris saat ini, kemungkinan penyebab paling sering adalah klamidia.

Pria yang melakukan seks anal (sebagai 'penetrator') mungkin berakhir dengan kuman usus pasangannya di epididimis. Dan karena itu berisiko terkena Penyakit Epididimitis.

Dalam praktiknya, biasanya sulit untuk mengidentifikasi 'bug' yang mengganggu dengan pasti. Karena swab laboratorium tidak dapat diambil langsung dari epididimis.

Namun penyeka dapat diambil dari uretra (tabung urin) dan tes urin dan darah juga dapat membantu dalam membuat diagnosis.

Pemulihan Penyakit Epididimitis

Setelah perawatan Penyakit Epididimitis, Anda akan merasa lebih baik dalam beberapa hari dan pulih sepenuhnya dalam beberapa minggu. Tetapi Anda tidak boleh berhubungan seks sampai penasihat medis Anda mengatakan tidak apa-apa untuk melakukannya.

Pasangan seksual Anda (atau pasangan) mungkin memerlukan perawatan dan harus mengunjungi klinik kesehatan seksual untuk pemeriksaan. Tolong jangan berhubungan seks sampai Anda menyelesaikan perawatan.

Klinik Utama Pandawa bisa mengobati Epididimitis sehingga Anda tidak perlu bingung-bingung mencari tempat praktek. Untuk itu Anda bisa lakukan konsultasi kesehatan online sekaligus melakukan reservasi. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu klik link di sini, atau hubungi melalui nomor 0821-1141-0672 / 0811-1057-7718.

Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy