Berawal Luka di Kelamin, Ini Lho Bahaya Herpes Genital Bila Tak Diatasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

bahaya penyakit herpes

Sahabat Pandawa, pernah mendengar penyakit herpes? Penyakit herpes sendiri banyak jenisnya. Dan kali ini Klinikpandawa.com akan membahas seputar penyakit kelamin herpes genital ( kelamin ) atau herpes simpleks. Penyakit herpes genital umumnya disebabkan oleh virus herpes simpleks yang dapat menyebabkan luka di bagian tubuh mana saja selain luka di kelamin. Tapi sayangnya, banyak orang yang masih belum sadar akan hal yang satu ini. Yuk, kenali gejala dan bahaya herpes genital hingga cara mengobati herpes genital yang tepat, di bawah ini!

 

Fakta Herpes genital

Herpes genital sendiri merupakan penyakit infeksi kulit di sekitar area kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Ada 2 jenis virus herpes simpleks yaitu herpes simpleks 1 dan 2. Biasanya herpes genital disebabkan oleh tipe yang ke-2.

Tahukah Sahabat Pandawa di tahun 2012, diperkirakan 417 juta orang diseluruh dunia terinfeksi virus ini yang mana pada umumnya berusia 15-49 tahun. Kabar buruknya, penyakit ini termasuk a long life infection alias menginfeksi seumur hidup dan bisa terjadi berulang-ulang.

Selain luka di kelamin, beberapa penderita herpes genital juga bisa tanpa gejala. Akibat dari herpes genital yang bisa tidak menimbulkan gejala, banyak penderita tidak sadar bahwa dirinya terkena penyakit ini. Oleh karena itu, perilaku seksual yang aman perlu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit ini.

 

Gejala dan Tanda-tanda

Banyak orang-orang yang terinfeksi herpes genital kurang mengetahui bahwa mereka sedang terinfeksi karena tidak merasakan gejala dan tanda apa pun.

Namun, beberapa gejala herpes genital khas dari kondisi ini adalah:

  • Nyeri atau gatal di area alat kelamin atau bokong
  • Benjolan merah kecil atau lenting putih kecil
  • Luka yang terbentuk setelah lenting pecah
  • Koreng yang terbentuk setelah luka sembuh
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Gejala seperti flu dan pembengkakan kelenjar getah bening di lipatan paha, sakit kepala, nyeri otot, dan demam.

Adanya benjolan berisi air yang disebut lenting bisa muncul di area mulut, anus, dan area alat kelamin. Pasalnya, gejala herpes genital juga berbeda pada setiap orang.

Gejala dan tanda dapat hilang dan timbul selama bertahun-tahun. Sebagian orang bisa mengalami gejala atau ciri ciri tersebut beberapa kali dalam setahun dan sebagiannya lagi juga ada yang tidak merasakn gejala sama sekali.

Kemungkinan lain masih ada tanda-tanda dan gejala herpes genital yang tidak disebutkan di atas. Bila Sahabat Pandawa memiliki kekhawatiran akan gejala herpes genital tertentu, konsultasikanlah dengan dokter ahlinya.

 

Apa penyebab herpes genital (herpes kelamin)?

Seperti yang telah disebutkan Herpes genital merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks ( HSV ). Penyakit ini otomatis menular dan menginfeksi melalui kontak langsung, hubungan seksual, seks oral, atau dari ibu pada bayinya.

Sekali terinfeksi, virus tinggal di dalam tubuh dalam keadaan dorman (berhenti tumbuh sementara waktu) dan dapat aktif kembali beberapa kali dalam setahun. Ada 2 tipe virus herpes.

  • Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV 1) menyebabkan sariwan dan lepuhan tapi dapat menyebar ke alat kelamin melalui seks oral.
  • Virus herpes simpleks tipe 2 (HSV 2) umumnya menyebabkan herpes genital. Virus satu ini sungguh menular dan bisa menular melalui hubungan seksual serta kontak kulit dengan kulit.

Virus biasanya cepat mati di luar tubuh. Dan yang perlu diketahui penularan herpes tidak dapat terjadi pada dudukkan toilet ataupun menggunakan handuk bekas penderita.

 

Bagaimana herpes genital ( herpes kelamin ) menular?

Sahabat pandawa bisa tertular melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Bila kamu tidak memiliki riwayat penyakit kelamin ini, kamu tentu bisa terinfeksi jika melakukan kontak dengan virus herpes pada saat luka herpes kelamin, jika pasangan kamu mengidap infeksi herpes oral (mulut) atau sekresi kulit.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, kamu juga dapat tertular herpes dari pasangan yang tidak memiliki luka terlihat atau tidak merasa terinfeksi. Kamu pun dapat terkena herpes genital jika melakukan seks oral dari pasangan yang mengidap herpes oral. 

Kamu tidak akan tertular herpes kelamin dari kursi toilet, tempat tidur, atau kolam renang, atau dari menyentuh benda-benda di sekitar kamu, seperti sabun atau handuk.

 

Komplikasi dan Bahaya Herpes Genital

Ternyata penyakit ini tak hanya menyebabkan masalah pada tubuh bagian luar loh Sahabat Pandawa! Herpes genital sendiri bisa menyebabkan komplikasi lainnya seperti penyakit infeksi seksual (HIV/AIDS), infeksi pada bayi yang baru dilahirkan, infeksi kantung kemih, meningitis, radang otak serta peradangan rektal.

 

Faktor risiko terkena herpes kelamin

Adapun faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko sahabat pandawa mengidap herpes genital adalah:

  • Jenis kelamin. Beberapa kasus diketahui bila wanita ternyata lebih mudah terinfeksi herpes dibanding laki-laki.
  • Memiliki pasangan seksual lebih dari satu. Risiko sahabat pandawa lebih meningkat dengan bertambahnya jumlah pasanganmu. Penting untuk melakukan hubungan seksual yang aman dan melakukan pemeriksaan secara teratur.
  • Sistem imun lemah. Hal ini membuat sahabat pandawa lebih rentan terhadap infeksi virus.

 

Cara mengobati Herpes genital di Klinik Pandawa

Setelah Sahabat Pandawa mengetahui bahaya herpes genital dan gejala-gejala herpes genital, kamu pun perlu datangi klinik kulit dan kelamin terpercaya. Penderita herpes genital perlu diberikan obat antivirus. Obat antivirus ini bermanfaat untuk memperpendek durasi kemunculan gejala dan mencegah penularan penyakit kepada orang lain. Sayangnya, obat antivirus tidak bertujuan untuk menghilangkan virus herpes dari dalam tubuh, karena sampai saat ini, belum ada obat yang dapat membunuh virus herpes.

Penderita yang terinfeksi virus HSV disarankan untuk memberitahukan pada pasangannya, agar pasangannya pun juga memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan pengobatan.

Datanglah ke klinik kulit dan kelamin terbaik bersama pasanganmu untuk mengikuti sejumlah pemeriksaan dan pengobatan yang tepat untuk penyakit kencing nanah atau gonore ini.

Klinik Pandawa ahli mengatasi permasalah kulit dan kelamin, juga penyakit menular seksual selain gonore, seperti sifilis atau raja singa.

Apabila Sahabat Pandawa membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut maka bisa melakukan KONSULTASI ONLINE GRATIS dengan dokter kami melalui layanan konsultasi. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami melalui nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Segala rahasia medis terjamin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman