Bahaya Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata) Bisa Menyebar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Bahaya Kutil Kelamin Bisa Menyebar

Hubungan intim yang aman wajib dilakukan oleh setiap orang yang sering berganti pasangan. Salah satu penyakit yang bahaya kutil kelamin bisa menyebar ke laki- laki ataupun perempuan. Seseorang yang mengidap kutil kelamin sering merasakan gatal serta rasa tidak aman di daerah kemaluan. Kendala yang diakibatkan oleh virus itu sering tidak memunculkan pertanda, alhasil banyak orang tidak mengetahui bila terkena penyakit kelamin. Maka dari itu, kalian wajib ketahui beberapa hal yang bisa menjadi pemicu kutil kelamin. Yuk simak ulasannya bahaya kutil kelamin jika tidak segera di sembuhkan!  


Apa itu Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata)?

Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata) adalah suatu kondisi ketika area kemaluan seseorang ditumbuhi oleh kutil. Beragam faktor dapat jadi penyebab dari kutil kelamin. Biasanya disebabkan karena HPV (Human Papilloma Virus) tertentu.

Kutil kelamin biasanya berupa benjolan serta umumnya bercorak keabu- abuan ataupun senada dengan kulit. Ukuran serta jumlahnya juga beragam, dapat kecil hingga besar, dapat berkembang multiple ataupun satu pada area kemaluan. Kutil kelamin bisa terjalin pada perempuan ataupun laki- laki.


Gejala yang Akan Timbul

Gejala yang ditimbulkan oleh kutil kelamin umumnya adalah ditemukannya benjolan kulit dengan dataran yang cenderung kasar. Pada kasus tertentu, kutil bisa pula diiringi dengan rasa gatal, perih, serta sensasi terbakar. Kutil yang berkembang dalam lubang Miss V bisa menimbulkan perdarahan serta keputihan.

Pada laki- laki, kutil kelamin bisa tumbuh di beberapa area, seperti:

  • Batang atau ujung penis
  • Kantung buah zakar
  • Selangkangan
  • Paha bagian atas
  • Sekitar atau di dalam anus.

Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di:

  • Dinding Miss V
  • Vulva (bagian luar Miss V)
  • Daerah antara Miss V dan anus (perineum)
  • Di dalam Miss V ataupun di dalam anus
  • Leher rahim.

Tidak hanya pada kelamin dan area di sekitarnya, kutil kelamin pula bisa berkembang di lidah, bibir, mulut, serta kerongkongan. Situasi ini umumnya terjadi dampak melakukan seks oral dengan orang yang terkena kutil kelamin.


Apa Penyebab Saja Pemicunya?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pemicu kutil kemaluan merupakan peradangan virus HPV. diinformasikan kalau terdapat lebih dari 40 tipe HPV yang bisa mempengaruhi area kemaluan. Sebagian besar kasus penyakit ini diakibatkan oleh virus HPV jenis 6 serta 11.

Kondiloma akuminata bisa ditularkan dari orang ke orang lewat kontak kulit ke kulit. Hal ini, umumnya mencakup aktivitas intim, seperti:

  • Seks vaginal
  • Seks anal
  • Oral seks (jarang terjadi, tetapi senantiasa dapat mempengaruhi penyebaran kutil).
  • Mainan seks (sex toys).

Selain karena kondisi yang telah disebutkan di atas, terdapat sebagian kondisi fisik yang juga dapat jadi pemicu kutil kelamin, yaitu:

  • Kencing manis ataupun diabet melitus membuat penderitanya gampang terkena infeksi kelamin.
  • Tekanan pikiran yang menimbulkan keringat keluar terus.
  • Mempunyai sistem imun yang lemah, misalnya pengidap HIV atau AIDS alhasil gampang terkena virus.

 

Bahaya Kutil Kelamin Bisa Menyebar

Bahaya kutil kelamin – Biasanya, kutil yang berkembang di bagian tubuh lain sering dibiarkan sebab tidak memunculkan akibat yang berarti. Tetapi bila kutil berkembang di bagian kemaluan, hendaknya janganlah Kamu biarkan. Hal ini karena penyakit kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) dapat menimbulkan beraneka ragam komplikasi penyakit beresiko yang lain yang bisa mengecam jiwa.

Penyakit Kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) dapat memicu terjadinya kanker, semacam kanker vulva, kanker anus, kanker penis, dan kanker mulut serta tenggorokan. Peradangan HPV Genital juga erat dikaitkan dengan kanker serviks pada perempuan.

Pada ibu hamil, penyakit ini bisa menimbulkan masalah selama kehamilan. Ketika kutil membengkak, ibu hamil akan kesulitan dalam buang air kecil. Tidak cuma itu, kutil pada labia juga akan kurangi keahlian jaringan buat melemas dikala cara melahirkan. Sedangkan, kutil besar pada vulva bisa menimbulkan pendarahan.

Anak yang terlahir dari ibu yang mempunyai kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) juga akan mengalami permasalahan kutil pada tenggorokan. Tidak hanya itu, kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) juga mengganggu situasi kejiwaan pengidapnya. Karena, pengidap kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) akan merasa malu untuk mengakui kalau dirinya ialah orang yang aktif melaksanakan hubungan intim dengan sebagian pasangan.


Komplikasi yang Muncul

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi dari Penyakit Kutil Kelmain, yaitu:

  • Kanker

Kanker serviks telah dikaitkan erat dengan peradangan HPV genital. Sebagian tipe HPV juga berkaitan dengan kanker vulva, kanker anus, kanker penis, dan kanker mulut serta tenggorokan. Namun, penting untuk dimengerti kalau HPV tidak senantiasa menimbulkan kanker. Bagi perempuan, lakukanlah pengambilan sampel sel dari leher rahim (Pap Smear) secara teratur, paling utama bila Kamu sudah terkena dengan tipe resiko yang lebih besar dari HPV.

  • Infeksi Pada Masa Kehamilan

Kutil kelamin bisa menimbulkan permasalahan sepanjang kehamilan. Ketika kutil kelamin jadi membengkak, ibu hamil sulit untuk buang air kecil. Tidak cuma itu, kutil pada bilik Miss V pula bisa mengurangi kemampuan Miss V untuk meregang saat proses melahirkan.


Pengobatan di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit Kutil Kelamin termasuk tindakan operasi. Klinik Pandawa memiliki fasilitas yang sangat memadai serta alat-alat medis yang modern dan lengkap dalam penanganan kutil kelamin dengan berbagai penyebabnya. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama melayani pasien-pasien dengan kutil kelamin dan penyakit kelamin lainnya.

Rata-rata semua pasien merasakan puas dengan pelayanan dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter Klinik Pandawa, Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan operasi. hasil operasi dan pengobatan menjadi lebih maksimal dan efektif.

Apabila membutuhkan informasi serta pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke konsultan dokter kita lewat http://bit.ly/rollkonsul atau menghubungi 0821- 1141- 0672/ 021- 62313337 whatsapp/ SMS/ telp.  Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman