WASPADAI! BAHAYA AMBEIEN YANG SERING DISEPELEKAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Penyakit Ambeien
Ambeien kerap disebabkan oleh seringnya mengejan terlalu keras ketika BAB.

 

Hampir tiap-tiap orang pernah mengalami ambeien atau wasir setidaknya satu kali dalam seumur hidup. Memiliki penyakit ambeien atau wasir tentu betul-betul mengganggu aktifitas, bukan? Duduk saja rasanya sangat tidak nyaman karena anus terasa nyeri. Bahaya penyakit ambeien pun akan mengintai Anda bila mana tak ditangani dengan tepat

Ambeien disebabkan oleh pembuluh vena dalam anus yang membengkak hingga menyusun benjolan yang mungkin tampak keluar dari anus. Hal inilah yang membuat nyeri saat duduk, bahkan juga bisa menyebabkan ambeien dan BAB berdarah.

Meski ambeien bisa disembuhkan dengan minum obat khusus ambeien, tetapi tidak seluruh orang bisa meminumnya.

 

Apa itu Penyakit Ambeien?

Ambeien atau banyak orang menyebutnya dengan wasir yaitu kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus membengkak.

Ternyata penyakit ambeien masih dibagi menjadi dua ragam, yaitu:

  • Ambeien Internal. Ambeien internal berlokasi di dalam dinding anus. Ambeien internal (wasir dalam) tidak terlihat kasat mata dan tidak memunculkan nyeri atau iritasi. Melainkan pada sebagian kasus tertentu, mungkin bisa menyebabkan sakit.
  • Ambeien External. Ambeien eksternal berlokasi di bawah kulit sekitar anus Anda. Gejala lazim dari ragam ini yaitu rasa sakit atau nyeri di sekitar anus.

Ambeien memang bukan penyakit yang berbahaya dan juga tidak menular. Ambeien umumnya bisa sembuh dengan sendirinya atau mengkonsumsi obat khusus ambeien.

 

Penyebab Ambeien

Ada beberapa penyebab penyakit ambeien lainnya yang mungkin tak pernah Anda sadari, seperti:

  1. Ambeien kronis

Kebanyakan kasus ambeien kerap disebabkan oleh budaya mengejan terlalu keras ketika BAB. Apalagi bila Anda sedang ambeien kronis. Ambeien biasanya disebabkan oleh melemahnya fungsi usus sehingga mengakibatkan tekstur feses menjadi lebih padat dan keras.

Sehingga ini memungkinkan BAB jadi terasa sulit. Tekanan yang terlalu kuat ketika mengejan tersebutlah yang lambat laun membuat pembuluh darah dalam rektum dan anus membengkak. Karena pembuluh darah anus terlepas dari otot dan ligamen yang mesti bertugas untuk menjaganya.

  1. Duduk terlalu lama

Coba ingat-ingat lagi berapa lama waktu yang umum Anda habiskan untuk duduk dalam sehari? Walaupun nyaman, duduk terlalu lama nyatanya dapat menjadi penyebab ambeien Anda.

Sebab, selama Anda duduk pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah. Darah yang menumpuk lama tersebut akhirnya akan berakibat memperbesar dinding pembuluh darah sampai membengkak.

Selain duduk bersantai di tempat duduk atau sofa, terlalu lama duduk di kamar kecil ketika BAB juga ikut serta mengakibatkan memperburuk ambeien. Karena ketika Anda duduk di kamar kecil otomatis posisi anus akan meregang sehingga membuat dinding pembuluh yang tipis kian membesar.

Itulah yang kemudian menyebabkan otot, jaringan, serta pembuluh darah pada anus tertekan sehingga timbullah benjolan.

  1. Kehamilan

Sekitar 35 persen wanita diperkirakan akan mengalami sembelit selama masa kehamilannya. Risiko tersebut umumnya akan kian meningkat di tiap kehamilan selanjutnya.

Ini karena, kian memasuki usia kehamilan Anda, rahim akan turut membesar dan menekan panggul. Kemudian tekanan rahim ini akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar dan vena cava inferior. Vena cava inferior adalah pembuluh besar yang terdapat di sisi kanan tubuh, dengan tugas untuk menerima darah yang mengalir dari komponen bawah tubuh.

Di samping kehamilan, kontraksi selama pengerjaan persalinan juga dapat menyebabkan otot-otot di sekitar anus menegang. Itulah mengapa banyak wanita mengeluhkan mengalami sembelit setelah melahirkan, walaupun sebelumnya mungkin tak pernah mengalaminya.

  1. Mengangkat benda berat

Berulang kali mengangkat benda berat dapat memicu otot-otot dan pembuluh darah di komponen anus atau rektum menegang. Tekanan terlalu kuat tersebut yang nantinya tanpa sadar menghalangi aliran darah di sekitar anus sehingga mengakibatkan benjolan penyebab sembelit.

  1. Usia

Ambeien atau sembelit sebetulnya dapat dialami oleh siapa saja tanpa pandang bulu. Tapi, sekitar setengah dari populasi orang dewasa berusia 50 tahun setidaknya pernah mengalami sembelit sekali seumur hidupnya. Bukan tanpa alasan, ini karena kondisi tubuh yang kian menua secara alami menyebabkan perubahan jaringan pembuluh darah.

Artinya, jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus lama-lama umumnya akan kian melemah dan meregang. Alhasil, menimbulkan komponen sekitar anus rentan membengkak dan mengalami benjolan.

 

Kondisi Berbahaya yang Dipicu Ambeien

Penyakit ambeien memang tidak dapat disepelekan. Pasalnya ada beberapa bahaya penyakit ambeien yang dapat terjadi pada diri Anda, di antaranya:

  • Perdarahan.
  • Darah yang menggumpal dalam pembuluh darah yang bengkak.
  • Anemia atau kekurangan sel darah merah, terutama pada perdarahan ambeien kronis.
  • Ambeien strangulata. Kondisi ini terjadi ketika pembengkakan menyumbat suplai oksigen ke ambeien yang telah prolaps, atau muncul ke luar dari rektum.  Jika tidak diobati, maka jaringan di sekitar anus dapat mati. Ambeien strangulata bisa terasa sangat menyakitkan, bahkan menyebabkan jaringan sekitar anus mulai mati dan mungkin memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya.

Untuk menghindari diri dari bahaya penyakit ambeien, Anda disarankan untuk mencegahnya sejak awal. Mulai dengan mengonsumsi makanan mengandung serat menghindari obat-obatan yang menyebabkan sembelit, dan menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan.

 

Pemeriksaan dan Diagnosis Penyakit Ambeien

Faktanya, tak seluruh orang penderita penyakit Ambeien bisa sembuh cuma dengan minum obat khusus ambeien saja. Ada pula yang tak bereaksi apa apa, baik obat medis maupun secara alami.

Bila merasa demikian, Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Umumnya dokter akan memberi saran untuk menjalani prosedur medis lebih lanjut.

Tiap-tiap orang mempunyai situasi Ambeien yang berbeda-beda. Bila Anda sudah menempuh berjenis-jenis sistem untuk mengobatinya namun tak kunjung sembuh, dokter mungkin akan melakukan operasi dengan memotong, menghilangkan, atau mengangkat benjolan ambeien Anda.

Anda tak perlu khawatir bila sepatutnya melakukan tindakan operasi pengangkatan Ambeien ataupun wasir, biasanya dokter selalu  memberikan anestesi lokal untuk mengurangi bahkan tak merasakan sakit selama prosedur.

 

Pengobatan Penyakit Ambeien di Klinik Pandawa

Baiknya bila Anda mengalami hal seperti di atas jangan disepelekan, segera konsultasikan kepada dokter ahlinya, agar tidak salah dalam menjalani pengobatan.

Klinik Pandawa terdepan dalam memberikan penanganan penyakit Ambeien atau Wasir ini. Selain itu, Klinik Pandawa juga merupakan salah satu klinik spesialis penyakit bedah terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link bit.ly/2VdMqLL atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *