Apa yang Anda pikirkan apabila mendengar kata ‘penyakit menular seksual’? Tentu bayangan akan penyakit yang mengerikan dan berbahaya menghantui Anda. Terlebih jika Anda divonis oleh dokter terjangkit penyakit tersebut.

Penyakit menular seksual adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit yang ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui hubungan intim. Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit kelamin.

Sebagai area yang lembab dan hangat, organ kelamin menjadi tempat favorit bagi bakteri dan virus untuk berkembang biak. Biasanya, kedua penyebab penyakit kelamin itu hidup di kulit genital atau selaput lendir, seperti dinding dalam area kewanitaan.

Selain itu, organisme penyebab infeksi juga terdapat di dalam air mani, cairan kewanitaan, dan darah yang keluar saat berhubungan intim, termasuk secara oral ataupun anal. Apalagi, jika Anda memiliki luka terbuka di daerah genital Anda karena akan semakin memudahkan bakteri atau virus untuk masuk.

Cara Penularan Penyakit Menular Seksual

cara penularan penyakit menular seksual
Cara penularan penyakit menular seksual yakni melalui hubungan intim.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa cara penularan penyakit menular seksual yakni melalui hubungan intim, termasuk secara oral, anal, maupun genital.

Seseorang yang dalam kondisi sehat dapat secara langsung terserang penyakit ini jika melakukan hubungan intim dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Namun, penyakit menular seksual juga dapat menyebar melalui jarum suntik narkoba, transfusi darah yang tidak steril, hingga seorang ibu yang terinfeksi kepada bayinya selama dalam proses persalinan.

Apa Saja Penyakit Menular Seksual?

apa saja penyakit menular seksual
Penyakit menular seksual disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit.

Penyakit menular seksual disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya, antara lain:

  1. Gonore (Kencing Nanah)

Gonore adalah salah satu penyakit menular seksual yang ditandai dengan keluarnya nanah berwarna kuning, hijau, atau putih dari uretra yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini sungguh menjengkelkan karena penderitanya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari daerah vital.

  • Syphilis (Raja SInga)

Syphilis (Sifilis) atau yang dikenal juga dengan penyakit Raja Singa akan menimbulkan luka pada alat genital atau mulut yang dapat memudahkan infeksi bakteri terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh faktor hubungan intim yang tidak aman dan kurangnya menjaga kebersihan organ genital.

  • Chlamydia

Chlamydia adalah infeksi bakteri yang dapat ditularkan melalui hubungan intim tanpa menggunakan alat pengaman. Meski pasangan tidak mengalami ejakulasi saat melakukan hubungan intim, Chlamydia tetap dapat menular karena bakteri tersebut tidak hanya terdapat dalam air mani, melainkan juga ada dalam cairan praejakulasi.

Baca juga: Awas! Keputihan Gejala Penyakit Menular Seksual Trichomoniasis!

  • Trichomoniasis

Parasit penyebab penyakit Trichomoniasis biasanya akan menyebabkan keputihan pada wanita atau malah tidak menimbulkan gejala sama sekali. Untuk itu lah banyak orang yang sudah terinfeksi tidak sadar dapat menularkan penyakit ini ke pasangannya melalui hubungan intim.

  • Candidiasis

Umumnya, dalam tubuh setiap orang terdapat Jamur Candida dalam jumlah yang sedikit. Namun, jamur dapat menyebabkan penyakit Candidiasis apabila daya tahan tubuh lemah atau terdapat luka pada kulit hingga jamur bisa menembus sistem pertahanan tubuh. Penyakit ini ditandai oleh ruam atau lepuhan pada kulit, terutama pada lipatan kulit.

  • Herpes Genital

Herpes Genital adalah penyakit yang ditandai dengan bentol-bentol berair pada alat kelamin dan anus. Namun, tidak menutup kemungkinan area mulut juga bisa terserang virus ini.

  • Tinea Cruris

Tinea Cruris atau kurap adalah infeksi jamur yang mengenai kulit di daerah alat genital, selangkangan, dan bokong. Tinea Cruris akan membuat penderitanya merasakan gatal yang luar biasa di area yang terinfeksi. Penyakit ini juga dapat menular dari orang yang terinfeksi ke orang yang sehat melalui perantara benda.

  • HPV (Human Papilloma Virus)

Infeksi yang juga disebabkan oleh virus dengan nama yang sama, yakni HPV (Human Papilloma Virus), dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin hingga kanker serviks pada wanita. Penularan virus ini terjadi saat seseorang melakukan hubungan intim dengan orang yang sudah terinfeksi.

Ciri Penyakit Menular Seksual

ciri penyakit menular seksual
Ciri penyakit menular seksual berbeda-beda.

Ciri penyakit menular seksual berbeda-beda, tergantung infeksi yang menyerang. Namun, secara umum gejala penyakit menular seksual, yaitu:

  • Terdapat luka, lepuhan, atau benjolan di area genital
  • Area genital terasa gatal dan terbakar
  • Nyeri saat buang air kecil atau berhubungan intim
  • Keluar cairan dari area genital
  • Muncul ruam kulit di berbagai area tubuh

Bahaya dari Penyakit Menular Seksual

bahaya dari penyakit menular seksual
Penyakit menular seksual sangat menular dan berbahaya.

Seperti namanya, penyakit menular seksual sangat menular dan berbahaya. Berbagai macam penyakit dan komplikasi serius dapat mengancam penderitanya.

Penyakit ini bisa memengaruhi tingkat kesehatan seseorang dan kondisi kesehatan reproduksi pada khususnya, mengingat penyakit menular seksual berkaitan langsung dengan sistem reproduksi manusia.

Baca juga: Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata) Sangat Menular dan Berbahaya

Parahnya lagi, penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Apalagi, penyakit ini juga dapat menyerang seseorang yang dalam kondisi sehat ketika secara tidak sadar terinfeksi penyakit ini melalui hubungan intim dengan pengidap penyakit kelamin tersebut.

Kemudian, jika Anda mengidap salah satu dari penyakit menular seksual, jangan Anda anggap bahwa Anda hanya terserang satu penyakit itu saja. Bisa jadi Anda juga terinfeksi penyakit menular seksual lainnya, meski gejala yang timbul baru mengarah kepada satu penyakit menular seksual. Hal ini lantaran setiap virus dan bakteri memiliki masa inkubasi yang berbeda-beda.

Apakah Penyakit Menular Seksual Bisa Disembuhkan?

apakah penyakit menular seksual bisa disembuhkan
Jika Anda positif mengidap penyakit menular seksual, Anda harus segera ke dokter.

Mungkin banyak yang penasaran, apakah penyakit menular seksual bisa disembuhkan? Jika Anda positif mengidap salah satu dari penyakit menular seksual, Anda harus segera ke dokter untuk menanganinya. Hal ini lantaran penyakit menular seksual tidak dapat sembuh dengan sendirinya, melainkan harus dibantu oleh obat-obatan dan tindakan medis, seperti cek laboratorium dan bantuan alat-alat medis.

Klinik Pandawa menyediakan penanganan untuk penyakit menular seksual yang Anda alami. Sebagai klinik spesialis kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta, Klinik Pandawa didukung oleh dokter dan tenaga medis yang berpengalaman di bidangnya.

Selain itu, Klinik Pandawa dilengkapi dengan apotek, ruang laboratorium, dan alat-alat kesehatan yang modern untuk menyembuhkan penyakit menular seksual Anda. Untuk keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena Klinik Pandawa menjamin kerahasiaan setiap pasien. Anda pun akan dimanjakan dengan fasilitas yang lengkap, sehingga membuat Anda nyaman untuk berobat di Klinik Pandawa.

Jika Anda ingin mengobati penyakit menular seksual Anda, hubungi Klinik Pandawa di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) dan klik http://bit.ly/klinikpandawa untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis.