BAHAYA SERING KENCING DI MALAM HARI

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
sering kencing di malam hari mengganggu kualitas tidurmu

 

Apakah kamu sering kencing di malam hari dan terganggu kualitas tidurmu? Jika kamu sering kencing lebih dari satu atau dua kali selama 6-8 masa tidur kamu, maka kemungkinan kamu sedang mengalami nokturia (nocturia polyuria). Selain mengganggu siklus tidur, nokturia juga dapat menjadi pertanda lain dari kondisi kesehatan kamu.

Nocturia polyuria dalam istilah medis atau sehari-hari kita mendengarnya dengan sebutan sering kencing di malam hari. Kenapa di malam hari? Karena selama waktu tidur, tubuh kita menghasilkan lebih sedikit urin yang lebih terkonsentrasi. Dimana orang tidak perlu bangun di malam hari untuk kencing dan tidur pun tidak akan terganggu. Penyebab umum sering kencing di malam hari adanya asupan cairan yang tinggi, gangguan tidur atau gangguan pada kantung kemih.

 

Siapa Saja yang Dapat Mengalami Nocturia?

Wanita hamil, penderita diabetes, dan gagal jantung, sering mengalami nocturia atau sering kencing di malam hari. Untuk wanita hamil, disebabkan karena rahim membesar dan menekan kantung kemih sehingga sering kencing. Penderita nocturia paling banyak diderita oleh orang tua (30 tahun keatas). Seiring bertambahnya usia tubuh menghasilkan lebih sedikit hormon antidiuretik yang memungkinkan menahan cairan. Kehilangan hormon tersebut maka otomatis menyebabkan produksi urin lebih banyak di malam hari. Dan, mau tak mau harus bangun tengah malam sehingga kualitas tidur kamu pun berkurang.

 

Ada Empat Jenis Nocturia

Jenis ini menentukan apa yang menyebabkan kamu sering kencing di malam hari.

  • Poliuria, kondisi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak urin dalam waktu seharian
  • Poliuria nocturnal, kondisi saat tubuh memproduksi urin terlalu banyak di malam hari
  • Masalah kapasitas kantung kemih, ketika kantung kemih tidak dapat menyimpan dan membuang urin dengan baik
  • Nocturia campuran, ketika nocturia terjadi akibat gabungan dari hal diatas.

 

Apa Saja Tanda dan Gejala dari Nocturia?

Gejala yang paling menonjol adalah sering kencing di waktu malam hari. Kondisi diperparah bila lebih dari 2 hingga 5 kali di malam hari.  Pasalnya, kita dapat tidur 6 hingga 8 jam pada malam hari tanpa perlu bangun untuk kencing, kecuali memang sebelum tidur kamu konsumsi cairan yang banyak. Karena itu kamu harus perhatikan lagi berapa kali kamu terbangun dan sering kencing.

 

Apa Saja Penyebab Sering Kencing di Malam Hari (Nocturia) ?

  • Infeksi saluran kemih
    Adanya infeksi saluran kemih ini menyebabkan penderitanya menjadi sering kencing yang disertai rasa nyeri saat kencing, sensasi panas dan sakit. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang berkembang di saluran kecing. Biasanya kantung kemih yang terinfeksi tidak bisa bekerja secara maksimal untuk menampung urin dalam jumlah banyak dan juga lama.
  • Gangguan kelenjar prostat
    Kelenjar prostat terletak di sekitar saluran kemih. Kamu akan merasa sulit untuk kencing walau rasa ingin sering muncul. Hal ini disebabkan pembengkakan prostat dapat menekan uretra sehingga menutup saluran urin.
  • Sleep apnea
    Merupakan penyakit serius yang menyebabkan terhentinya pernapasan sewaktu tidur. Saat kesulitan bernafas saat pulas tertidur, otot jantung menjadi bekerja lebih keras dan menyebabkan munculnya hormon atrial natriuretic. Hormon ini lah yang meningkatkan produksi urin dan penyebab sering kencing di malam hari.
  • Dalam masa kehamilan
    Seperti kita tahu, ketika wanita hamil rahim akan membesar karena pertumbuhan janin. seiring pertumbuhan dalam kandungan bayi menekan kantung kemih. Maka wanita hamil sering kencing karena kantung kemih tertekan dan menjadi lebih kecil.
  • Konsumsi alkohol dan kafein
    Alkohol dan Kafein sejatinya bersifat diuretik atau dapat meingkatkan produksi urin. Maka, jika mengonsumsi berlebihan kafein kantung kemih juga akan semakin penuh dan berlebihan. Jadi baiknya sebelum tidur kurangi konsumsi kafein dan alkohol.

 

Apa Saja Faktor Resiko yang Dapat Memicu Nocturia

Nocturia dapat dialami oleh siapa aja baik pria maupun wanita. namun, ada beberapa faktor yang dapat memicu seseorang mengalami kondisi ini, yaitu:

  • Menderita penyakit tertentu
    Hal ini dilihat dari orang-orang yang memgidap penyakit tertentu sehingga aktif dengan berbagai obat-obatan. Seperti gagal jantung, diabetes, dan hiperplasia prostat jinak memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami peningkatan frekuensi sering kencing di malam hari.
  • Menderita masalah saluran kencing
    Ini terjadi apabila kamu pernah atau sedang mengidap masalah ginjal dan saluran kencing, seperti infeksi saluran kencing atau kantung kemih. Sehingga risiko kamu mengidap nocturia juga lebih tinggi.
  • Terdapat tumor di kelenjar prostat
    Benign prostatic hyperplasia atau pembesaran prostat jinak salah satu penyebab utama nocturia. Kondisi ini akan mempersempit saluran uretra sehingga urin kesulitan untuk keluar. Sehingga menyebabkan baur air terasa terhambat dan sering terbangun di malam hari.
  • Bertambahnya usia
    Nocturia cenderung dialami oleh orang dewasa dan sudah lanjut usia. Seiring bertambahnya usia, maka meningkat juga masalah-masalah kesehatan. Sehingga berpeluang juga untuk menderita penyakit nocturia ini.

 

Apakah Harus Periksa ke Dokter?

Jika kamu mengalami gejala sering kencing di malam hari terus menerus dalam jangka waktu yang lama, baiknya kamu periksa dan konsultasikan kepada ahlinya. Karena, memang tidak boleh menganggap remeh kebiasaan sering kencing di malam hari ini. Pasti kamu merasa lelah dan waktu tidur pun jadi berkurang memberi dampak lainnya bagi psikis dan lingkungan kamu sendiri.

 

Pengobatan Nocturia di Klinik Pandawa Jakarta

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kualitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan berbagai penyebab dan komplikasi kulit dan kelamin. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.