Ada Benjolan Kecil Di Bawah Mata? Kenali Penyakit Syringoma

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

benjolan kecil di bawah mataAnda punya benjolan-benjolan kecil di bawah mata. Bisa jadi itu syringoma. Gangguan pada kulit ini dapat merusak penampilan Anda dan membuat Anda tidak percaya diri. Simak pembahasan lengkap tentang syringoma berikut ini.

Definisi Syringoma

Penyakit Syringoma merupakan istilah medis untuk gangguan kulit berupa benjolan-benjolan kecil dan padat yang disebut juga sebagai tumor jinak yang timbul pada permukaan kulit. Syringoma terjadi pada beberapa bagian kulit, seperti di sekitar pipi, leher, dada, perut, kaki, tangan, dan alat kelamin. Namun, Syringoma sering ditemukan di area mata.

Benjolan kecil atau Syringoma tersebut biasanya timbul berkelompok dan dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya. Warnanya tidak berbeda dengan warna kulit, akan tetapi bisa juga tampak kekuningan, cokelat, putih, atau kemerahan.

Benjolan-benjolan kecil di bawah mata ini dapat terjadi pada siapa saja, akan tetapi paling sering terjadi pada wanita dan usia remaja. Hal ini lantaran adanya perubahan hormon, terutama pada saat menstruasi atau hamil.

 

Penyebab Syringoma

Meski seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Syringoma atau benjolan kecil di bawah mata umumnya terjadi karena adanya perubahan hormon, namun ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab dari penyakit ini:

  • Sel-sel pada kelenjar keringat terlalu aktif
  • Diabetes Melitus
  • Sindrom Down
  • Sindrom Marfan
  • Sindrom Ehlers-Danlos
  • Memiliki riwayat Syringoma dalam keluarga

 

Gejala Syringoma

Gejala yang paling tampak dari kondisi syringoma diantaranya adalah munculnya benjolan-benjolan kecil dan padat yang muncul secara berkelompok dan tersebar di beberapa bagian tubuh, paling sering terjadi di bawah mata.

Biasanya, penyakit Syringoma atau benjolan kecil dibawah mata ini tidak menimbulkan rasa gatal maupun nyeri. Penyakit ini juga disebut tidak berpotensi menyebabkan kanker. Walau demikian, pada beberapa kasus yang jarang terjadi, benjolan Syringoma bisa terasa gatal, terutama saat penderitanya berkeringat.

 

Pengobatan Syringoma

Walaupun benjolan-benjolan kecil di bawah mata tersebut sering disebut juga sebagai tumor jinak dan umumnya tidak berbahaya, namun Anda tetap membutuhkan penanganan oleh dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan Syringoma mempunyai kemiripan dengan gangguang kulit lainnya, seperti milia dan jerawat.

Selain pemberian obat-obatan, dokter juga dapat melakukan tindakan medis pada Syringoma yang timbul di permukaan kulit Anda. Beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan untuk menangani Syringoma, antara lain:

  • Dermabrasi & Peeling

Tindakan medis ini dilakukan dengan menggosok lapisan kulit bagian atas Syringoma hingga tumor jinak ini terkikis dan dapat dibuang dari permukaan kulit. Selain itu, Benjolan kecil di bawah mata juga dapat diatasi dengan treatment peeling.

  • Bedah Laser

Teknik yang satu ini disebut memiliki risiko yang lebih rendah untuk menimbulkan jaringan parut. Prosedur ini menggunakan sinar laser untuk menciptakan panas yang bertujuan untuk membakar dan menghancurkan Syringoma ini.

  • Bedah Listrik (Kauterisasi)

Pada bedah listrik (Kauterisasi) ini digunakan sebuah alat yang ujungnya seperti jarum. Alat ini akan dialiri oleh listrik yang berfungsi untuk membakar atau memotong Syringoma tersebut.

  • Elektrodeskasi atau Kuretase

Prosedur Elektrodeskasi atau Kuretase memiliki kemiripan dengan teknik bedah listrik (Kauterisasi). Bedanya, setelah membakar Syringoma tersebut, dokter juga akan mengerok atau mengikisnya. Teknik ini hanya dapat digunakan pada Syringoma yang letaknya cukup dalam pada lapisan kulit.

  • Operasi

Metode pembedahan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan pisau bedah. Sebelum melakukan operasi, umumnya dokter akan melakukan anestesi lokal dengan obat bius di bagian tubuh yang terdapat Syringoma.

 

Pengobatan Benjolan Kecil (Syringoma) di Klinik Pandawa

Jika Anda mengalami masalah berupa benjolan kecil di bawah mata, Anda tidak boleh ragu untuk memeriksakan diri ke Klinik Pandawa. Pada pemeriksaan awal, tim dokter kami akan melakukan anamnesis (wawancara) secara rinci dengan memberikan beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab, kemudia team dokter akan melakukan diagnosa dan memberikan rekomendasi tindakan medis dan obat-obatan sebagai solusi untuk mengatasi masalah syringoma yang Anda derita.

Salah satunya tindakan medis yang disarankan oleh dokter adalah dengan skin laser treatment, dimana tindakan medis ini tidak akan memberikan efek samping dan komplikasi bagi pasien. Hasilnya tidak perlu diragukan lagi. Treatment ini memang sepenuhnya aman. Prosedur skin laser juga sudah terbukti efektif merangsang produksi kolagen kulit, sehingga dapat membentuk jaringan kulit baru yang lebih sehat.

Klinik Pandawa sebagai salah satu klinik estetika terbaik di kota Jakarta menyediakan layanan untuk pengobatan syringoma atau benjolan kecil di bawah mata. Dokter yang berpengalaman, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan syringoma atau benjolan kecil di bawah mata. Dokter di Klinik Pandawa akan menyarankan pengobatan atau tindakan medis yang tepat untuk menangani syringoma yang Anda alami.

Jika Anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan dokter kami di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layanan konsultasi. Dapatkan promo menarik setiap bulannya untuk berbagai layanan kecantikan di Klinik Pandawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *