Benjolan di Bibir Vagina Yang Perlu Diwaspadai

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

penyebab benjolan di vagina

Jika Kamu menemukan benjolan di bibir vagina, jangan panik dulu. Pasalnya ada beberapa penyebab benjolan di bibir vagina yang umum sering terjadi pada saat wanita memasuki masa subur maupun saat bertambahnya usia. Sehingga penting untuk mengetahui penyebab benjolan di vagina yang perlu kamu ketahui. Tonjolan di dalam vagina dan area sekitarnya bisa saja merupakan kondisi yang normal. Namun, bisa juga menjadi pertanda kondisi yang memerlukan perhatian dan tindakan medis, seperti kutil kelamin, kista, atau varises pada vagina. Berikut beberapa penyebab benjolan di bibir vagina yang perlu Kamu waspadai.

 

Benjolan di Bibir Vagina

Tidak hanya membuat tidak aman, tonjolan di dalam Miss V dan sekitar area kelamin wanita tentu membuat cemas. Terlebih bila tonjolan di dalam vagina itu diiringi karakteristik lain, semacam gatal, iritasi ataupun ruam, sampai perih. Untuk mengetahui penyebab benjolan di vagina, Kamu perlu memahami letak pasti benjolan tersebut berada, apakah di vagina atau di sekitar vulva.

Vagina sendiri adalah organ berbentuk tabung yang terdiri dari otot elastis yang menghubungkan rahim dan leher rahim atau serviks. Sementara pada vulva yaitu organ kelamin bagian luar yang terdiri dari labia minora, labia mayora, dan kelenjar Skene.

 

Penyebab

Berikut ini ada beberapa kondisi yang menyebabkan timbulnya tonjolan di dalam vagina dan vulva.

  1. Kanker Vulva

    Ialah jaringan kanker yang melanda bagian luar sistem pembiakan perempuan ataupun vulva. Area ini terhitung bagian depan Miss V, bibir Miss V( labia), klitoris, serta kulit dan jaringan yang menutupi tulang kemaluan.Salah satu ciri ialah kutil yang berkembang pada vulva ataupun tonjolan di labia yang diiringi oleh beberapa ciri selanjutnya: epistaksis sehabis ikatan seks, sakit pada vulva, pergantian corak kulit, serta rasa mengerinyau serta dibakar pada vulva yang bertahan lama.Kecil kemungkinannya tonjolan yang Kalian temui merupakan tumor sel kanker. Kanker vulva tercantum sangat jarang, cuma mendiami 3- 4% dari keseluruhan permasalahan kanker perlengkapan pembiakan perempuan. Tipe kanker ini merupakan kanker kulit lelet, memerlukan durasi tahunan buat bertumbuh. Pergantian prakanker umumnya bisa dideteksi serta diatasi.

  1. Herpes Kelamin

    Herpes Genital merupakan penyakit yang ditKamui dengan bentol- bentol basah pada perlengkapan kemaluan serta anus. Tetapi, tidak menutup mungkin zona mulut pula dapat terkena virus ini. Ada 2 tipe virus Herpes Simplex, ialah Herpes jenis 1 serta Herpes jenis 2.Herpes jenis 1 ataupun yang diucap pula dengan HSV 1 ataupun Herpes oral, menimbulkan bentol basah( melentingberbalik) di dekat mulut serta bibir. Walaupun Herpes Genital bisa diakibatkan oleh HSV 1, tetapi biasanya Herpes Genital diakibatkan virus Herpes lain, ialah Herpes Simplex jenis 2( ataupun HSV 2).Virus ini bisa meluas lewat gesekan ataupun kontak langsung, semacam ikatan intim, seks oral. Tonjolan di Miss V pula bisa menabur pada anak di dalam isi. Herpes Genital pada bunda berbadan dua hendak meluas ke bayinya. Bila telah terkena, virus hendak tinggal di dalam badan dalam kondisi dorman( berhenti tumbuh sementara waktu) serta bisa aktif kembali beberapa kali dalam satu tahun.

  1. Kutil Kelamin

    Tonjolan berdaging berdimensi kecil yang padat, mencuat, serta mempunyai dataran agresif dapat jadi pertKamu kutil kemaluan. Kutil kemaluan diakibatkan oleh human papilloma virus ataupun HPV. Tonjolan ini menyamai bunga kubis serta bisa berkembang dalam golongan. Kalian dapat memperoleh kutil kemaluan lewat kontak kulit dampingi kemaluan ataupun apalagi memegang perlengkapan kemaluan dengan tangan yang bawa virus.Kutil bisa berkembang pada bibir Miss V( labia), di dalam Miss V, pada leher kandungan, serta apalagi di dekat anus. Tonjolan mulai bagaikan bentol seukuran biji beras merah belia ataupun cokelat. Sebagian kutil tidak memunculkan rasa sakit serta nyaris tidak nampak, sedangkan yang lain bisa berkembang dengan garis tengah lebih dari 7 centimeter. Sebagian kutil kemaluan hendak menimbulkan rasa mengerinyau serta dibakar.

  1. Ulkus Mole( Chancroid)

    Chancroid ataupun ulkus mole merupakan peradangan genital yang diakibatkan kuman Haemophilus ducreyi. Kuman menciptakan cedera terbuka nama lain koreng yang timbul pada ataupun dekat alat pembiakan eksternal. Koreng bisa jadi berdarah dengan gampang dikala dijamah ataupun menciptakan bisul meluas yang bisa menabur kuman sepanjang seks oral, anal, ataupun Miss V.Chancroid pula bisa menabur dampingi kontak kulit dengan orang yang terkena. Perempuan bisa meningkatkan 4 ataupun lebih tonjolan merah di labia, di antara labia serta anus, ataupun di pukang. Sehabis tonjolan jadi buduk, ataupun terbuka, Kalian bisa jadi hadapi kehebohan dibakar ataupun perih dikala campakkan campakkan air kecil ataupun campakkan air besar. Buduk mempunyai titik pusat yang halus bercorak abu- abu sampai kuning keabuan dengan akhir yang runcing serta nyata.

  • Raja Singa

    Sepanjang langkah pokok sifilis, ulkus yang umumnya memunculkan rasa sakit bertumbuh di tempat di mana kuman masuk ke dalam badan. Perihal ini umumnya terjalin dalam durasi 3 minggu dari paparan, namun bisa berkisar dari 10 hingga 90 hari. Pada perempuan, ulkus bisa mencuat pada bagian luar Miss V ataupun di dalamnya. Ulkus umumnya tanpa rasa sakit serta tidak gampang nampak. Kalian dapat tidak mengenali Kalian mempunyai ulkus bila itu berkembang di dalam Miss V ataupun di bukaan kandungan( leher kandungan).

  1. Moluskum Contagiosum

    Perkembangan kutil ataupun kulit ekstra mendekati kotoran laler yang mencuat tidak normal dapat disebabkan oleh molluscum contagiosum, virus yang ditularkan lewat kontak kulit ataupun pencemaran dari alterasi benda individu, semacam handuk.  

  1. Kista Vagina

    Kista Miss V umumnya tercipta kala kelenjar kulit ataupun saluran keringat tersendat, menimbulkan aglutinasi larutan ataupun materi lain di dasar kulit. Seringkali muncul semacam jerawat ataupun tonjolan di dasar kulit. Bila berdimensi lumayan besar ataupun tidak tidak aman, dokter bisa mengempiskan benjolannya.Memijat kista sendiri bukan ilham yang bagus sebab bisa membuka antara masuknya kuman serta menimbulkan peradangan serta berbisul; umumnya disebabkan oleh kuman pemicu penyakit menular seksual, semacam gonore ataupun klamidia.

 

Pemicu kista Miss V terkait pada rupanya:

  • Kista inklusi merupakan salah satu tipe yang sangat umum dari kista Miss V, umumnya amat kecil serta berada di dinding bawah Miss V. Kista inklusi diakibatkan oleh trauma pada dinding Miss V. Misalnya, dari episiotomi( sayatan sukarela buat memperbesar lubang Miss V dikala melahirkan)
  • Kista Bartholin merupakan kista yang berisi cairan, terbentuk pada kelenjar Bartholin. Kelenjar ini terdapat di kedua sisi bukaan ke Miss V dan merupakan produsen cairan yang melumasi bibir Miss V ( labia)
  • Kista kelenjar Gartner berlangsung kala saluran dalam embrio berkembang tidak sirna seperti yang seharusnya pada saat bayi lahir. Saluran yang tertinggal ini bisa membuat kista Miss V di kemudian hari
  • Kista Müllerian merupakan tipe umum lain dari kista Miss V yang tercipta dari bentuk yang tersisa pada saat bayi berkembang. Kista ini dapat berkembang di mana saja di dinding Miss V dan seringnya memiliki lendir.

 

Penanganan

Penindakan yang dilakukan buat menanggulangi benjolan di bibir vagina tergantung pada faktornya. Kamu pula dapat melaksanakan perlindungan di rumah buat menanggulangi tanda- tanda yang muncul, seperti mandi serta berendam dengan air hangat selama beberapa hari, menggunakan celana dalam berbahan katun, serta menggunakan busana yang tidak merangsang vulva.

Pastikan untuk lekas mengonsultasikan ke dokter ahli kulit dan kelamin bila Kamu mewaspadai terdapatnya tonjolan di dalam Miss V, paling utama bila tonjolan ini diiringi keluhan lain, seperti perih, gatal, dan muncul darah maupun cairan dari Miss V.

 

Pengobatan Di Klinik Pandawa

Jika Anda merasakan beberapa kondisi seperti di atas, segera periksakan pada kami. Pengobatan akan diberikan berbeda-beda dan disesuaikan penyebab benjolan di vagina. Bagi Anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke konsultan dokter kami melalui layanan konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS / telp. Kami siap melayani. Segala rahasia medis terjamin.

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *