Benjolan pada Penis? Perhatikan Penyebab dan Indikasi Penyakit Kelamin Berbahaya Ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Benjolan pada penis? Perhatikan Penyebab dan Indikasi Penyakit Kelamin

Sahabat Pandawa, selama ini mungkin dari kita hanya memperhatian gangguan kelamin pria hanya sebatas ejakulasi dini dan impotensi. Tapi ternyata ada hal lain yang mesti kita perhatikan yang bisa membahayakan organ kelamin pria seperti adanya benjolan pada penis. Gangguan ini sebenarnya cukup sering terjadi. Tapi tak lantas kamu membiarkan benjolan pada penis begitu saja. Sebab beberapa kasus gangguan ini bisa saja merupakan gejala penyakit kelamin atau infeksi menular seksual. Karena itu kenali berbagai penyebab benjolan di penis di bawah ini, dan perawatan yang tepat.

benjolan pada penis perhatikan penyebab benjolan di penis

Mengenal penyebab benjolan di penis

Penyebab benjolan di penis dari kondisi ringan hingga yang berbahaya ini, perlu kamu kenali.

Tahi lalat

Penyebab benjolan di penis dengan kondisi ringan apabila berwarna hitam atau kecokelatan bisa jadi benjolan pada penis itu adalah tahi lalat. Tahi lalat bisa muncul akibat sel-sel kulit memproduksi terlalu banyak melanin dan ini tidak berbahaya, sehingga tidak perlu dihilangkan. Namun, jika tahi lalat tersebut terus membesar dan lama-kelamaan makin padat dan permukaannya makin kasar, sebaiknya periksakan ke dokter. Sebab, ciri terebut bisa menandakan adanya kanker penis.

Jerawat di Penis

Penyebab benjolan di penis selanjutnya bisa jadi itu adalah jerawat di penis. Pasalnya jerawat juga bisa hadir di seluruh bagian kulit yang memiliki kelenjar minyak, termasuk di penis. Benjolan pada penis akibat jerawat tentu tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, setelah beberapa hari atau minggu. Asalkan tidak dengan memencet jerawat di penis ini. Sebab, dengan memencetnya bisa menyebabkan infeksi.

Papula penis

Penyebab benjolan pada penis oleh adanya papula, umumnya memiliki corak yang sama dengan kulit dan timbul di area kepala penis. Benjolan di penis ini berukuran kecil dan jumlahnya bisa banyak, hingga mengelilingi kepala penis. Tapi tak perlu khawatir berlebihan, karena gangguan ini terbilang normal dan bukan disebabkan oleh kebersihan penis yang buruk atau infeksi menular seksual. Papula di penis tidak membutuhkan perawatan apapun.

Limfokel

Limfokel adalah benjolan pada penis yang keras dan berada di batang penis secara tiba-tiba setelah berhubungan seksual ataupun masturbasi. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan di saluran limfonodi pada penis. Limfokel sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan gangguan serius.

Kista di Penis

Benjolan pada penis yang disebabkan oleh kista, merupakan kantong berisi cairan dan tidak lembek saat disentuh. Penyebab benjolan di penis ini pasalnya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi bisa menimbulkan sedikit sensitivitas saat disentuh.

Kista di penis ini pasalnya bisa bertambah besar, namun akan mengecil dan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Perlu diingat untuk tidak memecahkan benjolan ini sendiri, karena bisa menimbulkan infeksi. Untuk amannya, kamu bisa konsultasi dokter ahlinya.

Penyakit peyronie

Penyakit ini pasalnya jaran dan dipicu oleh karena penebalan di area batang penis. Benjolan pada penis yang terjadi akibat penyakit ini, memiliki tekstur yang keras dan dapat menimbulkan penis menjadi melengkunga atau bengkok saat ereksi.

Lichen planus

Lichen planus merupakan gangguan vital yang muncul saat sistem imun tubuh menyerang sel kulit di area vital penis. Hal inilah menyebabkan benjolan pada penis diiringi rasa gatal dan kemerahan. Benjolan oleh karena lichen planus ini dapat timbul, lepuh dan pecah menjadi keropeng, lalu kering dengan sendirinya. Kondisi ini tidak menular.

Penyebab benjolan di penis – Kutil kelamin

Benjolan di penis bisa dipicu oleh penyakit kutil kelamin. Penyakit ini termasuk infeksi menular seksual yang memiliki ukuran kecil sewarna dengan kulit dan timbul di area batang penis hingga kepala penis/ kulup penis. Gangguan ini muncul oleh karena infeksi virus HPV yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Penyebab benjolan di penis – Herpes kelamin

Benjolan di penis bisa jadi ditimbulkan oleh virus herpes simpleks atau herpes genital. Penyebab benjolan di penis ini akan terasa perih, panas, dan gatal. Gangguan ini bisa ditularkan melalui hubungan seksual sama seperti penyakit kutil kelamin.

Raja singa atau Sifilis

Sama seperti herpes, raja singa juga merupakan infeksi menular seksual. Bedanya, infeksi raja singa disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Kondisi ini penting untuk segera diobati. Sebab jika tidak, komplikasinya bisa meluas hingga menyebabkan demensia dan kebutaan.

Moluscum contagiosum

Moluscum contagiosum merupakan penyebab benjolan di penis akibat infeksi virus. Benjolan di penis ini berukuran kecil, keras, dan berjumlah lebih dari satu. Penyakit ini juga masuk dalam kategori infeksi menular seksual. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, waktu yang dibutuhkan cukup lama, yaitu hingga satu tahun. Penyembuhan akan lebih cepat dengan perawatan dokter.

Kanker penis

Kanker penis menjadi salah satu jenis kanker yang jarang terjadi. Benjolan pada penis yang merupakan ciri kanker ini, mulanya akan terlihat seperti benjolan biasa, tapi kemudian akan bertambah besar, merah, teriritasi, dan kemudian infeksi.Gejala kanker penis lainnya adalah gatal, sakti saat buang air kecil, keluar nanah dari penis, kulit penis menebal, dan pembengkakan di area kelenjar getah bening di penis.

Benjolan pada penis, Kapan kamu harus ke dokter?

Pada waktu benjolan pada penis dirasakan muncul, ada baiknya jika kamu memeriksakannya ke dokter. Sebab, meski bisa saja tidak berbahaya, memastikan penyebabnya bisa membuat Anda lebih tenang dan mendapatkan perawatan yang paling sesuai. Kamu juga disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter apabila benjolan di penis muncul disertai dengan kondisi di bawah ini:

  • Apabila benjolan yang muncul berjumlah lebih dari satu dan tidak terasa sakit
  • Benjolan di penis terasa gatal hingga berdarah
  • Ada perubahan aliran urine dari biasanya
  • Apabila saat berhubungan intim dengan pasangan yang diketahui memiliki infeksi menular seksual atau kutil kelamin. Karena itu penting untuk mengetahui riwayat seksual pasangan.

Pengobatan untuk benjolan pada penis di Klinik Pandawa

Pengobatan untuk benjolan pada penis berbeda tergantung pada masing-masing penyebab benjolan di penis. Tidak ada satu perawatan tunggal untuk semua benjolan di penis. Setelah menemukan penyebabnya, dokter akan memberi saran tentang pilihan perawatan.

Nah, itulah beberapa penyebab benjolan di penis yang patut Sahabat Pandawa waspadai. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan kamu lebih bisa memerhatikan kesehatan penis. Bila ada gangguan pada penis entah benjolan atau hal lain jangan abaikan lagi, segera periksakan ke dokter ya!

Klinik Pandawa merupakan klinik khusus kulit dan kelamin atau infeksi menular seksual, terbaik yang ada di Jakarta. Ahli mengatasi penyebab benjolan di penis. Segera lakukan pengobatan atau temukan informasi lebih lanjut dengan berkonsultasi online gratis bersama dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman