BIANG KERINGAT: GEJALA, PENYEBAB, KOMPLIKASI, DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Miliaria Atau Biang Keringat
miliaria atau biang keringat tidak hanya menyerang bayi saja melainkan juga pada orang dewasa.

 

Saat cuaca panas atau pada lingkungan yang bersuhu lembap, miliaria atau biang keringat tidak hanya menyerang bayi saja melainkan juga pada orang dewasa. Penyebab lain biang keringat adalah aktivitas fisik yang menyebabkan keluarnya banyak keringat seperti olahraga. Biang keringat ditandai dengan ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal, menyengat, dan perih pada bagian kulit. Kondisi seperti ini dapat muncul di bagian wajah, leher, punggung, dada, dan bagian paha.

Disebut pula biang keringat atau miliaria dalam bahasa medis, adalah kelainan pada saluran kelenjar keringat. Kelainan ini terjadi akibat pengaruh dari kondisi panas, kelembapan yang meningkat, serta kondisi lain yang menyebabkan keluarnya keringat secara berlebihan.

Para ahli menduga miliaria atau biang keringat ini disebabkan oleh penyumbatan saluran kelenjar keringat, yang menyebabkan perembesan kelenjar keringat ke wilayah kulit bagian luar dan dalam. Paparan sinar ultraviolet, keringat berlebihan dan organisme pada kulit, juga disebut sebagai faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kulit ini. Miliaria terbagi menjadi tiga jenis yaitu miliaria kristalina, miliaria rubra, dan miliaria profunda.

 

Tanda-Tanda Miliaria dan Penyebabnya

Terdapat beberapa jenis biang keringat menurut tingkat keparahannya. Tanda dan gejala yang muncul juga bervariasi pada setiap jenisnya.

  1. Miliaria Kristalina

Biang keringat ini tergolong paling ringan dan hanya memengaruhi saluran keringat dari lapisan kulit teratas. Miliaria Kristalina ini ditandai dengan bintil-bintil berisi cairan berawarna jernih yang mudah pecah, tetapi tidak gatal dan tidak sakit. Kondisi seperti ini cenderung dialami oleh bayi daripada orang dewasa.

  1. Miliaria Rubra

Miliaria ini muncul di lapisan kulit yang lebih dalam dan biasanya terjadi pada daerah bersuhu panas dan lembap. Miliaria Rubra ditandai dengan sensasi gatal yang menyengat dan muncul bintil merah. Jika keringat tidak bisa keluar dari permukaan, maka kulit mengalami peradangan yang menyebabkan rasa sakit.

  1. Miliaria Pustulosa

Biang keringat ini muncul karena perkembangan dari Miliaria Rubra yang ditandai dengan bintil mengalami peradangan dan berisi nanah.

  1. Miliaria Profunda

Masalah kulit ini ditandai dengan bintil berwarna merah yang berukuran lebih besar dan lebih keras. Kasus Miliaria Profunda jarang terjadi, tetapi dapat berdampak pada lapoisan kulit yang lebih dalam. Miliaria Profunda bersifat kronis dan sering kambuh, terutama pada orang dewasa setelah melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan banyak keringat.

 

Cara Mengatasi Biang Keringat

  • Menghindari tempat yang panas berlebih. Berada di area yang panas meningkatkan produksi keringat sehingga membuat ruam semakin parah. Saat di area yang panas, jangan lupa untuk meminum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi.
  • Mengenakan pakaian longgar. Untuk menghindar dari keringat banyak, pastikan pakaian yang dikenakan tidak berbahan serat sintetis seperti polyester karena bahan ini cepat menyerap panas.
  • Menggunakan krim hidrokortison. Krim ini efektif untuk mengatasi bagian kulit yang gatal-gatal dan iritasi.

 

Tanda Infeksi Biang Keringat

Umumnya, biang keringat dapat pulih sendiri dengan mendinginkan kulit dan menghindari pajanan panas (exposure). Namun, jika kondisi ruam biang keringat makin parah dan bertahan lama, hal ini bisa menjadi infeksi yang diikuti dengan tanda-tanda berikut:

  • Demam dan menggigil.
  • Rasa sakit makin parah.
  • Nanah keluar dari bintil dan benjolan ruam.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak dan di area

 

Komplikasi Penyakit Miliaria

Berikut beberapa penyakit yang dapat terjadi jika miliria dibiarkan secara terus-menerus :

  • Infeksi sekunder padar kulit,
  • Intoleransi terhadap panas,
  • Anhidrosis asthenia tropis. Yakni, tubuh penderita tidak dapat mengeluarkan keringat secara normal dan dapat berakibat fatal.

 

Layanan Treatment Miliaria di Klinik Estetika Pandawa

Jika kondisi Miliaria makin parah, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter. Klinik Estetika Pandawa menyediakan layanan untuk menyembuhkan biang keringat dengan menggunakan teknik laser. Kami akan memeriksa tingkat keparahan biang keringat sebelum melakukan tindakan. Anda juga dapat menghubungi kami untuk melakukan konsultasi secara GRATIS.

Klinik Estetika Pandawa merupakan klinik spesialis estetika dan skincare yang terbaik yang ada di Jakarta. Banyak pasien yang mengaku puas dan kembali sehat setelah melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Estetika Pandawa.

Klinik Estetika Pandawa memiliki dokter yang ahli dalam bidang estetika dan skincare yang didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan modern seperti laser, celluma, Venus Versa, RF, IPL, microdermabrasi, injeksi serum, antiaging, cream, mesoterapi, terapi hormone dan terapi detoksifikasi.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami