Bintik Merah pada Kulit dan Gatal? Perhatikan Penyakit Kulit Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

bintik merah pada kulit dan gatal

 

Anda pernah mengalami bintik bintik merah pada kulit dan gatal, sering dan mengganggu aktivitas? Anda perlu perhatikan ini. Pasalnya banyak sekali penyebab nya dan bisa menjadi indikator dari penyakit kulit yang belum Anda ketahui. Sehingga penting untuk Anda ketahui penyakit kulit yang bisa ditimbulkan.

Kulit merupakan organ manusia paling besar. Dari berat badan seseorang kulit menyumbang sekitar 15 persen. Pembalut tubuh ini memainkan peran penting dalam menyesuaikan suhu badan, mendeteksi panas dan dingin, dan melindungi individu dari infeksi dan penyakit luar.

Ketika tubuh sedang terserang virus, kulit adalah organ yang pertama kali merespons dan akan dilanjutkan ke sel-sel saraf di bawahnya. Tak terkecuali saat muncul bintik-bintik merah pada kulit dan gatal.

Bintik kemerahan pada kulit ini biasanya disebut dengan ruam. Bintik merah pada kulit dan gatal sering terjadi di area wajah, lengan dan kaki. Namun, dapat juga terjadi pada badan maupun area tubuh yang lain. Memang akan sulit menentukan apa yang mendasari bntik merah pada kulit dan gatal ini muncul.

Beberapa menganggap itu sebagai iritasi kulit, namun iritasi kulit pun dapat disebabkan oleh banyak faktor mulai dari infeksi hingga kondisi kronis.

 

Penyebab

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah kemungkinan penyebab munculnya bintik merah pada kulit dan gatal:

1.Dermatitis Kontak.

Terjadinya dermatitis kontak biasanya dikarenakan reaksi yang muncul ketika kulit bersentuhan dengan zat yang iritatif atau bahan yang dapat memicu alergi, seperti sabun, sampo, deterjen, perhiasan logam, debu, lateks, maupun produk kosmetik. Ditandai dengan bisa berupa bercak merah pada kulit, disertai kulit melepuh, gatal, dan perih.

 

2. Dermatitis Atopik

Selanjutnya, salah satu penyebab bintik merah pada kulit dan gatal yang umum terjadi adalah Dermatitis Atopik. Penyakit kulit ini berkaitan dengan asma, dan umumnya diturunkan dari orang tua ke anak. Dermatitis atopik maupun eksim muncul di tangan, tubuh bagian atas, leher, lipatan siku, pergelangan kaki, dan tungkai.

Faktor pendukung timbulnya gejala eksim ini adalah kulit kering, infeksi kulit, dan alergi. Faktor lingkungan, seperti cuaca, debu, bulu hewan, juga turut memicu timbulnya eksim.

Tanda dermatitis atopik ditandai gatal, ruam kemerahan, kulit bersisik, kulit terasa kasar dan tebal, serta munculnya benjolan kecil yang berisi cairan. Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya dokter akan meresepkan krim kortikosteroid, obat antihistamin, obat antibiotik (jika terdapat infeksi kulit), dan pelembap (jika kulit kering).

 

3. Biduran

Biduran atau urtikaria biasanya disertai bentol-bentol besar, gatal dan menyengat. Biduran bisa timbul di satu bagian tubuh atau menyebar pada tubuh lainnya seperti paha, tangan, wajah, bibir, lidah hingga leher.

Faktor penyebab biduran antara lain reaksi dari alergi, infeksi, udara panas atau dingin, stres, dan obat-obatan tertentu, seperti antibiotik dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

 

4. Pityriaris Rosea

Penyakit ini ditandai dengan bercak kemerahan di kulit yang berbentuk oval, bersisik, dan sangat gatal, di bagian dada, punggung, perut, leher, lengan atas, atau paha. Di sekitar bercak-bercak oval tersebut akan muncul ruam-ruam kemerahan.

Selain bintik ini gatal, gejala dari pityriasis adalah:

  • Sakit tenggorokan.
  • Gatal yang menjadi parah ketika kulit menjadi hangat, seperti saat olahraga.
  • Sakit kepala.

 

5. Bintik merah yang disebabkan heat rash

Kondisi ini terbentuk ketika pori-pori di kulit tersumbat keringat. Ini bisa terjadi saat kamu berolahraga ataupun saat kamu berada di cuaca panas atau lembap.

Apabila keringat pampat dan tidak bisa keluar ke permukaan kulit, benjolan kecil yang nampak seperti melepuh dapat muncul. Ini bisa berwarna merah atau dipenuhi dengan cairan dan bisa gatal atau nyeri.

 

6. Kurap

Kurap berwarna merah dan merupakan ruam serta bintik dengan ujung yang menonjol dengan pola bulat. Ini disebabkan oleh jamur dan dapat muncul di bagian tubuh manapun.

Bintik ini tidak akan hilang kecuali kamu membunuh jamur yang menginfeksi kulit kamu. Kurap menular, dan kamu bisa menyebarkannya ke orang lain.

 

7. Lichen planus

Penyakit ini menyebabkan ruam dan bintik merah pada kulit yang dipicu oleh sistem imun tubuh. Meskipun demikian, tidak diketahui secara pasti kenapa sistem imun dapat menghasilkan respons seperti ini.

Beberapa faktor yang mungkin jadi penyebab adalah:

  • Infeksi virus.
  • Alergen.
  • Stres.
  • Genetik.

 

8. Penyakit autoimun psoriasis

Penyakit ini dapat menyebabkan munculnya bintik yang gatal, bersisik di siku, lutut, kulit kepala atau bagian lain dari tubuh.

Belum diketahui jelas apa penyebab penyakit ini, namun diperkirakan penyakit ini disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

 

Beberapa keluhan bintik merah pada kulit dan gatal mungkin memiliki ciri dan gejala yang mirip, namun penyebab dan diagnosis penyakitnya bisa berbeda. Saat mengalami bintik merah di kulit, jangan sembarangan menduga-duga dan menggunakan obat tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

 

Penanganan Penyakit Kulit di Klinik Pandawa

Jika Anda merasakan gejala bintik merah pada kulit dan gatal seperti penjelasan di atas, jangan remehkan. Sebaiknya Anda periksakan keluhan Anda dengan dokter ahli kami. Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin, spesialis ginekologi dan andrologi terpercaya di Jakarta.

Segera dapatkan penanganan tepat dari kami dengan hubungi layanan konsultasi dokter online kami GRATIS di nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Atau klik http://bit.ly/rollkonsul.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman