Wajib Tahu! Ini Cara Menghilangkan Pigmentasi Kulit Wajah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Wajib Tahu! Ini Cara Menghilangkan Pigmentasi Kulit Wajah

Cara Menghilangkan Pigmentasi

Kulit merupakan bagian yang memiliki peran penting, salah satunya untuk melindungi tubuh dari zat berbahaya yang ada di lingkungan yang bisa memberi pengaruh buruk bagi bagian dalam tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, biasanya kulit mulai mengalami berbagai macam masalah. Masalah yang sering ditemukan yakni bintik hitam di wajah, begini cara menghilangkan pigmentasi kulit. Apalagi bagi yang memasuki usia 40-an, keluhan di area kulit, khususnya kulit wajah menjadi lebih sering ditemukan. 

Salah satu masalah kulit wajah yang sering ditemukan pada usia 40-an adalah pigmentasi kulit. Pigmentasi kulit merupakan salah satu masalah kulit yang terlihat dari munculnya bercak pada kulit dan menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata. Biasanya, tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya bercak pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi. Cara menyamarkan pigmentasi pada kulit bisa dengan tata surya.

Pigmentasi kulit ini terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak melanin atau pigmen kulit yang mengakibatkan warna kulit jadi tidak merata. Produksi melanin tersebut dipicu oleh paparan sinar UVA dari matahari, pencemaran lingkungan, gaya hidup, permasalahan hormonal, pemakaian pil KB, serta masalah kesehatan lainnya. Yuk, berikut simak cara menyamarkan pigmentasi di bawah ini.

Pigmentasi Kulit itu Apa?

Pigmentasi adalah munculnya bintik-bintik gelap berukuran besar pada area, seperti wajah, leher, bahu, dan tangan. Warna badan pada manusia sendiri dipengaruhi oleh zat pigmen yang tercantum dalam melamin.

Macam- macam warna kulit orang dipengaruhi oleh zat melamin badan yang disebut pigmen. Pigmen pula ikut berfungsi dalam memberi corak rambut serta mata. Bila pigmen dalam badan sangat banyak, hingga corak badan akan terus menjadi hitam. Begitu pula kebalikannya, bila badan memproduksi sedikit pigmen hingga warna kulit juga menjadi lebih pucat.

 

Jenis Pigmentasi Pada Kulit

Zat melanin pada pigmentasi yang dihasilkan oleh sel-sel melanosit. Ketika melanosit mengalami kerusakan hingga produksi pigmen dapat terganggu. Hal ini yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Ada sebagian menyamarkan pigmentasi yang hanya membuat sedikit warna kulit berbeda, sehingga mempengaruhi sebagian kecil warna kulit.

Berikut ini jenis-jenis masalah pigmentasi pada kulit yang perlu diketahui:

  • Melasma. Bagi Anda yang mengalami penyakit melasma, biasanya menyamarkan warna kulit dengan timbul bercak-bercak di kulit pipi, batang hidung, dagu, tangan, dan leher. Melasma juga bisa muncul pada bagian kulit yang terkena sinar UV. Kondisi ini kebih umum di alami oleh perempuan, terutama wanita yag hamil akibat perubahan hormone di dalam tubuhnya. Masalah ini bisa hilang setelah masa kehamilan telah selesai.
  • Vitiligo. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja. Akibat kondis ini, maka seseorang akan kehilangan warna kulit, sehingga munculnya bercak putih pada wajah. Biasanya, area yang selalu terkena gangguan vitiligo adalah bagian-bagian yang sering terpapar sinar matahari langsung. Pemakaian produk yang memiliki kimia dan tidak sesuai untuk kulit bisa menimbulkan vitiligo pada kulit.
  • Albinisme. Kondisi ini adalah kelainan genetik ketika kondisi sel melanin tidak dapat berfungsi denga baik. Biasanya orang yang mengalami albinisme terdapat masalah pada warna mata, rambut, dan kulit. Penyakit ini tidak dapat diobati. Untuk itu, pengidap albinisme disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari setiap saat agar kulit tetap terjaga meskipun terpapar sinar matahari. Karena penginap yang terkena albinisme lebih sensitif dan beresiko rusak akibat paparan sinar matahari.

 

Pengobatan di Klinik Estetika Pandawa

Berikut Cara Menghilangkan Pigmentasi dan menyamarkan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut;

  • Laser; treatment ini berfungsi memecahkan pigmen melanin menjadi fragmented (kecil) sehingga sangat mudah diserap tubuh, dan pigmen di permukaan kulit akan dilepas dengan treatment peeling.
  • Ultimate Recovery Treatment atau Bio Stem Cell: Kedua jenis treatment ini dilakukan untuk memasukkan serum growth micro neddle (jarum micro) ditujukan untuk kulit lapisan dermis dimana tindakan ini akan merangsang pembentukan kulit baru atau peremajaan kulit.
  • Pengelupasan kulit, termasuk pengelupasan dengan bahan Tretinoin, asam salisilat, untuk mengobati area kulit gelap. Pengelupasan kulit dilakukan jika memang pengobatan luar telah gagal.
  • IPL (Intense Pulsed Light) treatment bekerja dengan memanfaatkan paduan bermacam-macam gelombang cahaya yang dapat menarget area yang lebih besar. Efek samping IPL Treatment juga lebih minim dibanding dengan Laser Treatment. Treatment IPL harus di bawah pengawasan dokter berpengalaman.
  • Terapi Hormon dan antiaging medicine: Sebagian besar pigmentasi terjadi karena pengaruh gangguan hormon dan paparan sinar matahari dan polutan. Oleh karena itu pentingnya koreksi hormon dan detoksifikasi.
  • Dermaroller dan dermapen juga turut sangat membantu meminimalisasi Hiperpigmentasi ditambah dengan serum Antihiperpigmentasi.

 

Apabila membutuhkan informasi dan treatment lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di KONSULTASI GRATIS atau hubungi melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman