Pentingnya Menjaga Kesehatan Vagina Sejak Dini Biar Makin Percaya Diri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Cara Menjaga Kesehatan Vagina yang Perlu Kamu Ketahui

cara menjaga kesehatan vagina

Sebagai alat reproduksi wanita sangat penting untuk menjaga kesehatan organ intimnya. Hal ini sangat penting agar kamu terhindar dari berbagai penyakit kelamin yang sangat berbahaya yang berimbas pada kehidupan social seperti kehilangan percaya diri ataupun stress. Karena itu penting mengetahui cara menjaga kesehatan vagina sejak dini. Berikut penjelasan cara menjaga kesehatan dan ketidaknormalan vagina yang perlu kamu ketahui di bawah ini.

Miss V atau vagina ini memang terlihat tampak seperti organ kecil yang mudah dirawat. Tapi nyatanya, bila dilihat lebih jauh, vagina berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim. Organ ini lebih kompleks atau rumit dibandingkan kelihatannya. Oleh karena itu, perawatan harus dilakukan dengan tepat untuk mencegah ketidaknormalan vagina.

 

Vagina Sehat

Meski pengertiannya dapat berbeda di setiap rentang usia perempuan, secara umum vagina dikatakan sehat apabila tingkat asam pH-nya normal. Ini penting agar bakteri baik bisa hidup dan menangkis infeksi pada ketidaknormalan vagina.

Adapun ciri-ciri vagina yang sehat adalah tidak memiliki aroma yang menyengat, cairan putih atau keputihan yang tidak mengeluarkan aroma menyengat dan bening, tidak ada gatal yang berkepanjangan, tidak ada luka, dan vagina lembap.

 

Pentingnya menjaga kesehatan vagina

Bagi seorang perempuan cara menjaga kesehatan vagina adalah persoalan yang sangat penting. Jika terjadi sedikit saja ketidaknormalan vagina, kamu bisa mengalami masalah kesuburan, penurunan hasrat seksual, sampai terkena jenis penyakit kelamin tertentu.

Hal ini bukan hanya berdampak pada diri sendiri, namun juga bisa menjatuhkan rasa percaya diri karena turut berefek pada kehidupan seksual bersama pasanganmu.

Oleh karena itu sangat penting mengenali tanda-tanda masalah kesehatan vagina dan mencari tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketidaknormalan vagina

 

Masalah yang sering terjadi pada vagina

Vagina adalah salah satu bagian sistem reproduksi perempuan yang dikenal sebagai jalur keluarnya bayi saat lahir ke dunia. Bentuknya kurang lebih menyerupai terowongan yang memanjang dari vulva (area kewanitaan terluar) sampai ke leher rahim yang biasa disebut serviks.

Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi kesehatannya dan ketidaknormalan vagina, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sakit saat berhubungan intim. Memiliki istilah medis dyspareunia, ini merupakan kondisi di mana Sahabat Pandawa merasa perih, ngilu, atau nyeri baik sebelum, selama, dan sesudah berhubungan seksual. Ini bisa terjadi karena otot dinding vagina tiba-tiba mengejang (vaginismus) dan otot panggul menjadi tegang. Kedua hal tersebut lah yang mengakibatkan rasa sakit teramat sangat selama berhubungan badan. Vagina yang kering karena tidak mampu mengeluarkan cairan pelumasnya secara alami juga menjadi salah satu penyebab rasa sakit selama berhubungan intim.
  • Penyakit menular seksual. Faktor kehidupan seksual yang tidak sehat dan menyimpang sangat rentan memunculkan berbagai jenis penyakit menular seksual yang menyerang vagina. Mulai dari chlamydia, gonorrhea, kutil, sipilis, hingga herpes kelamin.
  • Vaginitis adalah infeksi atau perubahan jumlah jamur dan bakteri yang menyebabkan radang pada vagina. Beberapa gejala dari gangguan kesehatan ini di antaranya adalah keluarnya cairan berwarna dan berbau dari vagina, rasa gatal, dan nyeri yang sulit ditoleransi. Beberapa tipe vaginitis yang umum terjadi disebabkan oleh bakteri, infeksi jamur dan trichomoniasis.
  • Kendurnya dasar panggul. Ketika otot ligamen dan jaringan penyokong dinding rahim melemah, ini akan menyebabkan rahim, saluran kencing, usus, dan dinding rahim merosot. Ini bisa menyebabkan benjolan pada vagina, dan keluarnya air kencing saat batuk atau bersin.

 

Ciri-ciri vagina bermasalah

Bukan hanya rasa nyeri saat berhubungan, vagina yang mengalami gangguan kesehatan juga dicirikan dengan beberapa tanda ketidaknormalan vagina

  1. Perubahan warna, bau, dan jumlah cairan yang keluar dari vagina
  2. Kemerahan dan rasa gatal pada vagina
  3. Pendarahan yang terjadi tidak pada siklus menstruasi yang seharusnya
  4. Pendarahan yang terjadi setelah berhubungan seksual, atau setelah memasuki masa menopause
  5. Benjolan pada vagina.

 

Pencegahan masalah pada vagina

Berikut cara menjaga kesehatan vagina yang bisa dihindari untuk mencegah ketidaknormalan vagina;

  • untuk mencegah ketidaknormalan vagina yaitu idak menggunakan sabun pembersih. Vagina pasalnya bisa membersihkan dirinya sendiri dengan menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik dan kadar pH di dalamnya. Jika pH normal vagina berada di antara 3.8 sampai 4.5, mencucinya dengan sabun pembersih justru akan mengurangi keasaman pH tersebut.                                
  • untuk mencegah ketidaknormalan vagina yaitu buang air kecil setelah berhubungan intim. Langkah ini dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri, sekaligus bisa menjadi momen membersihkan diri sehabis berhubungan intim.
  • untuk mencegah ketidaknormalan vagina yaitu kurangi untuk tidak mencukur bulu kemaluan. Rambut yang tumbuh pada vagina pada dasarnya sangat berperan dalam menjaga kesehatan vagina. Ia melindungi area bawah vagina dari bakteri, dan juga mengurangi risiko gangguan kesehatan yang timbul akibat gesekan atau keringat.
  • Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit yang semakin banyak ditemukan pada perempuan. Untuk mencegahnya, kamu dapat melakukan pemeriksaan papsmear dan vaksin. Vaksin serviks akan mencegah kamu terjangkit virus HPV dan hepatitis B yang membahayakan hati.

 

Kapan harus ke dokter?

Cara menjaga kesehatan vagina wajib dilakukan oleh seorang wanita. Jika Sahabat Pandawa melihat adanya ketidaknormalan pada vaginamu jangan ragu untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter ya. Klinik Pandawa juga turut memberikan layanan kesehatan ginekologi bagi Sahabat Pandawa yang memiliki masalah seputar reproduksi, kulit dan kelamin.

Segera hubungi layanan konsultasi dokter online kami tanpa dipungut biaya dan dapatkan informasi lebih lanjut melalui nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman