Cara Merawat Kulit Dengan Platelet Rich Plasma Treatment

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Cara Merawat Kulit Dengan Platelet Rich Plasma Treatment 

cara merawat kulit

Untuk memperoleh kulit indah, kencang dan awet muda, kamu bisa mencoba cara merawat kulit dengan menggunakan platelet-rich plasma (PRP) treatment. Berbeda dengan treatment kecantikan kebanyakan, perawatan ini menggunakan darah untuk mempercantik kulit. Anda tidak perlu terkejut karena PRP telah menjadi salah satu treatment popular yang sering digunakan di dunia kecantikan. Berikut pembahasan lengkap mengenai PRP treatment.

 

Mengenal PRP

Sebelum mengenal apa itu PRP treatment, kita akan membahas mengenai definisi PRP terlebih dahulu. Platelet Rich Plasma (PRP) adalah plasma darah yang kaya akan kandungan trombosit atau plasma darah yang sudah diperkaya dengan trombosit. Salah satu kelebihan platelet rich plasma (PRP) adalah kemampuannya untuk merangsang penyembuhan jaringan lunak serta tulang. Selain sudah terbukti mengatasi kasus cedera, PRP treatment juga telah dipergunakan dalam dunia kecantikan.

Pengobatan dengan menggunakan plasma darah yang kaya akan kandungan trombosit sangat unik. Hal ini disebabkan karena darah yang digunakan untuk perawatan atau pengobatan tersebut berasal dari pasien itu sendiri. Trombosit merupakan bagian dari darah yang berfungsi dalam mekanisme pembekuan darah. Selain berguna untuk pembekuan darah, trombosit juga mengandung ratusan protein yang dikenal dengan istilah faktor pertumbuhan. Faktor inilah yang mempunya peranan yang sangat penting untuk proses penyembuhan luka.

Dengan menambahkan konsentrasi trombosit yang lebih dari biasanya, maka proses penyembuhan diharapkan akan menjadi lebih cepat. Dalam Platelet Rich Plasma (PRP), kandungan trombosit dapat berjumlah 5-10 kali lipat dari konsentrasi normalnya. Hal ini juga berlaku sama dengan konsentrasi faktor pertumbuhan. Pada zaman sekarang ini, PRP juga digunakan sebagai salah satu cara merawat kulit agar tetap awet muda.

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Agar Tetap Produktif Selama Berpuasa

Cara Merawat Kulit dengan PRP

PRP treatment ini sering disebut dengan istilah ‘Vampire Treatment’ dan diklaim bisa mengatasi bermacam-macam masalah kulit dengan tujuan untuk kecantikan. Seperti disinggung sebelumnya, PRP Treatment merupakan salah satu cara merawat kulit atau perawatan kecantikan yang dilakukan dengan menggunakan darah sebagai bahan utamanya. Tak perlu takut, karena darah yang akan dipakai adalah darah sendiri. Proses singkat dari treatment ini dimulai dengan mengambil sedikit darah dari pasien yang kemudian akan diproses secara medis untuk mendapatkan Platelet Rich Plasma (PRP). PRP sebenarnya merupakanplasma darah yang kaya akan kandungan trombosit.

Kenapa trombosit harus diperkaya? Trombosit yang terdapat dalam PRP dapat berjumlah hingga 5-10 kali lipat dari konsentrasi normalnya. Dengan menambahkannya, diharapkan proses perbaikan jaringan menjadi lebih cepat. Walaupun mungkin masih terdengar asing di telingan Anda, cara merawat kulit dengan treatment PRP tetap dijamin kebersihan dan kerapiannya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Ketika treatment dimulai, pasien akan diberikan bius lokal di area yang ingin dilakukan perawatan. Setelahnya, PRP akan diaplikasikan menggunakan dermaroller atau penyuntikkan.

 

Manfaat PRP Treatment

Pada awalnya, treatment PRP dipergunakan untuk mengobati cedera otot bagi para atlet. Seiring berjalannya waktu, treatment PRP kemudian dimanfaatkan untuk kecantikan. Jadi dengan PRP treatment, meremajakan kulit secara alami bisa dilakukan.

Cara merawat kulit dengan treatment ini menggunakan trombosit dalam plasma darah (PRP) untuk dapat merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit sehingga mampu meregenerasi sel-sel kulit baru.

Dengan PRP, Kamu bisa mengurangi garis-garis halus di wajah. Dengan sifat alaminya, Treatment PRP juga mampu meremajakan kulit, menyembuhkan luka, menghilangkan bekas jerawat, pertumbuhan rambut, dan garis stretch mark.

Punya Ketombe Rambut Membandel? Basmi Dengan Cara Ini

Aman Dibandingkan Operasi Plastik

Bila dibandingkan dengan operasi plastik yang menggunaan bahan sintesis, treatment PRP jauh lebih aman. Pasalnya, dalam treatment ini tidak ditemui adanya reaksi alergi, penolakan, atau pun infeksi pada tubuh pasien. Walaupun belum ada penelitian lengkap yang membahasa mengenai keamanan PRP treatment untuk kecantikan, namun perawatan ini bisa dipastikan lebih aman apabila dibandingkan dengan operasi plastik yang memakai bahan sintesis di dalam prosesnya.

 

Prosedur PRP Treatment

Prosedur pengobatan atau perawatan kecantikan dengan menggunakan PRP adalah sebagai berikut:
1. Pengambilan darah pasien,

2. Pengolahan darah pasien menjadi PRP

3. Penyuntikan PRP ke bagian tubuh pasien

Sebaiknya dua minggu sebelum prosedur PRP treatment dilakukan, pasien umumnya akan diminta untuk tidak minum obat antiradang, seperti aspirin atau ibuprofen. Selain itu, mungkin juga dapat diperlukan pemeriksaan dengan USG agar dapat memastikan diagnosis serta menentukan prosedur pengobatan atau perawatan yang tepat.

Darah pasien akan diambil sekitar 20-60 mililiter untuk kemudian dimasukkan ke alat pemutar yang bernama centrifuge agar komponen yang ada di dalam darah tersebut menjadi terpisah. Pada akhirnya akan diperoleh beberapa milimeter plasma darah yang kaya trombosit dari proses pemisahan komponen darah tersebut.

Setelah itu, pasien akan diberi bius lokal dan cairan PRP akan disuntikkan pada sekitar daerah yang mengalami luka atau cedera. Tindakan penyuntikan PRP tersebut mungkin akan menyebabkan timbulnya rasa sakit ringan dan iritasi pada daerah yang mendapatkan injeksi hingga beberapa hari setelah injeksi dilakukan.

Pasien masih dapat diperbolehkan untuk minum paracetamol, akan tetapi sebaiknya tetap menghindari obat antiradang minimum empat minggu setelah injeksi dilakukan. Pasien juga sebaiknya menghindari aktivitas fisik berat hingga dua minggu. Saat ini PRP Treatment juga digunakan sebagai salah satu cara merawat kulit agar tetap awet muda.

 

Treatment PRP di Klinik Estetika Pandawa

Jika Anda ingin melakukan PRP Treatment sebagai cara merawat kulit Anda agar tetap cantik dan awet muda. Anda dapat berkunjung ke Klinik Pandawa. Saat pertama kali datang, pasien dengan treatment PRP treatment akan melakukan anamnesis (wawancara) dengan dokter. Setelahnya, dokter di Klinik Pandawa akan memeriksa kondisi kulit, dan menjelaskan treatment PRP treatment yang akan dilakukan. 

Bila Kamu penasaran, treatment apa saja yang ada di Klinik Kami, Kamu bisa berkunjung ke channel Youtube kami : Klinik Estetika Pandawa.

Klinik Pandawa sebagai salah satu klinik kecantikan terbaik di kota Jakarta menyediakan layanan PRP Treatment. Dokter yang berpengalaman, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan PRP Treatment. 

Apabila Kamu membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Kamu dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA) atau via konsultasi.

Treatment kecantikan lain yang tersedia di Klinik Estetika Pandawa

  • Jerawat bandel
  • Acne Scars
  • Skin Rejuvenation
  • Freckles
  • Melasma
  • Kerontokan/ Kebotakan
  • Rosacea
  • Kerutan Wreckles

Alat penunjang Aesthetic dan Skin Care di Klinik Estetika Pandawa

  • Hollywood facial Dermalinfusion silkpeel
  • Hairmax Laser
  • Celluma Series Sinar LED
  • Nanopore Stylush Microneedle

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *