Perhatikan Kebiasaan Buruk Ini yang Buat Kulit Wajah Kamu Rusak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

cara merawat kulit wajah

Menjaga kesehatan kulit tak hanya menjadi tugas wanita saja, tetapi pria pun sebaiknya melakukan hal yang sama. Kondisi kulit merupakan salah satu pusat perhatian utama saat berhadapan dengan orang lain apalagi di wilayah wajah. Dan tak khayal banyak orang mencari berbagai cara merawat kulit wajah dan melindunginya dari kerusakan.

Tampilan dan kondisi kulit wajah bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti bertambahnya usia, lingkungan, faktor medis tertentu, dan cara merawat kulit wajah yang kamu lakukan.

Dengan menerapkan dan menemukan cara merawat kulit wajah yang baik tentu bisa mencegah timbulnya berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam, berminyak, jerawat, komedo, keriput maupun dari gangguan garis halus. Dengan kulit wajah bersih, cerah berseri dan tampak awet muda tentu membuat kamu lebih percaya diri dan tampil menawan.

Sebelum lanjut ke topik cara merawat kulit wajah yang tepat, tahukah kamu bila ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit wajah? Dan kebiasaan ini tanpa sadar sering kamu lakukan. Apa saja kebiasaan-kebiasaan merusak kulit wajah? Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa merusak kulit wajah kita.

Baca juga: Kenali Macam Acne Vulgaris atau Jerawat Hingga Penanganan Tepat

Kebiasaan Buruk Merusak Kulit Wajah

  1. Tidak membersihkan wajah dengan benar dan baik

Menurut ahli dari American Academy of Dermatology menganjurkan mencuci muka dua kali sehari apalagi setelah berkeringat banyak terlebih saat berolahraga. Begitu juga faktor polusi udara yang tak menentu sangat memungkinkan kotoran menempel dikulit wajah.

Otomatis penumpukan kotoran menyebabkan kulit terlihat kusam dan mudah berjerawat. Untuk itu mulailah dengan rutin membersihkan wajah dua kali sehari.

  1. Mandi dengan air hangat

Siapa yang tidak menikmati sewaktu mandi dengan air hangat. Perasaan rileks dan nyaman sangat dirasakan sewaktu mandi dengan air hangat. Tetapi bila keseringan kebiasaan mandi dengan air hangat ini bisa mengurangi minyak alami kulit. Sehingga lama-kelamaan berpotensi menyebabkan kulit kering hingga iritasi.

Mandi terlalu lama juga bisa memicu kerusakan kulit. Ketika mandi maupun membersihkan wajah sebaiknya gunakan air hangat atau dingin. Dan sebaiknya cukup mandi kurang lebih 5 hingga 10 menit.

  1. Menggunakan kosmetik dengan kandungan alcohol berlebih

Kebiasaan memakai kosmetik juga bisa berpengaruh merusak kulit apalagi bila tidak diterapkan cara merawat kulit wajah yang baik. Pemilihan kosmetik atau skin care pun sebaiknya dipilih dengan cermat dan harus disesuaikan dengan jenis kulit kamu.

Jika kamu memiliki kulit sensitive dan kering sebaiknya hindari skin care atau kosmetik yang berbahan aktif atau alcohol. Dan jika memang ingin tetap memakainya hindari dengan pemakaian rutin. Atau kamu bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter ahli untuk menentukan jenis kulit dan cara merawat kulit wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

  1. Alat kosmetik tak sering dibersihkan

Alat kosmetik seperti kuas ataupun spons kosmetik yang tidak dibersihkan bisa menjadi tempat bersemayamnya bakteri, sehingga menjadi pemicu infeksi di kulit wajah ketika digunakan.

Untuk menyiasati infeksi ini, bersihkan kuas atau spon make up setiap minggu dengan air hangat ataupun sabun yang berbahan lembut.

Yup… itulah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang tak sengaja kamu lakukan dan berpotensi merusak kulit wajah kamu. Tapi tenang saja klinikpandawa.com sudah menyiapkan sederet cara merawat kulit wajah yang tepat, yang bisa kamu coba lakukan.

  1. Sering terkena paparan sinar matahari

Berjemur selama 15 hingga 30 menit di pagi hari memang memberikan begitu banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.  Tapi sayangnya, bila kulit terlalu sering terpapar matahari, ditambah tidak menggunakan tabir surya, risiko terkena kanker kulit bisa meningkat.

Baca juga: Bosan Bruntusan di Wajah? Coba 8 Cara Ampuh Berikut Ini

 

Cara merawat kulit wajah yang tepat

Tampilan kulit menjadi cerminan kondisi kesehatan tubuh kamu. Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa mencoba melakukan perawatan kulit wajah di rumah dengan mengikuti beberapa tips ini:

  1. Cara merawat kulit wajah dengan gunakan pembersih kulit wajah yang sesuai

Tak semua individu memiliki jenis kulit wajah yang sama. Ada yang memiliki jenis kulit normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi dari beberapa jenis kulit tersebut. Berbeda jenis kulit, maka berbeda pula jenis produk perawatan yang cocok digunakan.

Misalnya, bagi orang yang memiliki kulit kering dan sensitif, disarankan memilih produk sabun pembersih muka berbahan kimia lembut dengan kandungan yang bisa melembapkan kulit, serta tidak mengandung alkohol dan parfum.

sedangkan, kulit berminyak disarankan untuk menggunakan pembersih muka berbahan dasar lembut yang bisa melembapkan wajah tanpa membuat kulit wajah berminyak, seperti dengan pembersih wajah yang mengandung gliserin.

  1. Cara merawat kulit wajah yaitu bersihkan wajah secara rutin

Salah satu cara merawat kulit wajah yang paling sederhana yakni rutin membersihkan wajah. Agar wajah tetap bersih, kamu perlu membasuh wajah 2 kali sehari, baik saat pagi hari dan malam hari sebelum beranjak tidur.

Mencuci wajah di waktu pagi hari bermanfaat membasmi seluruh kotoran ataupun bakteri yang mungkin menempel wajah saat tidur. Begitu juga saat menjelang tidur, wajah kamu juga perlu dibersihkan dari riasan make up, debu, dan polusi yang menempel di wajah selama kamu beraktivitas di luar rumah.

  1. Gunakan Pelembap

Cara menjaga kesehatan kulit wajah selanjutnya yaitu tidak melupakan memakai pelembap yang pastinya sesuai dengan kulit kamu. Bila kamu mempunyai jenis kulit berjerawat dan berminyak sebaiknya gunakan pelembap berbahan dasar air atau bebas oil. Begitu juga kulit kering, carilah pelembap yang menjaga keseimbagnan pH kulit. Beberapa bahan yang efektif untuk melembapkan kulit seperti ceramide, niacinamide, dan gliserol.

  1. Gunakan tabir surya

Selepas dari penggunaan pelembap yang tak boleh dilewatkan, kamu juga sebaiknya dianjurkan memulai pemakaian tabir surya atau sunscreen. Penggunaan ini tentu berfungsi untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Sebab bila sering terpapar sinar matahari baik itu langsung atau tidak langsung bisa memicu munculnya bintik-bintik atau flek pada wajah dan keriput. Sehingga otomatis membuat kulit wajah kusam dan membuat penampilan kurang maksimal.

Dianjurkan memilih sunscreen atau tabir surya ini dengan kandungan SPF 30 dan baiknya gunakan tiap hari meski cuaca sedang mendung.

  1. Cara merawat kulit wajah harus didukung juga dengan pola hidup sehat

Cara merawat kulit wajah yang baik tidak cuma dilakukan dari luar saja, tapi juga perlu dari dalam tubuh. Contohnya yaitu menjalani pola hidup sehat. Dimulai dari konsumsi makanan bergizi, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, kelola stres, serta menjauhi merokok dan minuman beralkohol.

Hal utama dari cara merawat kulit wajah yakni komitmen untuk melakukan secara rutin agar hasil yang dicapai lebih maksimal. Sebab itu, jangan lupa untuk mencoba perawatan kulit wajah sebagai bagian dari rutinitas Anda sehari-hari.

Nah, begitulah beberapa cara merawat kulit wajah optimal yang bisa kamu coba terapkan. Apabila kamu memiliki masalah kulit wajah berjerawat, bekas jerawat, kulit berminyak, kulit kusam, dan keriput, sebaiknya konsultasikan ke dokter ahlinya.

Bila sahabat pandawa ingin konsultasi terlebih dahulu dengan dokter online bisa hubungi kami melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau klik link KONSULTASI GRATIS.

Referensi:
Mayoclinic. Skin Care: 5 Tips for Healthy Skin
WebMD. What’s your skin type?
WebMd. Skin Care Basics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *