Muncul Tahi Lalat Baru dan Gatal? Waspada Kanker Kulit Melanoma Maligna

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ciri ciri Kanker Kulit Melanoma Maligna Muncul Tahi Lalat Baru dan Gatal

ciri ciri kanker kulit melanoma

Sahabat Pandawa, pernah melihat tiba-tiba muncul tahi lalat baru dan terasa gatal? Bisa jadi itu ciri ciri kanker kulit melanoma maligna. Terkadang memang tahi lalat dianggap sebagai pemanis tampilan, tapi ternyata dalam beberapa kasus tahi lalat menyimpan bahaya. Tahi lalat sendiri bisa menyimpan risiko masalah kesehatan yang berhubungan erat dengan kanker kulit melanoma maligna yang akani kita bahas di artikel ini. Jadi bagai Sahabat Pandawa yang belum mengenal apa itu kanker kulit melanoma, dan bagaimana ciri serta penanganan yang tepat. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Menurut WHO, jumlah kasus kanker kulit melanoma yang terjadi di dunia kini meningkat dengan cepat dibanding dengan kasus serius lainnya. Penyebaran melanoma maligna dapat terjadi secara limfogen (bakteri) dan hematogen. Pengecekan klinis saja belum dapat menunjang penanganan yang tepat pada melanoma maligna tanpa dilakukannya pemeriksaan laboratorium. Pengecekan penunjang ini harus segera dilakukan bila telah dicurigai adanya melanoma atau bercak hitam yang makin melebar.

 

Apa itu Kanker Melanoma maligna?

Selain ciri ciri kanket kulit Melanoma maligna yang disebutkan diatas. Melanoma maligna sendiri adalah penyebab 75% kematian dari semua kasus kanker kulit. Risiko kanker kulit melanoma maligna bisa dialami pada orang yang memiliki banyak tahi lalat ataupun memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit.

Ciri ciri kanker kulit Melanoma ini seringnya ditemukan di kulit, namun kemungkinan juga dapat terjadi pada tempat lain, dimana melanosit ditemukan. Melanoma oral atau di rongga mulut bisa muncul pada pasien dengan umur rata-rata 56 tahun, dan lebih sering didapatkan pada laki-laki. Kelainan ini sering dijumpai pada rahang atas, lidah, dan pada bibir.

Melanoma merupakan kanker kulit yang sangat agresif dan merupakan lesi primer intra oral serta dapat terjadi oleh karena penyebaran dari bagian tubuh lain. Ciri ciri kanker kulit melanoma pada rongga mulut lebih sering muncul pada pria dibandingkan wanita. Lesi biasanya nampak sebagai suatu daerah pigmentasi yang dalam dan seringkali perdarahan.

 

Ciri Kanker Kulit Melanoma Malignant

Ciri ciri kanker kulit melanoma maligna sering kali timbul seperti tahi lalat atau bercak kecokelatan yang baru muncul pada kulit. Tanda awal melanoma ini yakni adanya bercak yang tampak berbeda dari tahi lalat biasa, berubah bentuk atau ukuran atau warna, terasa gatal, atau berdarah.

Melanoma maligna sendiri diketahui dapat meluas berkembang cepat ke bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, kondisi ini membutuhkan deteksi dan penanganan segera oleh dokter.

 

Penyebab Oral Melanoma Malignant

Hingga saat ini, penyebab kanker kulit melanoma maligna belum diketahui secara pasti. Sementara itu, ada beragam faktor yang sering dikaitkan dengan ciri ciri kanker kulit melanoma maligna, seperti:

  • Paparan sinar UV yang berlebihan.
    • Kulit sering terbakar matahari, terutama sejak kanak-kanak.
    • Ada riwayat penyakit melanoma maligna dari orangtua.
    • Memiliki tahi lalat lebih dari 50 buah di tubuh.

 

Faktor Risiko

Berikut adalah faktor-faktor resiko yang membuat seseorang lebih rentan terhadap melanoma, yaitu:

Sinar Matahari

Paparan cahaya mataharu, paling utama yaitu radiasi ultraviolet( UV) dimana aspek penting terbentuknya melanoma. risiko terbentuknya kanker kulit melanoma maligna alam bertambah bersamaan dengan terbentuknya sunburn. Diprediksi insidensi melanoma lebih kerap ditemukan pada masyarakat ataupun populasi di wilayah dekat garis khatulistiwa, seperti Indonesia.

Paparan cahaya mentari bisa jadi ialah aspek resiko area yang sangat relevan buat melanoma. Ambang paparan cahaya UVA serta UVB yang dibutuhkan untuk tingkatkan risiko kanker kulit melanoma masih belum diketahui.

Tipe dan Jenis Kulit

Tipe kulit serta reaksi pada paparan cahaya matahari memiliki peran berarti dalam terbentuknya melanoma. Risiko terbanyak melanoma terjadi pada jenis kulit putih, sebaliknya, pada jenis kulit gelap  tidak sering ditemui melanoma maligna.

Nevi

Nevi merupakan tumor jinak melanosit yang mulai timbul di waktu kecil, lalu bertumbuh di waktu dewasa, serta menyusut secara bertahap pada umur 40- 50 tahun serta berikutnya. Nevi dipengaruhi oleh jenis kelamin.

Riwayat Keluarga

Melanoma jarang terjadi pada anak yang belum pubertas. Riwayat keluarga pasalnya akan meningkatkan resiko ciri ciri kanker kulit melanoma terhadap seseorang. Begitupun melanoma pada wanita hamil memiliki ukuran ketebalan yang lebih besar daripada melanoma yang terjadi pada wanita yang tidak hamil.

 

 

Pengobatan Ciri Ciri Kanker Kulit Melanoma Maligna

Pengobaan yang dilakukan pada pasien melanoma adalah tindakan bedah segera setelah dilakukan pemeriksaan klinik dan juga pemeriksaan laboratorium berupa biopsi. Kemudian, berdasarkan pengecekan histopatologis, pada melanoma maligna tersebut dilakukan terapi berupa:

Penanganan melanoma maligna berdasarkan stadium adalah sebagai berikut:

  • Stadium atau Tahap 1: Dokter akan melaksanakan bedah minor untuk mengangkat sel-sel melanoma.
  • Tahap 2 & 3: Sama seperti tahap 1, area yang terinfeksi melanoma akan diangkat. Bedah minor seperti pencangkokan kulit akan dilakukan jika diperlukan.
  • Tahap 4: Pada tahap ini, melanoma sudah sukar untuk disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk memperlambat penyebaran kanker, memperpanjang masa hidup penderita, dan mengurangi gejala.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Sahabat Pandawa merasa ada tahi lalat baru, dengan rasa gatal yang menggangu, serta ada perubahan bentuk ukuran dari hari ke hari, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter ahli. Kemungkinan ciri-ciri kanker melanoma maligna akan kembali jika sebelumnya Sahabat Pandawa pernah menderita.

Karena itu Sahabat Pandawa harus melakukan pemeriksaan secara teratur untuk memonitor kesehatan. Sahabat Pandawa bisa hubungi layanan konsultasi untuk pengobatan lebih lanjut atau berkonsultasi gratis dengan dokter online kami atau chat WA melalui nomor 0821-1141-0672. Kami siap melayani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman