Ketahui Ciri-ciri Radang Panggul yang Berbahaya Bagi Wanita

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ketahui Ciri-ciri Radang Panggul yang Berbahaya Bagi Wanita

ciri-ciri radang panggul

Sahabat Pandawa, Berhubungan seksual tanpa alat pengaman (kondom) akan beresiko menularkan penyakit seksual. Khususnya untuk wanita, salah satu penyakit menular seksual yang paling umum ialah infeksi radang panggul. Maka dari itu, setiap wanita wajib ketahu ciri-ciri radang panggul alias pelvic inflammatory disease (PID) yang mungkin muncul. Sebelum itu, kita ketahui apa itu radang panggul.

Memang tidak terus-menerus berhubugan itim selalu pakai alat pengaman. berhubungan intim memang kewajiban bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Tapi, apakah Anda berfikir jika pasangan Anda mempunya penyakit yang dapat memicu kesehatannya? Penyakit radang panggul memang membuat pasangan Anda terganggu saat berhubungan dan menimbulkan gejala radang panggul, yakni nyeri, rasa sakit, demam, dan lain-lain. Yuk, simak lebih lanjut artikel di bawah ini.

 

Apa itu Radang Panggul?

Penyakit Radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) ialah infeksi pada organ reproduksi wanita seperti serviks, uterus (rahim), saluran indung, dan sel telur. Salah satu gejala radang panggul paling sering terjadi pada ialah infeksi bakteri akibat tertularnya infeksi menular seksual.

Salah satu gejala radang panggul cepat tersebar pada saat mengalami menstruasi. Sebagian besar radang ini menyerang perempuan usia 15-24 tahun yang sudah aktif seksual. Jika tidak ditangani secepatnya akan menyebabkan risiko nyeri pada pinggul kronis, infertilitas, sulit hamil karena kehamilan etopik dan berkembangnya fetus di saluran indung bisa terjadi karena radang panggul.

Seseorang terserang radang panggul yang parah akan mencul gejala radang panggul atau ciri-ciri radang panggul, seperti demam tinggi, tidak nafsu makan, perut terasa sakit, menggigil, serta bermasalahnya pada sistem pencernaan dan sistem air kemih. Selain itu, wanita yang terkena penyakit ini harus waspada ketika masa menstruasi, karena haid dapat terjadi lebih lama dan juga perdarahan pada saat menstruasi atau setelah berhubungan intim.

 

Gejala dan Ciri-ciri Radang Panggul

Agar Anda lebih waspada, mari kenali ciri-ciri radang panggul secara umum di bawah ini:

  • Rasa sakit pada area panggul yang cenderung parah dan tidak tertahankan.
  • Rasa lelah yang berlebihan.
  • Demam.
  • Bercak darah dari vagina, padahal tidak sedang menstruasi.
  • Menstruasi yang tidak teratur.
  • Rasa sakit di punggung bagian bawah dan dekat.
  • Rasa sakit ketika berhubungan intim.
  • Rasa sakit saat buang air kecil.
  • Sering buang air.
  • Muntah-muntah.

 

Penyebab 

Tulisan di atas ialah gejala radang panggul. Beriku penyebab radang panggul disebabkan infeksi bakteri, bakteri yang paling sering menyebabkan kondisi ini adalah bakteri gonore dan bakteri Chlamydia. Penyebaran bakteri ini terjadi saat seseorang melakukan hubungan seksual tanpa proteksi dengan orang yang mempunyai kondisi ini.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko radang panggul adalah :

  • Wanita berusia <25 tahun yang aktif secara seksual.
  • Memiliki banyak pasangan dalam melakukan hubungan intim.
  • Melakukan hubungan intim dengan seseorang yang mempunyai pasangan seksual lebih dari satu.
  • Melakukan hubungan intim tanpa kondom.
  • Pernah mengalami infeksi seksual atau memiliki riwayat sakit radang panggul.
  • Tidak membersihkan vagina dengan sabun khusus.

 

Komplikasi yang tidak diobati

Radang panggul yang tidak mendapatkan penanganan akan berpotensi memicu komlikasi. Sejumlah komlikasi yang dapat terjadi meliputi:

  1. Sakit berkepanjangan di sekitar pelvis

Radang panggul akan membuat area pelvis atau pinggul Anda diserang rasa sakit berkepanjangan. Waktunya bisa mulai dari beberapa bulan hingga menahun.

  1. Abses

Salah satu ciri-ciri radang panggul dan gejala radang panggul komplikasi ialah munculnya abses yaitu kantong yang berisi cairan nanah. Lokasi pertumbuhan abses ini biasanya pada saluran indung maupun ovarium. Abses ini jika tidak segera ditangani bisa membahayakan nyawa.

  1. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektropik merupakan gejala radang panggul merupakan salah satu penyebab utamanya terjadi pada kehamilan ektropik. Ciri-ciri radang panggul atau gejala radang panggul pada kondisi ini terjadi ketika adanya sel telur yang telah dibuahi menempel di luar Rahim. Kehamilan ektropik harus segera ditangani untuk menghindari terjadinya pendarahan yang dapat berujung fatal.

  1. Masalah kesuburan

Ciri-ciri radang panggul atau gejala radang panggul bisa mengakibatkan infertilitas alias gangguan kesuburan. Semakin lama Anda menunda perawatan, semakin besar pula peluang Anda untuk sulit hamil dan menyebabkan gejala radang panggul semakin memebesar. 

 

Pengobatan Radang Panggul di Klinik Pandawa

Setelah membaca artikel ini, sekarang Sahabat Pandawa sudah mengetahui seputar ciri-ciri radang panggul dan gejala radang panggul. Jika Sahabat Pandawa menderita gangguan ini dan semakin parah maka Sahabat Pandawa dapat melakukan konsultasi dengan dokter.

Klinik Pandawa menyediakan penanganan untuk penyakit radang panggul yang Anda alami. Sebagai klinik spesialis kulit dan kelamin dan Ginekologi terpercaya di Jakarta, Klinik Pandawa didukung oleh dokter dan tenaga medis yang berpengalaman di bidangnya.

Tidak hanya itu, Klinik Pandawa dilengkapi dengan apotek, ruang laboratorium, serta alat- alat kesehatan yang canggih untuk memulihkan penyakit radang panggul Anda. Untuk keamanan, Anda tidak perlu takut sebab Klinik Pandawa menjamin kerahasiaan setiap pasien. Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang komplit, alhasil membuat Anda nyaman untuk berobat di Klinik Pandawa.

Apabila Anda ingin mengobati penyakit radang panggul Anda dan membutuhkan infomasi secara lanjut bisa hubungi Klinik Pandawa di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) atau konsultasi online GRATIS dengan dokter professional kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *