Ciri Ciri Scabies Pada Manusia
Ciri Ciri Scabies Pada Manusia | Google Image

Ciri Ciri Scabies Pada Manusia

Diposting pada

Ciri Ciri Scabies Pada Manusia

Ciri Ciri Scabies Pada Manusia adalah gatal disertai memerah pada bagian tangan dan kaki. Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh investasi dan sensitisasi terhadap sarcoptes scabiei yang ditanda dengan gatal dan mengenai sekelompok orang. Penyebab scabies ini diketahui pada saat melakukan pemeriksaan dengan menemukan tungau (dilihat dengan microskop cahaya) dengan mencongkel ujung pupul atau vesika dengan jarum, tungau tidak dapat dilihat dengan penglihatan mata. Perlu diketahui bahwa skabies dapat ditularkan oleh seorang individu ke individu lain walaupun belum mengalami tanda dan gejalanya.
Tungau – tungau tersebut akan menggali yang menyerupai terowongan berwarna putih atau keabuan dan bersarang serta bertelur di abwah permukaan kulit. Masa inkubasi 3 – 6 minggu, namun jika sebelumnya anda pernah mengalami kudis maka gejala akan lebih cepat muncul (1-3 hari).

Ciri Ciri Scabies

Ada beberapa gejala pada Skabies
• Gatal terutama di malam hari.
• Muncul ruam seperti jerawat.
• Adanya luka akibat garukan.
• Lecet.
Beberapa tempat tungau bersarang di ditubuh termasuk
Pada sela – sela jari tangan dan kaki, pergelangan tangan dan kaki, telapak tangan dan kaki.
-Ketiak, siku, lutut.
-Sekitar payudara dan sekitar putting.
-Sekitar selangkangan, bokong
-Sekitar daerah organ intim.
-Pada bayi muncul di wajah, leher dan kulit kepala.

Diagnosis Penyakit Scabies

Untuk kasus skabies dilakukan pemeriksaan secara langsung dan dapat diidentifikasi berdasarkan Adanya ruam dan rasa gatal. Kadang – kadang sampel kulit penderita juga bisa digunakan sebagai penunjang untuk memastikannya dengan menggunakan mikroskop untuk melihat adanya galian tungau.

Tips untuk menghindari terjadinya skabies
1. Menjaga kebersihan tempat tidur,ruangan.
2. Semua keluarga yang tinggal serumah mendapatkan pengobatan dengan cara yang samadalam waktu yang bersamaan atau bisa seperti pengobatan massal.
3. Pengobatan dapat diulang satu minggu kemudian bila masih ada lesi baru.
4. Melakukan penyucian pakaian dengan, handu, seprai yang di pakai dengan air hangat dan menjemurnya di bawa terik matahari agar tungau – tungau mati.
5. Jika skabies ini terjadi pada masyarakat atau kelompok bila perlu dilakukan isolasi.

Pengobatan Scabies

Untuk mengobati skabies, dokter akan memberikan antibiotik baik diminum maupun Krim (salep). Pasien juga harus diperlakukan sama untuk mencegah timbulnya skabies berulang dan penyebaran yang lebih lanjut Silahkan konsultasikan segera kepada kami dengan cara klik gambar di bawah ini.


Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *