Buang Air Kecil Terasa Nyeri? Ini Dia 7 Ciri Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Sahabat Pandawa pernah mengalami beser, atau sering mondar-mandi ke toilet, dan buang air kecil terasa nyeri? Bisa jadi itu pertanda infeksi saluran kemih! Infeksi saluran kemih (ISK) seringnya tidak memperlihatkan gejala spesifik dan membuat penderita tidak menyadari penyakit ini. Karena itu kami akan menjelaskan bebeapa ciri infeksi salurah kemih yang seringnya tak disadari, apa yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih hingga bagaimana pengobatan infeksi saluran kemih yang tepat. Simak terus penjelasannya di bawah ini, ya!

ciri infeksi saluran kemih

Definisi

Apa itu Infeksi Saluran Kemih ( ISK )?

Sebelum mengetahui langsung pengobatan infeksi saluran kemih, awalnya ISK muncul pada saat adanya bakteri pada organ saluran kencing. Bakteri penyebab infeksi saluran kemih ini bisa saja mempengaruhi ginjal, kandung kemih, dan tabung yang menghubungkan keduanya.

Saluran kemih atau kencing sendiri dapat dibagi menjadi dua, terdiri dari saluran kemih atas dan bawah. Saluran kemih bagian atas terdiri dari ginjal dan ureter (saluran dari ginjal ke kandung kemih).

Sedangkan untuk saluran kemih bagian bawah terdiri dari kandung kemih dan uretra (saluran dari kandung kemih untuk mengalirkan urine keluar tubuh).

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Umumnya, infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berhasil masuk ke sistem saluran kemih dan menginfeksi bagian-bagian dari sistem tersebut. Infeksi pada bagian kandung kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E. Coli yang berasal dari anus.

Namun, perlu diketahui bahwa infeksi pada bagian kandung kemih juga dapat diakibatkan oleh bakteri-bakteri lain dan juga dapat ditularkan melalui hubungan intim. Infeksi saluran kemih di area uretra bisa disebabkan oleh bakteri dari anus maupun tertular dari hubungan seksual.

Beberapa penyakit yang ditularkan secara seksual yang dapat menginfeksi uretra adalah, herpes, gonore, klamidia, dan sebagainya.

Seberapa umum kondisi Ciri Infeksi Saluran Kemih ini?

Infeksi saluran kemih ini bisa terjadi pada semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Tetapi, seringnya ciri infeksi saluran kemih dialami oleh wanita dibanding laki-laki, karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek sehingga wanita lebih rentan infeksi.

Di Indonesia sendiri, menurut data Kementerian Kesehatan pada 2014, terdapat sebanyak 90-100 pasien infeksi saluran kemih per 100.000 penduduk di setiap tahunnya.

Tanda dan Ciri Infeksi Saluran Kemih

1.Sering kali buang air kecil.
Terkadang kondisi ini disebut dengan anyang-anyangan. Ciri infeksi saluran kemih lainnya yaitu merasa Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya.

2. Rasa nyeri seperti tersengat.
Beberapa sensasi ini yang dirasakan saat berkemih merupakan termasuk ciri infeksi saluran kemih atau bakteri yang terdapat pada uretra maupun kandung kemih. Meski demikian, hal ini belum tentu menjadi gejala ISK, kecuali sensasi yang dirasakan menetap selama beberapa hari dalam waktu yang lama.

3. Berkemih tak lantas membuat Anda lega.
Ciri infeksi saluran kemih ini membuat atau memberikan rasa keinginan untuk buang air kecil dan merasa bahwa kandung kemih terasa penih setiap saat. Tetapi ketika akan buang air kecil, hanya beberapa tetes dan tidak sesuai dengan yang dirasakan penuh sebelumnya. Untuk mengenali kondisi ini, catatlah berapa kali Sahabat Pandawa ke kamar mandi dan tidak mendapatkan kelegaan setelah berkemih.

4. Ciri Infeksi saluran kemih yaitu Air seni berubah warna. Warna air seni dapat menjadi tanda adanya infeksi. Perhatikan warna air seni atau air kencing yang tidak jernih maupun kekuningan maka semestinya wajib Anda waspadai. Air seni yang keruh, merah, ataupun cenderung cokelat merupakan ciri infeksi saluran kencing. Namun, ingat apa saja yang sudah dikonsumsi dalam 24 jam ke belakang.

5. Rasa keram atau nyeri di sekitar pinggul atau kandung kemih. Wanita berusia lanjut dapat merasakan tersebut ketika mengalami infeksi saluran kemih. Pada sebagian wanita, kram maupun nyeri inilah yang menjadi keluhan utama. Terkadang, kondisi ini dianggap sepele karena berhubungan dengan hal lain seperti nyeri yang timbul akibat sindrom pre-menstruasi. 

6. Bersamaan dengan ciri infeksi saluran kemih lainnya, demam seringkali menjadi tanda bahwa infeksi ini telah berlanjut dan menyebar ke ginjal. Apabila demam melebihi 38 derajat celsius dan Anda merasa meriang maupun berkeringat berlebih, segera periksakan ke dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mengalami gejala atau ciri infeksi saluran kemih khususnya saat buang air kecil, Anda harus pergi ke dokter. Kunjungi klinik terdekat apabila tetap merasa demam dalam 48 jam meski telah minum antibiotik atau gejala muncul kembali setelah konsumsi obat.

Meskipun memiliki penyakit yang sama, gejala yang muncul antara Anda dengan orang lain bisa berbeda. Itu sebabnya, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan jawaban pasti.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih di Klinik Pandawa

Bila Sahabat Pandawa merasakan tanda dan ciri infeksi saluran kemih yang di sebutkan di atas atau perubahan kemih lainnya, jangan ragu untuk dokter ahlinya. Untuk pengobatan ISK mulanya Sahabat Pandawa akan melakukan konsultasi atau wawancara bersama dokter ahli Kami untuk mengetahui keluhan Anda. Kemudian pengobatan infeksi saluran kemih juga diberikan sesuai dengan penyebab infeksi saluran kemih.

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik penyakit kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain bidang ginekologi, bidang andrologi, estetika dan bedah.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman mengatasi penyakit Infeksi Saluran Kemih. Segera lakukan pengobatan dan cari tahu dengan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami, melalui WhatsApp / SMS / telp 0821-1141-0672 tanpa dipungut biaya atau buka layanan konsultasi kami. Segala rahasia medis akan terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman