Ciri Kutil Kelamin pada Wanita Kenali dan Dapatkan Penanganan yang Tepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ciri Kutil Kelamin pada Wanita – Ini Penyebabnya

ciri kutil kelamin pada wanita

Masih banyak orang belum tahu seperti apa ciri kutil kelamin pada wanita yang berbahaya itu. Pasalnya, ciri kutil kelamin pada wanita bisa menyebabkan kanker serviks.  Penyakit jengger ayam atau Kutil kelamin bisa muncul sebagai benjolan kecil seperti daging kecil yang bisa bertumbuh. Karena itu, sebelum terlambat dan berisiko lebih parah, baiknya Anda periksakan kepada dokter ahli.

 

Apa itu Kutil Kelamin?

Dalam nama ilmiah Condylomata Acuminata merupakan salah satu ciri yang paling umum muncul akibat infeksi menular seksual. Penyakit jengger ayam pada wanita dan pria ini disebabkan oleh viru HPV tipe 6 dan 11 dan hamper 100% kasus kutil kelamin disebabkan oleh HPV.

Ciri kutil kelamin pada wanita dan pria rata-rata berbentuk benjolan daging kecil berwarna merah atau bergerombol seperti jengger ayam, tumbuh di sekitar area kelamin. Kadang kalanya, kutil ini tak terdeteksi secara kasat mata karena tumbuh sangat lembut dan butuh beberapa waktu terlihat.

Hingga pada akhirnya, muncul benjolan-benjolan tersebut dan baru bisa terdeteksi dengan sentuhan. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa tak nyaman, perih, sakit dan gatal. Dan penyakit ini biasanya ditularkan melalui hubungan seks, baik oral, vaginal atau anal sekalipun. Karena itu Anda perlu deteksi lebih awal bersama pasangan Anda. Begitupun dengan ibu hamil yang terinfeksi sejak sebelum atau saat hamil, bisa menularkan pada bayi nya saat persalinan.

 

Penyebab Kutil Kelamin atau Penyakit Jengger Ayam

Penyebab kutil kelamin adalah infeksi virus HPV. Diketahui bila ada lebih dari 40 jenis HPV yang dapat memengaruhi area kelamin. Sebagian besar kasus penyakit ini disebabkan oleh virus HPV tipe 6 dan 11.

Penyakit jengger ayam atau kutil ini menyebar melalui kontak fisik pada hubungan seksual. Dikasus lain, sistem kekebalan tubuh yang terjaga akan mampu membunuh virus HPV genital dan Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda “hampir” terkena penyakit ini.

Ciri-ciri kutil kelamin pada wanita dan pria bisa menular ketika tangan seorang yang terinfeksi menyentuh area kelaminnya sendiri dan kemudian menyentuh area genital pasangannya. Dan, seorang anak juga dapat mengalami penyakit ini dari seorang ibu yang terinfeksi saat proses persalinan.

Selain beberapa hal tersebut, ada beberapa kondisi fisik yang juga bisa menjadi penyebab kutil kelamin, yaitu:

  • Penderita kencing manis atau diabetes melitus membuat pengidapnya mudah terserang infeksi kelamin.
  • Stres yang menyebabkan keringat keluar terus.
  • Memiliki sistem imun yang lemah, misalnya penderita HIV/AIDS sehingga mudah terserang virus.

 

Perlu diketahui pula bila kutil kelamin atau penyakir jengger ayam ini tidak dapat ditularkan melalui ciuman, pelukan, dudukan toilet, handuk, alat makan, dan lain sebagainya.

 

 

Ciri Penyakit Kutil Kelamin

Siapa pun bisa mengalami kutil kelamin ini. Pada wanita, penyakit jengger ayam dapat berkembang di dalam atau di sekitar vagina, vulva, serviks, dubur dan daerah selangkangan serta paha atas. Pasalnya, virus dapat menyebar melalui seks oral, kutil juga dapat muncul di bibir, mulut, dan tenggorokan.

Penyakit jengger ayam terlihat seperti benjolan kecil atau daging tumbuh. Jumlah kutil dapat bervariasi, dan berkelompok serta berkembang dalam formasi yang menyerupai jengger ayam. Kutil kelamin biasanya berwarna sama dengan kulit atau sedikit lebih gelap. Kutil juga bisa berwarna kemerahan atau putih.

Sedangkan bagi laki-laki yang alami penyakit ini dapat diketahui di ujung atau batang penis, selangkangan, paha bagian atas, sekitar atau di dalam anus, di dalam saluran kemih, dan skrotum (testis).

Tanda-tanda dan gejala penyakit jengger ayam pada wanita dan pria adalah:

  • Bengkak kecil di daerah kemaluan.
  • Beberapa kutil berdekatan yang menyerupai bentuk jengger ayam.
  • Rasa gatal dan tidak nyaman di daerah kemaluan Anda.
  • Perdarahan saat hubungan seksual.

 

Perlu diketahui, kutil juga bisa berkembang di mulut ataupun tenggorokan dari orang yang telah memiliki kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi. Selain di atas, ada kemungkinan ciri lain yang tak disebutkan. Bagi Anda yang memiliki kecemasan akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

 

Faktor Risiko

Beberapa faktor yang dapat meningkatan risiko mengidap kutil kelamin atau penyakit jengger ayam, antara lain;

  • Melakukan hubungan seksual yang tak sehat dan aman
  • Sebelumnya memiliki infeksi menular seksual
  • Bergonta-ganti pasangan dengan pasangan yang tidak Anda ketahui riwayat seksualnya
  • Aktif seksualitas sejak usia muda

 

Komplikasi

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi dari penyakit jengger ayam alias kutil kelamin, yakni;

  1. Kanker Serviks, dikaitkan erat dengan infeksi HPV Genital. Beberapa jenis HPV berhubungan dengan kanker vulva, kanker anus, kanker penis, kanker mulut ataupun tenggorokan. Bagi wanita sendiri, disarankan lakukan pap smeat jika Anda terinfeksi dengan jenis risiko yang lebih tinggi dari HPV.
  2. Infeksi pada masa kehamilan. Ketika penyakit kutil kelamin membesar, maka ibu hamil kesulitan buang air kecil. Selain itu juga, kutil pada dinding vagina juga mengurangi jaringan vagina untuk meregang saat proses persalinan. Dan bayi terlahir juga berisiko mengalami infeksi kutil.

 

Penanganan Ciri Kutil Kelamin pada Wanita di Klinik Pandawa

Apabila Anda merasakan ciri kutil kelamin pada wanita maupun pria seperti disebutkan di atas. Segeralah konsultasikan kepada dokter kami yang ahli di bidangnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat mengenai kutil kelamin yang Anda alami.

Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, dan termasuk laboratorium terpercaya.

Hubungi layanan konsultasi kami atau konsultasi dokter online kamu Gratis di nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS). Kami siap melayani.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *