Blog Details

Image

Damon Braces, Jenis Behel Gigi yang Nyaman dan Tak Sakit

Klinik Kulit | Klinik Kelamin | Info Kesehatan | Damon Gigi

Penggunaan braces atau behel merupakan upaya untuk membuat gigi jadi tertata dan rapi. Penggunaan jenis behel yang paling umum adalah metal braces. Namun, tahukah Anda kalau ada pula jenis kawat gigi lain yang menawarkan kenyamanan jauh lebih baik dibanding metal braces? Damon braces adalah salah satunya.

damon braces

BACA JUGA: Karang Gigi: Penyebab, Gejala, & Pengobatan

Apa Itu Damon Braces

Damon braces merupakan sebuah terobosan baru dalam bidang orthodontic treatment. Fungsinya tak jauh berbeda dengan behel jenis lain, yaitu membuat gigi jadi lebih rapi, menyempurnakan fungsi pengunyahan gigi, dan bahkan membuat profil wajah lebih menarik.

Kawat gigi logam yang konvensional menggunakan karet yang berfungsi untuk mengikat kawat dengan bracket. Biasanya, Anda akan memperoleh penawaran dari dokter gigi untuk memilih warna karet yang dipakai. Namun, behel damon tidak memerlukan keberadaan karet tersebut.

Kawat gigi damon merupakan teknologi terbaru yang menggunakan sistem self ligating. Sistem ini memungkinkan proses penataan gigi menggunakan braces tanpa perlu memakai karet. Sebagai gantinya, behel damon telah dilengkapi dengan penyangga khusus yang berfungsi sebagai pengikat kawat pada bracket.

Keunggulan Damon Braces Dibanding Behel Metal

Anda mungkin berpikir kalau behel damon tak jauh berbeda dengan kawat gigi konvensional. Keduanya sama-sama dapat Anda gunakan untuk membuat gigi jadi lebih rata. Padahal, behel self ligating ini mempunyai banyak kelebihan dibanding behel logam, di antaranya adalah:

1. Perawatan Gigi yang Lebih Mudah

Seperti halnya behel logam, Anda tetap menjumpai keberadaan kawat pada kawat gigi damon. Keberadaan kawat pada behel biasanya menyulitkan perawatan pengguna behel. Alhasil, kebersihan gigi dan mulut kurang terjaga dengan baik.

Namun, tahukah Anda kalau pemakaian kawat pada behel damon relatif jauh lebih sedikit dibanding behel logam. Oleh karena itu, cara perawatan gigi yang dipasangi behel damon relatif lebih mudah. Jadi, Anda tetap bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut.

2. Tanpa Ada Pencabutan Gigi

Pemasangan behel konvensional, dokter gigi akan melakukan pencabutan gigi yang notabene dalam kondisi sehat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan ruang untuk pemasangan behel. Namun, proses ini tidak perlu Anda lakukan ketika menggunakan behel damon. Jadi, Anda bisa memperoleh senyum yang bagus tanpa harus berkorban gigi.

https://www.youtube.com/watch?v=d4l0kpK20jY

3. Memberi Kenyamanan

Damon braces dapat membantu Anda dalam menata gigi secara rapi dengan lebih cepat. Behel ini bekerja dengan cara memandu gigi secara perlahan tanpa tekanan atau tenaga yang bersifat memaksa.

Pada pemakaian behel konvensional, banyak pengguna yang merasa tak nyaman pada gigi dan rahang. Rasa tak nyaman itu muncul karena behel memberi tekanan pada gigi dan menimbulkan gesekan. Situasi seperti ini, tak akan Anda jumpai pada pemakaian behel damon.

4. Lebih Cepat Merapikan Gigi

Ketika menggunakan behel damon, Anda akan memperoleh manfaat gigi yang rapi lebih cepat dibanding behel konvensional. Durasi pemakaian kawat gigi damon lebih cepat antara 4-6 bulan jika dibandingkan dengan kawat gigi logam. Jadi, Anda pun bisa senyum dengan percaya diri lebih cepat.

5. Dapat Digunakan untuk Berbagai Permasalahan Gigi

Behel self ligating memiliki cara pemakaian yang sangat fleksibel. Anda bisa menggunakan kawat gigi modern ini untuk mengatasi berbagai permasalahan gigi, termasuk di antaranya adalah adanya rongga di antara gigi, gigi yang saling bertumpuk, overbite, underbite, dan lain sebagainya.

6. Kontrol Dokter yang Lebih Minim

Pengguna behel logam biasaya memerlukan kontrol ke dokter gigi setidaknya 3 sampai 4 minggu sekali. Situasinya akan jauh berbeda ketika Anda menggunakan damon braces. Behel ini memerlukan waktu kontrol yang lebih minim, sekitar 8 sampai 10 minggu sekali.

BACA JUGA: Periodontitis: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

7. Gigi yang Lebih Bersih

Pemakaian behel damon tak hanya membuat perawatan gigi jadi lebih mudah. Di waktu bersamaan, kawat gigi tidak akan menjadi tempat berkumpulnya kotoran. Alasan utamanya adalah karena behel ini tak memiliki komponen yang sifatnya fleksibel.

Keberadaan material yang elastis dalam behel sangat rentan menjadi tempat berkumpulnya plak dan bakteri. Selain itu, konsumsi makanan dan minuman juga membuat bahan karet jadi mengalami perubahan warna. Alhasil, Anda jadi tidak percaya diri karena behel yang terlihat kotor.

Nah, itulah berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan damon braces. Hal yang perlu Anda perhatikan, pemasangan behel harus melibatkan tenaga dokter gigi yang andal. Anda bisa memanfaatkan konsultasi online dengan dokter gigi untuk memperoleh informasi yang lengkap. Caranya, klik tombol berikut atau hubungi nomor 082111410672 / 081110577718.

Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy