Punya Ketombe Rambut Membandel? Basmi Dengan Cara Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ketombe Rambut (Dermatitis Seboroik) Membandel Pada Kulit Kepala

ketombe rambut dermatitis seboroik

Sahabat pandawa, Ketombe rambut memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi, jika rambut terasa lepek dan ketembo akan muncul di helaian rambut. Walaupun ketombe tidak meluas dan amat tidak sering jadi penyakit sungguh- sungguh, mempunyai seperti serbuk putih di kepala bisa menurunkan rasa percaya diri. Bagaimana tidak, tidak hanya memunculkan rasa gatal, serbuk putih ini pula bisa menimbulkan luka di kulit kepala. Apalagi, terdapat pula ketombe yang hingga membuat kulit bersisik. Situasi ini disebut sebagai Dermatitis Seboroik.

Pada kasus yang parah, permasalahan ini serta kulit kepala yang kering bisa menimbulkan rambut rontok serta rasa gatal di kulit kepala. Maka dari itu, kenali kondisi kulit kepala Anda agar dapat mengatasi masalah kulit kepala serta mendapatkan perawatan yang efektif untuk mengusir kedua kondisi tersebut. Yuk, simak ulasan berikut ini

Mengenal Dermatitis Seboroik atau Ketombe

Dermatitis Seboroik adalah salah satu penyakit kulit yang umumnya mengenai kulit kepala dan area tubuh yang berminyak, seperti punggung, wajah, dahi, ketiak, pangkal paha, serta dada bagian atas. Pada kepala, penyakit ini hendak menimbulkan kulit kepala seperti ketombe membandel serta bersisik warna kemerahan, kuning, ataupun putih.

Penyakit ini terjadi pada kulit kepala yang kering hingga menyebabkan pengelupasan. Kemudian, kulit kepala yang mengelupas ini menjadi serpihan-serpihan yang sangat mirip dengan ketombe.

Biasanya, penyakit ini dialami oleh anak-anak. Tetapi, tidak jarang pula orang berusia dapat terkena Dermatitis Seboroik. Pada orang dewasa, kondisi ini bisa berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama dan membutuhkan perawatan khusus.

Baca juga: Tips Jitu Menjaga Kesehatan Agar Tetap Produktif Selama Berpuasa

Penyebab dan Faktor Risiko Ketombe Rambut

Ketombe rambut dapat disebabkan oleh bermacam-macam hal, antara lain:

  • Serpihan Putih di Rambut

Dermatitis seboroik ialah salah satu pemicu ketombe rambut sangat sering. Penyakit ini ditandai dengan kulit yang memerah serta berminyak, dilapisi oleh bagian kulit kepala berwarna putih kekuningan. Dermatitis seboroik pula dapat menyerang bagian badan lain tidak hanya kulit kepala, contohnya daerah alis, hidung, belakang kuping, dada, selangkangan, serta daerah- daerah lain yang mempunyai banyak kelenjar minyak. Kurang rajin mencuci rambut

Dikala kulit kepala tidak sering dibersihkan dengan sampo, minyak, serta sel kulit mati akan menumpuk di kulit kepala yang menyebabkan ini.

  • Malassezia sp

Malassezia sp. merupakan salah satu jamur yang hidup di kulit kepala sebagai normal flora. Jika ada kondisi yang menyebabkan pertumbuhan jamur ini meningkat melebihi jumlah normal, misalnya pada kondisi udara yang panas dan lembap. Malassezia bisa menimbulkan penumpukan asam lemak tidak tersaturasi alhasil terjadi peradangan yang berakhir pada deskuamasi kulit kepala sehingga menimbulkan ketombe rambut.

  • Kulit kering

Bagian kulit kepala yang diakibatkan oleh kulit kering kira- kira berlainan dengan yang diakibatkan oleh kulit berminyak. Pada kulit kering, bagian mengarah lebih kecil serta tidak sedemikian itu berminyak. Kulit kepala merah serta pertanda radang lebih tidak sering ditemukan.

Baca juga: Perawatan Wajah Microneedling Untuk Kulit Tampak Awet Muda Bebas Kerut
  • Hipersensitivitas

Hipersensitivitas kepada sesuatu komposisi dari produk pemeliharaan rambut bisa menimbulkan kulit kepala meradang yang salah satu indikasinya merupakan ketombe

  • Kerentanan individu

Salah satu sebab dalam perkembangan dermatitis seboroik merupakan kerentanan orang. Namun, belum diketahui pasti bagaimana kerentanan individu dapat mempengaruhi dermatitis seboroik. Diduga hal ini disebabkan karena perbedaan dari fungsi barrier stratum korneum, perbedaan respon imun dari protein, dan polisakarida yang berasal dari Malassezia sp., dari setiap individu.

  • Laki-laki

Laki-laki merupakan salah satu faktor risiko terjadinya dermatitis seboroik. Sebagian penelitian menyangkutkan pria dengan nilai peristiwa dermatitis seboroik yang lebih besar. Hal ini diduga karena faktor hormonal.

  • Penyakit lainnya

Sebabnya belum bisa dijelaskan, namun ditemui ketergantungan antara penyakit saraf seperti Parkinson dengan kejadian ketombe yang lebih besar. Begitu pula dengan pengidap HIV, atau mereka dengan daya tahan tubuh yang buruk.

Baca juga: Peremajaan Vagina dengan PRP Ampuh Kembalikan Kepercayaan Diri

Gejala Ketombe yang timbul

Gejala ditandai oleh sejumlah kondisi, seperti:

  • Kulit kepala terasa gatal dan menimbulkan sensasi seperti terbakar
  • Muncul bercak bersisik berwana putih atau kuning pada kulit kepala
  • Bercak bersisik mengelupas menyerupai dermatitis seboroik
  • Kulit kepala menjadi merah dan berminyak
  • Rambut di daerah yang terkena sisik akan rontok

Diagnosa 

Diagnosis dermatitis seboroik dicoba dengan cara klinis serta mengarah gampang buat ditegakkan, yang berarti pengecekan penunjang khusus buat mendiagnosis ketombe tidak sedemikian itu dibutuhkan.

Baca juga: Ketahui Ciri-ciri Radang Panggul yang Berbahaya Bagi Wanita

Basmi Ketombe Rambut di Klinik Pandawa

Walaupun tidak menular, Dermatitis Seboroik tentu mengusik pengidapnya karena rasa gatal serta sakit yang diakibatkan oleh bagian kulit yang menyamai ketombe rambut. Dalam perihal ini, pasti penyembuhan sendiri di rumah tidak lumayan ampuh.

Untuk itu, Anda perlu menemui dokter ahli guna mendapatkan pengobatan yang tepat terkait gangguan ini. Dengan bantuan medis, Anda dapat mengobati penyakit ini hingga sembuh. Dermatitis Seboroik yang tidak diatasi hendak menimbulkan resiko yang lebih akut, salah satunya zona yang terkena akan terus menjadi membengkak.

Rasa gatal yang muncul akibat penyakit yang tidak diobati juga akan memicu keinginan untuk terus menggaruk bagian yang terinfeksi. Ketika terpaksa digaruk, justru bisa terjadi luka dan dapat menimbulkan risiko infeksi. Selain itu, bercak yang muncul pun jadi lebih tebal dan setelahnya bisa meninggalkan bekas kecokelatan, yang memerlukan perawatan lebih lanjut.

Klinik Pandawa ialah salah satu klinik ahli estetika serta skin care terbaik di Jakarta. prosedur tindakan yang cepat serta nyaman jadi jaminan kualitas di Klinik Kami. Dokter ahli serta handal yang dipunyai sanggup membagikan pengobatan terbaik cocok keinginan Kamu. Salah satunya dengan menggunakan teknologi laser dari HAIRMAX treatment.

HairMax Laser Comb merupakan satu-satunya Low Level Laser Device yang sudah FDA approved. Teknologi ini bekerja sesuai dengan prinsip Low Level Laser Therapy yang melebarkan pembuluh darah kapiler pada permukaan kulit kepala sehingga oksigen dan nutrisi dapat mengalir ke folikel rambut. Selain mampu atasi kerontokan atau kebotakan, HAIRMAX bisa tentu handal atasi masalah kulit kepala yaitu ketombe rambut.

Bila Kamu menginginkan data lebih lanjut, hingga Kamu bisa bertanya online dengan dokter ahli Kami dengan cara gratis di nomor 0821- 1141- 0672 atau 021- 62313337 (telepon/ SMS/ WA) ataupun klik KONSULTASI GRATIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *