Doi Lagi Gak Mood? Ini Dia 7 Penyebab Gairah Seksual Perempuan Menurun

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

gairah seksual perempuan menurun

Lagi enak mesra-mesraan tapi tiba-tiba doi sudah lelah dan gak mood? Kamu sebagai pasangan harus cari tau penyebabnya. Memahami berbagai penyebab penurunan gairah seksual perempuan ini bisa menjadi hal penting untuk mencegah timbulnya masalah dalam hubungan, termasuk mengatasi persoalan yang mendasarinya. Jarang merasakan adanya hasrat seks atau merasa terganggu dengan berkurangnya fantasi seks tersebut juga bisa menjadi gejala menurunnya gairah seksual perempuan.

Apa itu gairah seksual rendah?

Sebelum kita bahas penyebab gairah seksual perempuan menurun, kita cari tahu dulu apa itu gairah seksual rendah.

Menurut profesor biologi reproduksi Kingsberg, di Case Western Reserve School of Medicine, gairah seksual lebih dari sekedar masalah kadar libido yang rendah atau dorongan seks yang rendah.

Namun, gairah seksual juga mencakup faktor interpersonal dan psikologis yang menciptakan kemauan untuk menjadi seksual.

Berikut ini tanda-tanda kamu memiliki gairah seksual yang rendah:

  • Tidak tertarik dengan aktivitas seksual apa pun, termasuk masturbasi.
  • Tidak pernah atau jarang memiliki fantasi atau pemikiran seksual.
  • Menjadi cemas dengan berkurangnya aktivitas atau fantasi seksual.

Baca juga: Bintik-Bintik Putih di Bibir, Kenali Fordyce Spots yang Ganggu Penampilan

 

Penyebab Gairah Seksual Perempuan Menurun

Gairah seksual sebenarnya sangat kompleks, sebab didasarkan pada interaksi dari banyak hal yang memengaruhi keintiman, seperti perpaduan fisik dan emosional, pengalaman, kepercayaan, gaya hidup, dan hubungan kamu saat ini.

Bila kamu memiliki masalah di salah satu aspek tersebut, gairah kamu untuk melakukan hubungan seks pun tentu terganggu. Berikut ini ragam penyebab umum gairah seksual perempuan menurun:

  1. Waktu tidur kurang

Sebuah penilitian pada 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bila, bagi perempuan, lebih banyak tidur menyebabkan tingkat hasrat seksual yang lebih tinggi. Serta gairah yang lebih baik keesokan harinya.

Faktanya, hanya satu jam tambahan waktu tidur dikaitkan dengan peningkatan 14 persen kemungkinan seorang wanita akan melakukan aktivitas seksual dengan pasangan.

Dengan demikian, kurang tidur dikaitkan dengan penyebab gairah seks pada wanita turun. Jika kamu memiliki masalah dengan waktu tidur, sebaiknya memperbaiki gaya hidup.

  1. Ada masalah dengan pasangan

Dilansir Self, masalah dalam suatu hubungan bisa membuat wanita kesulitan untuk mendapatkan mood. Selain itu, lamanya menjalin hubungan pun bisa memengaruhi gairah seksual perempuan.

Di mana pada awal hubungan, biasanya wanita bisa memiliki gairah yang tinggi terhadap pasangannya kemudian menurun seiring berjalannya waktu. Meski normal terjadi, untuk mengatasi penyebab menurunnya gairah seksual ini, kamu perlu menyelesaikan atau mencoba hal-hal baru bersama pasangan.

Baca juga: Inilah Berbagai Komplikasi dan Bahaya dari Infeksi Trikomoniasis

  1. Gairah seksual perempuan turun akibat Perubahan Hormon

perubahan hormon juga berperan dalam menurunnya gairah seksual perempuan. Kondisi ini biasa terjadi saat menopause atau saat kehamilan dan menyusui.

pada saat menopause, kadar estrogen yang menurun selama transisi menuju menopause bisa membuat perempuan kurang tertarik menjalani aktivitas seksual. dimana jaringan pada vagina juga ikut mongering sehingga mengakibatkan aktivitas seks tidak nyaman atau menyakitkan.

sementara pada masa kehamilan dan menyusui. Perubahan hormon selama kehamilan, setelah melahirkan dan selama menyusui bisa meredam dorongan seksual. Wanita mungkin juga kurang bergairah setelah melahirkan karena kelelahan yang baru dialami.

  1. Konsumsi obat tertentu

Beberapa obat, seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan pil KB atau transdermal, diketahui dapat mengganggu libido. Bila mengalami masalah ini, akan lebih baik jika kamu segera menemui dokter untuk membahas obat alternatif yang memungkinkan.

  1. Konsumsi Alkohol dan Merokok

Kebiasaan merokok yang telah menjadi gaya hidup pada kenyataannya bisa membuat perempuan terasa lelah sehingga gairah seksual menurun.

Alcohol sendiri bisa mengacaukan tubuh dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengganggu kinerja hormon dalam sistem reproduksi. Penelitian telah menunjukkan bahwa bagi perempuan, meskipun aliran darah ke organ seks tidak sepenting pria untuk terangsang, nikotin dikaitkan dengan penurunan libido.

Tak cuma merokok, penggunaan obat terlarang, seperti heroin bisa pula berdampak negatif pada gairah seksual perempuan.

  1. Gairah seksual perempuan turun akibat Stres

Menurut WebMD, stres tentu bisa merusak segalanya, mulai dari kulit, kebiasaan tidur hingga gairah seksual.

Faktor ini tentu membuat seseorang menjadi tertekan, ceman, sehingga mengeluarkan hormon yang rusak. Begitupun memengaruhi mood seseorang wanita.

  1. Penyakit Infeksi Menular Seksual

Banyak kondisi medis atau penyakit, baik yang berkaitan dengan organ seksual maupun non-seksual bisa memengaruhi keinginan perempuan untuk melakukan hubungan seks. Penyakit infeksi menular seksual (IMS) jelas bisa sangat memengaruhi gairah seksual perempuan.

Rasa sakit atau nyeri yang bisa dirasakan saat beraktivitas seksual atau kesulitan orgasme, bisa menurunkan gairah untuk berhubungan intim.

Ada banyak penyakit infeksi menular seksual pada wanita seperti gonore, herpes kelamin, kutil kelamin, trikomoniasis, klamidia dan lainnya. Untuk mengatasinya kamu tentu butuh resep dan anjuran dari dokter ahli.

Baca juga: Ini Lho Dampak Penyakit Menular Seksual Bagi Penderitanya

Kapan Harus Ke Dokter?

Apabila kamu merasakan hal yang sama seperti gairah seksual menurun, atau kamu mengalami perubahan di sekitar area sensitive kamu, jangan ragu untuk konsultasikan. Klinik Pandawa Jakarta ahli atasi berbagai keluhan seputar seksualitas baik pria maupun wanita.

Kamu juga tak perlu malu, kamu bisa hubungi dokter melalui Layanan Konsultasi Gratis kami dengan WA/ TLP/ SMS di 0821-1141-0672, dimana saja tanpa perlu ke luar rumah. Tenang, kami menjaga data pribadi kamu, kok.

 

 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Why Women Lose Interest in Sex.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Low sex drive in women.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *