Blog Details

Image

Dokter Spesialis Kelamin Pria Berbeda dengan Urologi

Dokter spesialis kelamin pria paparkan keadaan bagi wanita, perawatan sistem reproduksi mereka adalah proposisi yang jelas. Ginekolog mereka mendiagnosa dan menangani masalah apapun yang muncul dan memberikan perawatan jangka panjang.

Dokter Spesialis Kelamin Pria
Ilustrasi Dokter Spesialis Kelamin Pria

Namun, bagi pria, situasinya lebih suram karena dokter spesialis kelamin pria (khususnya, masalah reproduksi pria) dibagi menjadi dua spesialisasi medis yaitu ada ahli urologi dan ahli andrologi Jakarta.

Dr spesialis kelamin cowo yaitu dokter andrologi yang menangani semua permasalahan kesehatan dan kesuburan pria. Mereka memiliki pelatihan dan pengalaman yang serupa, tetapi ahli urologi menangani berbagai kondisi yang lebih luas.

Apa itu Ahli Urologi?

Dokter urologi, atau ahli urologi, dilatih untuk mengobati penyakit dan gangguan pada saluran kemih dan kelenjar adrenal baik pada pria maupun wanita. Pada wanita, ahli urologi menangani kondisi yang memengaruhi ginjal, ureter dan uretra, serta kandung kemih.

Pada pria, mereka juga mendiagnosis dan mengobati masalah yang berkaitan dengan prostat dan sistem reproduksi pria. Ini adalah salah satu dari segelintir disiplin ilmu yang menggabungkan perawatan bedah dan non-bedah.

Daripada memiliki spesialisasi medis dan bedah yang terpisah seperti kardiologi dan bedah jantung. Ahli Urologi dapat mengkhususkan diri lebih lanjut ke urologi pediatrik, subspesialisasi resmi, atau ke subspesialisasi andrologi tidak resmi.

BACA JUGA: Jika Suami Mengalami Impotensi, Bagaimana Nasib Pernikahan Anda?

Apa Itu Ahli Andrologi?

Ahli andrologi biasa disebut juga dokter spesialis kelamin pria adalah ahli urologi yang berfokus sepenuhnya pada perawatan kondisi yang memengaruhi kesuburan dan seksualitas pria. Daripada mempraktikkan bentuk urologi yang lebih luas.

Spesialisasi ini mencakup perawatan kondisi fisik yang memengaruhi alat kelamin, seperti testis yang tidak turun. Serta cedera dan penyakit yang dapat memengaruhi kesuburan atau fungsi seksual.

Kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan gagal ginjal semuanya dapat menurunkan fungsi seksual. Sehingga dokter andrologi Jakarta berkolaborasi dengan pengasuh di bidang tersebut.

Mereka juga memanen sperma untuk fertilisasi in-vitro, saat kemampuan reproduksi atau seksual terganggu. Atau melakukan vasektomi saat kemampuan reproduksi tidak lagi diinginkan.

Persamaan dan perbedaan

Perbedaan antara ahli urologi dan ahli andrologi dihasilkan dari pilihan masing-masing dokter kelamin pria terdekat, bukan perbedaan intrinsik dalam spesialisasi. Setiap ahli andrologi adalah seorang ahli urologi.

Tetapi orang yang mempersempit praktiknya menjadi sekelompok pasien tertentu. Ahli Urologi merawat pasien dari kedua jenis kelamin untuk masalah kencing; mereka juga menangani masalah reproduksi pria.

Ahli andrologi, di sisi lain, setara dengan ginekolog, berfokus sepenuhnya pada masalah dan sistem reproduksi pria. Seorang ahli andrologi yang juga dokter spesialis kelamin pria pada gilirannya dapat memilih untuk berspesialisasi lebih jauh.

Hanya saja mengobati masalah reproduksi atau hanya impotensi dan disfungsi ereksi.

BACA JUGA: 8 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Libido Anda

Pelatihan Ahli Urologi vs. Ahli Andrologi

Ahli urologi dan androlog memulai karir mereka seperti dokter lainnya: menyelesaikan gelar sarjana empat tahun diikuti dengan empat tahun pelatihan di sekolah kedokteran. Selama delapan tahun studi tersebut.

Siswa yang telah berkarir di bidang urologi atau andrologi dapat mengambil pilihan terkait dalam biologi atau seksualitas manusia jika ada kesempatan. Ini dapat membantu mempersiapkan Anda untuk paradigma bidang ini.

Setelah lulus, para dokter baru harus menyelesaikan program residensi urologi selama lima tahun. Ini memberikan kesempatan untuk menguasai keterampilan klinis dan bedah yang dibutuhkan di lapangan, di bawah pengawasan ahli urologi yang berpengalaman.

Setelah menyelesaikan residensi ini, dokter dapat memperoleh sertifikasi dewan dengan lulus ujian sertifikasi dua bagian Dewan Urologi, dimana dokter andrologi akan mendapatkan gelar Sp.And. (Spesialis Andrologi) sedangkan dokter urologi akan mendapatkan gelar Sp.U. (Spesialis Urologi)

https://www.youtube.com/watch?v=S70Rgoowir8

Rekomendasi Dokter Spesialis Kelamin Pria

Mencari dokter spesialis kelamin pria sudah mudah namun yang memiliki keahlian dan berpengalaman masih minim. Maka kami merekomendasikan Klinik Utama Pandawa, layanan kesehatan yang mempunyai integritas dan teruji.

Anda bisa menghubungi kami di 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Atau caranya klik Konsultasi Disini Anda bisa langsung konsultasi dokter andrologi online dengan cuma-cuma.

Bisa datang langsung juga ke klinik terbaik agar segera dapat bertemu dokter spesialis kelamin pria, Klinik Utama Pandawa, Gedung Baja Tower B, Lt. GF2, Jl. Pangeran Jayakarta No.55, RT.1/RW.9, Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy