EFELID : DEFINISI DAN PENCEGAHANNYA

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Definisi Efelid

Suatu hiperpigmentasi berupa bercak-bercak hitam atau coklat pada kulit. Efelid berukuran kecil (3-5 mm) dan sering terlihat pada daerah yang terkena sinar matahari seperti muka, wajah dan lengan. Efelid sering mengenai orang di eropa dan di Indonesia. Efelid terdapat pada mereka yang berkulit terang atau berdarah campuran eropa. Intensitas warna efelid akan bertambah jika terpajan sinar matahari dan pada musim panas dan sebaliknya.

Efelid atau yang biasa juga disebut dengan frecklesfrekelfreckle, dan frakles merupakan makula hiperpigmentasi berwarna coklat terang yang timbul pada kulit yang sering terkena sinar matahari pada individu dengan kulit terang dan rambut berwarna kemerahan dan pirang terang. Suatu hiperpigmentasi berupa bercak-bercak hitam atau coklat pada kulit. Frekel berukuran kecil (3-5 mm) dan sering terlihat pada daerah terkena sinar matahari seperti muka, wajah dan lengan. Frekle sering mengenai orang di eropa dan di Indonesia. Frekle terdapat pada mereka yang berkulit terang atau berdarah campuran eropa.

Penyakit ini muncul pada usia|umur antara 2 – 5 tahun berupa makula hiperpigmentasi terutama pada daerah kulit yang sering terkena cahaya sinar matahari. Penyakit ini dapat terus terjadi pada usia dewasa hingga tua. Frekuensi terjadinya pada perempuan dan kali – laki dalah sama. Intinya, penyakit ini dapat mengenai siapa saja, tidak peduli usia dan jenis kelamin. Gejala klinis yang muncul secara jelas adalah bercak hitam atau coklat di daerah tempat tubuh yang terkena cahaya sinar matahari langsung tanpa perlindungan dari anti UV, bagian tersebut dapat terasa nyeri atau panas. Pada musim panas jumlahnya akan bertambah, lebih besar, dan lebih gelap.

Hasil pemeriksaan efelid umumnya menunjukan beberapa hal seperti : dijumpai banyak pigmen melanin di lapisan dasar kulit yang terdalam tanpa peningkatan jumlah sel – sel di epidermis yang memproduksi melanin, ditemukan organel yang mengandung melanin panjang dan berbentuk bintang seperti yang terdapat pada orang berkulit hitam, pada kulit dengan efelid tidak ditemui adanya penambahan melanosit hanya saja pada daerah tersebut ada jenis melanosit tertentu yang setelah terkena cahaya sinar matahari mampu membentuk melanin lebih cepat daripada kulit tanpa frekle.

Pencegahan

Pencegahan merupakan langkah paling penting dalam penanganan penyakit ini, caranya benar-benar sederhana yaitu menghindari terkena cahaya sinar matahari langsung maupun tidak langsung dengan cara menggunakan tabir surya. Kulit yang terkena efelid dapat diminimalisir tampilannya dengan menggunakan salep Hydrocortison 2 – 5 % dan Asam triklorasetat 50 % pada daerah yang terkena cahaya sinar matahari.

Yang perlu diingat adalah penanganan dan pengobatan efelid sebaiknya berdasarkan rekomendasi dan pengawasan dokter. Karena permasalahannya berkaitan dengan kulit, berkonsultasi dengan dokter ahli spesialis kulit merupakan solusi terbaik. Karena efelid lebih sering ditemui pada orang dengan kulit putih umumnya tinggal di negara dengan iklim subtropis yang memiliki empat musim. Efelid sering terlihat pada individu keturunan Eropa putih daripada individu yang memiliki latar belakang Asia. Insiden pada kelompok ras yang lain tidak diketahui, meskipun secara umum efelid kurang terlihat pada kulit yang berwarna gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami