Waspada! Penyakit Eksim Pada Pria di Kelamin yang Buat Tak Nyaman

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi

penyakit eksim di area genithal pria
Penyakit eksim di area genithal pria terjadi akibat tumbuhnya bakteri secara berlebihan akibat lembab.

 

Waspada! Penyakit Eksim Pada Pria di Kelamin Buat Tak Nyaman – Gatal-gatal di kulit bisa menjadi beragam pemicunya. Salah satunya adalah eksim, penyakit gatal di kulit yang disebabkan oleh peradangan. Penyakit eksim disertai gatal yang mengganggu, memerah dan kering. Bahkan terkadang eksim bisa terlihat pecah-pecah dan kasar. Parahnya, eksim bisa merambah ke area manapun di semua bagian tubuh. Tak terkecuali, di area bagian genital pria. Bila sampai ke alat vital, tentu saja akan membuat semakin berbahaya, karena membutuhkan penanganan khusus. Eksim pada pria di kelamin dimulai pada kulit penis, buah zakar, sampai ke anus. Karena itu perlu Anda perhatikan dan jangan diabaikan. Segeralah konsultasikan paa dokter ahlinya.

 

Penyebab Penyakit Eksim Muncul Pada Genithal Pria

Munculnya penyakit eksim pada kulit kelamin disebabkan area yang lembab dan ‘sulit’ bernapas di sekitar selangkangan. Celana yang ketat menimbulkan potensi bakteri bertumbuh dan menyebabkan iritasi kulit.

Selain itu, kulit kelamin yang sensitif membuat eksim gampang sekali terbentuk. Terlebih, kulit kelamin yang tipis begitu rentan bila harus bersinggungan dengan bahan pakaian ataupun zat kimia lainnya (seperti sabun, atau deterjen pakaian).

Dan bila gesekan berlangsung secara terus-menerus maka kulit dapat semakin mudah teriritasi. Zat-zat kimia dalam sabun bahkan bisa semakin memacu pertumbuhan parasite yang ada di organ intim Anda


Gejala Penyakit Eksim Pada Pria

Hampir sama persis dengan gejala yang terjadi pada bagian tubuh lainnya, Gejala penyakit eksim di kelamin juga menimbulkan bengkak dan panas seperti terbakar.

Dan bila eksim didiamkan kulit akan menjadi terasa kering, kasar bersisik, dan pecah-pecah. Sementara pada beberapa kasus, eksim bisa menjadikan warna kulit menjadi lebih gelap atau malah lebih terang dibandingkan warna kulit di sekitarnya.  

Pada eksim juga biasanya disertai munculnya bagian kulit yang melenting dan berisi cairan di permukaan kulit. Dan jika pecah bisa merembet ke bagian kulit yang terkena cairan tersebut. Eksim ini biasanya akan semakin menjalar dari hitungan hari, minggu, dan bulan.

Sementara eksim pada buah zakar dan penis bisa menimbulkan bau dan disertai rontoknya rambut halus. Seperti dilansir dari Medical News Today, akibat eksim penis dan skrotum akan menyebabkan bau yang tidak sedap dan rontoknya rambut halus di kelamin.

Dan bila kasus eksim semakin parah, maka benjolan nanah akan muncul disertai rasa nyeri yang hebat. Pada kasus eksim seperti ini, pembentukan gangrene akan menyebar hingga ke kaki sampai bagian bawah perut.

 

Pria Beresiko Terjangkit Penyakit Eksim

Semua pria beresiko terjangkit eksim. Lho kok bisa? Iya, karena pria bisa terpapar iritan dan infeksi bakteri yang mampu memicu tumbuhnya bakteri eksim di bagian genithal.

Berikut beberapa hal yang mampu membuat pria rentan terpapar iritan dan infeksi bakteri eksim genithal;

  • Terpaan sinar matahari membuat kondisi lembap, seperti saat menggunakan celana jeans misalnya.
  • Terkena zat iritan yang berasal dari pelumas seks, mesin diesel, dan pewarna tekstil.
  • Mengalami alergi obat tropical, seperti salep anti-bakteri
  • Mengalami alergi dari penggunaan kondom, baik kondom karet atau spermisida
  • Terjadi Malnutrisi zinc dan vitamin B riboflavin
  • Mengalami stres psikologis dan terus menggaruk buah zakar sampai lecet
  • Mengidap penyakit HIV dan infeksi kelamin
  • Terdapat faktor keturunan yang memicu eksim.

 

Pengobatan Penyakit Eksim Pada Pria

Eksim merupakan penyakit kulit kambuhan yang bisa semakin parah bila tak ditangani dengan serius. Sebagai langkah pencegahan hindari  paparan berbagai material yang bisa memicu iritasi.

Sementara bila eksim sudah semakin parah, penanganannya akan semakin sulit. Dibutuhkan dokter ahli yang bisa memeriksa penyakit eksim Anda secara cermat. Apalagi, jika menjangkau area vital yang menjadi simbol ‘kejantanan’.

Proses penyebaran bakteri dan infeksi yang semakin parah akan mudah menjangkit dalam hitungan hari. Eksim pada penis misalnya, harus dihilangkan dengan pengobatan lewat beberapa kali terapi. Tujuannya, agar eksim bisa tuntas dibasmi.

Dokter biasanya melakukan pengobatan dengan beberapa kombinasi treatment. Baik menggunakan krim ataupun UV. Untuk krim, beragam krim akan dioles tipis di area yang terkena eksim. Sementara treatment laser akan dilakukan untuk beberapa kali perawatan.

Klinik Pandawa menyediakan penanganan untuk penyakit kulit seperti Eksim yang Anda alami. Sebagai klinik spesialis kulit dan kelamin (Dermatology dan Venerology) terpercaya di Jakarta, Klinik Pandawa didukung oleh dokter dan tenaga medis yang berpengalaman di bidangnya.

Selain itu, Klinik Pandawa dilengkapi dengan apotek, ruang laboratorium, dan alat-alat kesehatan yang modern untuk menyembuhkan penyakit kulit Eksim Anda. Untuk keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena Klinik Pandawa menjamin kerahasiaan setiap pasien. Anda pun akan dimanjakan dengan fasilitas yang lengkap, sehingga membuat Anda nyaman untuk berobat di Klinik Pandawa.

Jika Anda ingin mengobati Penyakit Kulit Eksim, hubungi Klinik Pandawa di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) dan klik bit.ly/2VdMqLL untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman