Erosi Serviks Menyebabkan Keputihan dan Perdarahan
Ilustrasi.

Erosi Serviks Menyebabkan Keputihan dan Perdarahan

Diposting pada
Serviks atau mulut rahim adalah bagian sempit dari uterus (rahim) yang berhubungan dengan dinding bagian atas dalam vagina. Serviks wanita memiliki berbagai jenis sel di bagian luar atau di bagian dalam saluran serviks. Sel-sel lunak di bagian dalam serviks dikenal sebagai sel kelenjar, tetapi istilah medis untuk mereka adalah epitel kolumnar. Sel-sel keras di bagian luar serviks dikenal sebagai sel epitel skuamosa. Kebanyakan wanita bisa mengalami gangguan pada sel kelenjar di bagian dalam serviks. Sedangkan penyakit erosi serviks adalah gangguan bagian luar serviks (mulut rahim) dimana ketika sel-sel epitel squamosanya terganggu seperti meradang, luka, dan berdarah. Penyakit erosi serviks inilah yang sering menimbulkan gejala keputihan, keluar flek darah saat berhubungan dan terkadang nyeri saat berhubungan seksual. Apa yang dimaksud dengan penyakit erosi serviks?, Apa saja gejala penyakit erosi serviks ?, Apakah penyebab dan faktor resiko terjadinya penyakit erosi serviks ?, Apa bahaya dan komplikasi  penyakit erosi serviks apabila tidak segera diobati?, Bagaimana mendiagnosis dan mengobati penyakit erosi serviks ?, Bagaimana pengobatan penyakit erosi serviks di klinik pandawa ?.

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Erosi Serviks ?

Penyakit erosi serviks atau servical erosion adalah kerusakan baik pada sel-sel lunak atau sel kelenjar yang melapisi bagian dalam saluran serviks maupun kerusakan pada sel epitel squamosa bagian luar serviks. Bagian luar serviks biasanya memiliki sel-sel keras atau disebut juga dengan sel epitel. Di mana dua jenis sel bertemu dan disebut dengan zona transformasi. Leher rahim adalah uterus, yaitu tempat yang terhubung ke vagina anda. Timbulnya penyakit erosi serviks ketika sel-sel dari dalam serviks membentuk bercak merah hingga proses peradangan atau luka pada daerah porsio serviks uteri atau mulut rahim dan menyebar ke permukaan luar serviks. Penyebab penyakit erosi serviks bisa dikarenakan infeksi, rangsangan zat kimia, trauma dan dapat menjadi tanda awal terjadinya kanker serviks.

 

Apa Saja Gejala Penyakit Erosi Serviks ?

Gejala yang dapat terjadi pada penyakit erosi serviks seperti :

  • Sebagian wanita dengan erosi serviks bisa tanpa gejala
  • Perdarahan / keluar flek darah pada vagina yang tidak normal, seperti setelah berhubungan seksual (postcoital)
  • Keluarnya cairan mucus yang jernih, kekuningan, atau berbau yang disertai infeksi vagina.
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Sulit buang air kecil, nyeri disertai rasa panas, atau sering buang air kecil tetapi dengan volume yang sedikit
  • Nyeri panggul atau perut
  • Disertai demam

 

Apakah Penyebab dan Faktor Resiko Terjadinya Penyakit Erosi Serviks ?

Penyebab penyakit erosi serviks tidak selalu dapat ditentukan penyebabnya. Beberapa wanita bahkan dilahirkan dengan erosi serviks dan bisa juga disebabkan oleh fluktuasi hormonal. Itu sebabnya penyakit erosi serviks sering terjadi pada wanita usia reproduktif seperti remaja, dan wanita hamil. Penyakit erosi serviks jarang terjadi pada wanita pascamenopause. Penyebab lain yang dapat menyebabkan penyakit erosi serviks seperti:

  • Mengkonsumsi pil kontrasepsi yang meningkatkan kadar estrogen
  • Perubahan hormonal yang paling sering terjadi pada wanita yang berusia reproduktif
  • Kehamilan, juga dapat menyebabkan penyakit erosi serviks karena perubahan kadar hormon
  • Peradangan atau timbulnya sel kelenjar lunak yang muncul di luar serviks, menghasilkan lendir, mudah berdarah, menyebabkan bercak dan nyeri selama atau setelah beraktivitas seksual.
  • Kanker serviks yang menyebabkan tampilan serviks merah dan meradang
  • Cedera sel yang melapisi leher rahim
  • Infeksi akut yang terjadi karena iritasi selama aktivitas seksual
  • Penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore, klamidia, herpes genital, trikomoniasis, mycoplasma, dan ureaplasma
  • Alergi terhadap bahan kimia dalam spermisida, douching, atau karet lateks pada kondom
  • Iritasi atau cedera akibat tampon dan alat kontrasepsi lainnya
  • Ketidakseimbangan bakteri yang disebut juga bacterial vaginosis.
  • Menderita kanker atau sedang dalam pengobatan kanker.

 

Apa Bahaya Dan Komplikasi  Penyakit Erosi Serviks Apabila Tidak Segera Diobati?

Bahaya atau komplikasi yang dapat terjadi apabila Penyakit erosi serviks tidak segera diobati adalah terjadinya peradangan yang semakin parah pada serviks, perdarahan yang banyak dan keluar cairan yang berbau sehingga dapat mengaggu aktifitas sehari-hari dan rasa sakit yang parah, termasuk selama berhubungan seksual.  Dan apabila infeksi menyebar ke rahim dan saluran tuba, kemudian masuk ke rongga panggul maka penyakit erosi serviks dapat mengancam jiwa dan berpotensi untuk terjadinya kanker serviks.

 

Bagaimana Mendiagnosis Dan Mengobati Penyakit Erosi Serviks ?

Dokter akan memberikan diagnosa suatu penyakit dengan bertanya tentang riwayat medis. Apakah anda pernah mengalami penyakit erosi serviks sebelumnya dan melakukan tes atau pemeriksaan dalam panggul untuk mendapatkan hasil yang akurat terhadap penyakit. Perihal pengobatan penyakit erosi serviks ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

 

Bagaimana Pengobatan Penyakit Erosi Serviks Di Klinik Pandawa Jakarta ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit erosi serviks disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit erosi serviks ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

 

Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami melalui whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.


Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *