Gatal Biduran yang Perlu Anda Tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
kaligata gatal-gatal biduran pada tubuh
Biduran dapat timbul pada bagian tubuh manapun, seperti tangan, punggung, dada, paha, kelopak mata, bibir, telinga, hingga leher.

Siapa yang pernah mengalami gatal-gatal seluruh tubuh, muncul bentol-bentol tak beraturan serta ruam kemerahan secara tiba-tiba atau biduran?

Kaligata atau urtikaria dalam ilmu kedokteran atau sering kita mendengarnya dengan sebutan biduran. Kulit gatal biduran ini merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan kulit yang tergolong umum dan cukup sering dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Munculnya bentol-bentol dan ruam pada biduran ini tidak mengenal bagian tubuh. Gatal biduran dapat timbul pada bagian tubuh manapun, seperti tangan, punggung, dada, paha, kelopak mata, bibir, telinga, hingga leher.

Penyebabnya memang masih samar-samar. Meskipun demikian, diyakini kaligata atau biduran merupakan reaksi yang diberikan terhadap beberapa sumber alergi tertentu. Adanya tanggapan histamin, zat yang diproduksi sel tertentu ke dalam darah untuk melawan alergi (alergen) yang ada di dalam tubuh. Ketika terjadi perlawanan maka akan menyebabkan pelepasan plasma dalam darah, sehingga rasa gatal dan pembengkakan muncul pada permukaan kulit.

Baca Juga: Molluscum Contagiosum Penyebab Bintil di Kulit

Berikut pemicu lain munculnya kaligata atau biduran pada kulit Anda;

  • Adanya gigitan serangga
  • Bulu hewan yang rontok
  • Makanan
  • Obat-obatan
  • Paparan sinar matahari
  • Keringat berlebih
  • Pakaian ketat
  • Suhu udara dan lingkungan (debu, asap rokok atau cat dinding)
  • Flu
  • Autoimun/ lupus

Baca Juga: Tak Hanya Menyerang Ibu Hamil, Bahaya Penyakit Toksoplasma Juga Bisa Menyebabkan Mandul

Adapun dua tipe kaligata atau biduran, yaitu:

Kaligata akut. Kulit gatal biduran berlangsung selama kurang lebih dari enam minggu. Gatal-gatal ini disebabkan oleh makanan (seperti kacang-kacangan, ikan, susu atau telor), bahan tambahan pada makanan, obat-obatan, dan infeksi.

Kaligata kronis. Berlangsung selama lebih dari enam minggu dan bersifat kambuhan. Biasanya penyebab kaligata kronis sulit dikenali dan bisa juga sama dengan kaligata akut. Kaligata kronis berhubungan dengan antibodi. Dimana antibodi yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh memicu pelepasan histamin dan inilah yang mengakibatkan terjadinya kaligata atau biduran kronis. Sehingga, ada beberapa gatal-gatal kaligata ini muncul bersama dengan penyakit autoimun lain, seperti lupus, hepatitis, masalah tiroid atau kanker.

Gatal-gatal kaligata ini memang sangat mengganggu. Rasa nyeri dan ruam-ruam merah dengan ukuran beragam membuat Anda sangat tidak nyaman bahkan membuat Anda akan memiliki masalah kulit lainnya seperti Dermatitis.

Baca Juga: Bisakah Dermatitis Atopik Disembuhkan?

Tak perlu lagi khawatir, kini Klinik Pandawa hadir mengatasi keluhan biduran dan masalah kulit Anda lainnya. Klinik Pandawa spesialis kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta. Didukung oleh dokter dan tenaga medis yang berpengalaman dibidangnya. Dilengkapi dengan alat-alat medis modern dan bersertifikat juga fasilitas yang lengkap, aman untuk Anda.

Segera konsultasikan masalah kesehatan kulit dan kelamin Anda dengan dokter kami di nomor telepon 021-62313337 atau (telepon/SMS/WA) di 0821-1141-0672 bebas biaya. Klinik Pandawa siap melayani Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *