Gejalanya Sering Diabaikan, Waspada Kutil Kelamin Bisa Menular Lho!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Gejala Kutil Kelamin Sering Tak Disadari Waspada Bisa Menular

 

Tahukah Sahabat Pandawa, bila dalam satu dekade terakhir ini infeksi menular seksual (IMS) makin banyak disebabkan oleh virus. Salah satunya penyakit kutil kelamin. Kutil kelamin sendiri tak memiliki ciri-ciri kutil kelamin spesifik dan sulit dibedakan dari sekedar jerawat atau benjolan pada area organ intim termasuk dubur maupun anus. Karena itu gejala kutil kelamin sering diabaikan. Lantas, apa penyebab kutil kelamin dan cara mengobati kutil kelamin? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Ciri-ciri kutil kelamin memang seringnya tak disadari dan penyakit ini dikenal sebagai penyakit kelamin yang mudah menular melalui hubungan seksual yang bisa mengenai pria maupun wanita. Kutil Kelamin sendiri dikenal juga sebagai Genital Warts atau nama ilmiah Condiloma acuminata. Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV) dan dapat ditularkan melalui sentuhan antara kulit orang yang sehat dengan kulit yang telah terinfeksi virus.

 

Pengertian Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah kondisi dimana area kelamin seseorang terdapat kutil atau benjolan daging. Beragam faktor bisa menjadi penyebab dari kutil kelamin. Umumnya disebabkan karena HPV (Human Papilloma Virus) tertentu.

Pasalnya, kutil kelamin sendiri menyerupai benjolan daging dan biasanya berwarna keabu-abuan atau serupa dengan kulit. Ukuran dan jumlahnya pun beragam, bisa kecil sampai besar, bisa tumbuh multiple atau satu pada area kemaluan. Kutil kelamin dapat terjadi pada wanita maupun pria.

 

Penyebab Kutil Kelamin

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyebab kutil kelamin disebabkan oleh karena HPV atau Human Papilloma Virus. Berdasakan dari laporan Badan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat diketahui ada 100 jenis atau tipe HPV. Dan tipe HPV 6 dan HPV 11 merupakan penyebab kutil kelamin di mana lebih dari 90 persen kasus kutil kelamin.

Menjadi penyebab kutil kelamin yang paling utama, tipe HPV 6 dan HPV 11 biasanya tidak menyebabkan kanker. Sedangkan HPV 16, merupakan penyebab kebanyakan kanker. HPV 18, 31, dan 45 juga jenis berisiko, artinya menyebabkan kanker, terutama kanker serviks.

Orang yang lebih rentan mengalami kutil kelamin adalah orang yang berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Orang yang memulai hubungan seksual sejak masa remaja juga diketahui rentan mengalami kutil kelamin.

 

Ciri-ciri Kutil Kelamin

Kutil kelamin sendiri berukuran kecil, dengan corak serupa warna kulit atau sedikit lebih gelap. Otomatis hal ini kadang sulit terlihat dengan kasat mata. Kutil dapat tumbuh secara tunggal, dan bisa juga berkelompok serta membentuk struktur seperti kembang kola tau jengger ayam.

Meski tak terlihat, tetap ada timbul beberapa ciri-ciri kutil kelamin, antara lain gatal dan rasa tidak nyaman di area kelamin, sensasi seperti terbakar, serta nyeri dan perdarahan saat berhubungan intim.

Pada kutil kelamin pria dapat tumbuh ciri-ciri kutil kelamin di sejumlah area, seperti:

  • Batang atau ujung penis
  • Kantung buah zakar
  • Selangkangan
  • Paha bagian atas
  • Sekitar atau di dalam anus.

Sedangkan pada kutil kelamin wanita ciri-ciri kutil kelamin dapat tumbuh di:

  • Dinding vagina
  • Vulva (bagian luar vagina)
  • Daerah antara vagina dan anus (perineum)
  • Di dalam vagina atau di dalam anus
  • Leher rahim.

Banyak orang dengan gejala kutil kelamin tidak menyadari ciri-ciri kutil kelamin dikarenakan tidak mengalami apa pun. Gejala kutil kelamin dapat muncul selama berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun setelah terjadi kontak dengan virus penyebabnya.

Walaupun tidak terasa sakit, segera periksakan diri Anda apabila menemukan benjolan tidak wajar di area kelamin. Begitu juga jika ada ketidaknyamanan atau perubahan dalam warna air kencing.

 

Diagnosis Ciri-ciri Kutil Kelamin

Normalnya Sahabat Pandawa terlebih dulu untuk melakukan wawancara medis mendetail pada penderita dan melakukan pemeriksaan langsung pada kutil kelamin, dokter sudah dapat memastikan adanya penyakit kutil kelamin. Apabila gejala kutil kelamin berukuran kecil, kadang perlu dilakukan pemeriksaan menggunakan asam asetat 5% untuk melihat kelainan kulit dengan lebih jelas.

Bila kutil kelamin menyebar ke area dalam miss V dan serviks (mulut rahim), pemeriksaan kolposkopi dengan memasukkan kamera ke dalam vagina perlu dilakukan. Jika terdapat kutil kelamin, pemeriksaan pap smear pada wanita juga perlu dilakukan untuk melihat apakah ada kanker serviks. Hal tersebut berguna karena kutil kelamin dan kanker serviks sama-sama disebabkan oleh virus HPV.

 

Cara mengobati Kutil Kelamin

Cara menghilangkan kutil kelamin paling efektif adalah dengan pembedahan dengan laser kutil kelamin. Tindakan ini hanya akan disarankan apabila kutil tidak merespons perawatan lain atau berukuran terlalu besar.

Apabila kutil kelamin tidak diobati, maka ukurannya dapat membesar dan jumlahnya bertambah banyak. Anda juga dapat menularkan infeksi tersebut pada pasangan. Untuk melihat hasil perawatan, mungkin akan diperlukan waktu hingga beberapa minggu. Selama itu, dokter mungkin akan menyarankan agar Anda menghindari berbagai jenis sabun, krim, atau losion yang dapat mengiritasi kulit.

 

Penanganan Kutil Kelamin di Klinik Pandawa

Jika Sahabat Pandawa sudah mengetahui kutil kelamin adalah penyakit infeksi menular seksual yang dapat menular dengan adanya benjolan kutil di area kelamin. Segera konsultasikan pada ahlinya bila Sahabat Pandawa menemukan gejala kutil kelamin seperti di atas atau ciri-ciri kutil kelamin lainnya.

Klinik Pandawa merupakan klinik khusus kulit dan kelamin atau infeksi menular seksual, terbaik yang ada di Jakarta. Segera lakukan pengobatan atau temukan informasi lebih lanjut dengan berkonsultasi online gratis bersama dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman