GEJALA GONORE (KENCING NANAH),PENYEBAB DAN OBATNYA

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

GONORE (KENCING NANAH), PENYEBAB DAN OBATNYA

"<yoastmark

Gonore adalah salah satu dari penyakit menular seksual cukup berbahaya atau PMS adalah infeksi menular seksual yang tersebar akibat adanya hubungan intim. Adapun gejala gonore  ini memiliki ciri antara lain, munculnya ruam atau lepuhan dan rasa nyeri di area kemaluan.

Ada 3 resiko penularan penyakit seksual yang disebabkan oleh bakteri, seperti Sipilis, Gonore, dan Klamidia. Sementara PMS yang disebabkan oleh virus adalah Herpes dan HIV.

Seperti yang diterangkan di atas, penyakit menular seksual akan ditularkan melalui hubungan intim. Seperti hubungan seksual melalui vaginal, anal, ataupun oral.

Selain itu, proses penularan penyakit kelamin juga bisa melalui transfusi darah, jarum suntik dari penderita ke orang lain. Pun, infeksi bisa tersebar melalui ibu hamil ke janin. Saat dalam kehamilan atau ketika persalinan.

Gejala Gonore

Masa inkubasi gonorrhea sangat singkat. Pada pria biasanya hanya antara dua sampai lima hari, tapi kadang-kadang dapat memakan waktu lebih lama. Namun, pada wanita, masa inkubasi sulit untuk menentukan karena infeksi gonore biasanya tidak menimbulkan gejala gonore apapun.

  1. Gejala Pada Pria

Pada pria awalnya gatal dan panas di sekitar uretra, kanal bahwa pasokan urin kandung kemih keluar dari tubuh. Selain itu, ada rasa sakit saat buang air kecil dan nanah dari ujung uretra yang kadang-kadang disertai darah.

Jika infeksi cepat menyebar, akan lebih terasa sakit dan nanah lebih kental dan keruh. Selain itu, ada rasa sakit pada saat ereksi dan diperbesar kelenjar getah bening di selangkangan.

      b. Gejala Pada Wanita

Pada wanita, gejala, jika ada, mungkin begitu ringan sehingga orang tidak menyadari. Tidak kurang dari 30% sampai 60% wanita dengan tidak menunjukkan ciri sama sekali .

Gejala gonore mungkin termasuk rasa sakit saat buang air kecil, buang air kecil menjadi lebih sering, dan kadang-kadang menyebabkan nyeri di cekungan yang lebih rendah. Selain itu, ada cairan kental dan gangguan keluar dari vagina.

 

Faktor Risiko

Bayi lebih mudah terinfeksi jika ibu menderita gonore. transmisi bayi karena kontak dengan nanah dari jalan lahir ibu. Gonore adalah lebih mudah terkena infeksi mata pada bayi. Namun, beberapa orang tidak memiliki gejala sehingga mereka tidak mencari perhatian medis. Hal ini dapat meningkatkan risiko komplikasi dan penularan kepada orang lain.

Jika menderita gonore, sebaiknya seks dihindari dahulu sampai pengobatan antibiotik selesai. Meskipun belum terinfeksi gonore, seseorang dapat terkena kembali, karena tidak adanya imunitas pada tubuh. Menyerahkan pasangan seks juga terlihat untuk menghindari infeksi lebih lanjut.

Oleh sebab itu, jika Anda merasakan gejala-gejala atau tanda lain selain di atas, segera diskusikan dengan ahli medis untuk segera mendapatkan penanganan tepat. Karena apabila Anda tidak melanjuti akan berbahaya bagi kesehatan Anda dan pasangan. Maka itu juga perlu keterbukaan pada pasangan Anda

Pengobatan Gejala Gonore

Gonore dapat diobati dengan antibiotik. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa orang dengan riwayat gonore juga diberikan obat untuk jenis infeksi klamidia yang menyebabkan infeksi nonspesifik karena genital Chlamydia sering ditemukan dengan gonore .

Banyak antibiotik yang aman dan efektif untuk pengobatan gonore. Sangat disarankan agar pasien membantu diperiksa dan diobati, sehingga nantinya tidak ada putaran infeksi. Hal ini berlaku untuk pasangan seksual dalam 2 bulan terakhir atau pasangan seksual dalam dua bulan terakhir ketika tidak ada aktivitas seksual.

Untuk perawatan di rumah, menghindari menggaruk, menggosok, menyabuni atau seks yang berlebihan untuk menghindari iritasi lebih lanjut. Tidak dianjurkan untuk memperlakukan Anda tanpa petunjuk dokter, terutama antibiotik, karena dikhawatirkan terjadi gonore resistensi obat.

Beberapa pertanyaan yang sering di ajukan oleh pasien sebagai berikut :

  1. Apa penyebab gonore pada wanita?

Gonore adalah penyakit menular seksual. Penyakit ini biasanya disebabkan pelaku seks bebas melalui oral, anal atau vaginal. Perempuan sistem reproduksi (saluran tuba, serviks dan uterus)

  1. Apakah gonore bisa disembuhkan?

Apabila Anda merasakan gejala gonore. Maka, ada beberapa tahapan penyembuhan. Karena gonore adalah penyakit menular, ada kemungkinan bahwa dokter juga akan meminta pasangan Anda untuk bergabung tes penyakit kelamin untuk memastikan infeksi tidak menyebar.

  1. Apa penyebab gonore? 

Penyebab gonore adalah infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini biasanya mudah ditularkan melalui hubungan intim, termasuk oral seks dan anal seks. Para pekerja seks komersial lebih rentan terinfeksi. Maka hindari perbuatan tidak terpuji supaya Anda tidak mengalami gejala gonore.

  1. Berapa lama gonore akan pulih?

Jika berhasil terdeteksi pada tahap awal (misalnya, infeksi saluran kemih baru), gejala mulai mereda dalam waktu 24 jam

Gonore bisa disembuhkan sekitar dua hari setelah pengobatan – meskipun, sekali lagi, Anda harus terus minum obat sampai waktu yang ditentukan oleh dokter.

  1. Kapan terjadi ?

Biasanya muncul 1-10 hari setelah penularan bakteri terjadi. gonore khusus pada wanita, gonore yang dapat terjadi antara lain: putih pada lebih dari biasanya. Keputihan berwarna kuning atau hijau

  1. Apa perbedaan antara sifilis dan gonore?

Oleh sabab itu, sipilis dan gonore adalah dua jenis IMS. Gonorrhea ini sering juga disebut GO. Ini semacam paling PMS umum. Dalam beberapa hari setelah hubungan seksual dengan seseorang tanpa menggunakan kondom.

Sipilis adanya timbul borok / luka pada alat kelamin,  biasanya disebabkan oleh penyebab lain seperti gonore. Pada pria,  seperti keluarnya nanah dari penis, rasa sakit saat buang air kecil dan kandung kemih sulit.

Kapan harus ke dokter?

Pengobatan gonore disesuai dengan melihat gejal-gejala yang dirasakan. Anda akan terlebih dulu berdiskusi dan wawancara dengan dokter. Untuk memastikan Anda akan melewati tahap skrining dengan cek laboratorium.

Apabila Anda mengalami gejala gonore dan  membutuhkan informasi lebih lanjut segera hubungi dan reservasi untuk konsultasi dokter online gratis dan tindakan yang efektif di nomor :

Konsultasi Dokter Online Gratis 021-62313337 / 0821-1141-0672/ (TELEPON/SMS/WA) Atau klik link berikut bit.ly//rollkonsul.

Klinik Pandawa, Klinik Penyakit Kulit dan Kelamin Terpercaya di Jakarta. Lokasi di Gedung Baja Tower B, Lt. GF2, Jl. Pangeran Jayakarta No.55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, 10730.

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman