Gejala Toksoplasma Pada Ibu Hamil yang Perlu Anda Waspadai!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

gejala toksoplasma pada ibu hamil

 

Sahabat Pandawa pernah mendengar penyakit infeksi toksoplasma yang disebabkan oleh binatang kucing dan berbahaya bagi ibu hamil? Pasti sudah tak asing lagi ditelinga para ibu hamil. Lalu, sebenarnya seperti apa itu penyakit toksoplasma dan gejala toksoplasma pada ibu hamil? Dan bagaimana penularan toksoplasma? Apakah bisa diobati? Simak terus artikel dibawah ini ya!

 

Pengertian Toksoplasma

Pasalnya, toksoplasma merupakan infeksi umum yang terjadi sebagian besar burung dan mamalia termasuk manusia. Infeksi ini disebabkan oleh parasit Toxoplasma Gondii. Parasit ini tidak menular antar manusia, kecuali dari ibu ke janinnya melalui plasenta. Parasit tersebut hidup dalam hewan berdarah panas seperti kucing, anjing, sapi, kambing, kelinci, serta babi.

Penyakit ini memang dapat menyerang manusia, namun parasitnya berasal dari hewan dan daging yang belum matang. Pada hewan, parasit Toksoplasma ini biasa ditemukan di lapisan usus kucing yang kemudian akan keluar melalui kotoran.

Dengan begitu, ibu hamil yang terpapar kotoran kucing akan sangat mudah terserang penyakit Toksoplasma. Akibatnya, ibu hamil akan mengalami sejumlah gangguan kehamilan yang berdampak pada perkembangan janin.

 

Penyebab dan Penularan Toksoplasma

Seperti yang sudah diketahui bahwa penyakit Toksoplasma disebabkan oleh parasit protozoa bernama Toxoplasma Gondii yang terdapat pada limbah padat (kotoran) dari kucing. Parasit ini yang menyebabkan toksoplasmosis, infeksi darah yang langka namun serius.

Lalu, bagaimana cara parasit Toxoplasma ini masuk dan menyerang tubuh manusia? Perlu diketahui bila toksoplasmosis tidak hanya didapat dari kotoran kucing. Namun, Infeksi ini dapat ditularkan oleh ibu hamil melalui makanan yang berasal dari daging yang terinfeksi, daging mentah atau setengah matang, telur mentah, susu kambing dan produk susu yang tidak dipasteurisasi.

Tetapi jika sistem kekebalan Anda cukup sehat, Anda bisa terhindar dari penyebaran infeksi ini. Infeksi ini terkenal cukup berbahaya bagi ibu hamil karena dikhawatirkan penyebarannya bisa menular ke bayi saat mereka berkembang di dalam rahim.

 

Gejala Toksoplasma pada Ibu Hamil

Dibeberapa kasus, ibu hamil ditemukan tidak mengalami gejala tertentu, sampai akhirnya diketahui saat ibu menjalani tes darah rutin selama kehamilan. Tetapi, ada beberapa tanda dan gejala yang kemungkinan timbul akibat infeksi parasit ini.

1. Demam
Demam menjadi alarm atau tanda dimana tubuh saat terinfeksi bakteri, virus, maupun parasit apapun. Tak hanya toksoplasma, demam ini bisa menjadi gejala umum dari penyakit lainnya, seperti flu.

Umumnya, demam akibat infeksi ini berkisar antara 38-39 derajat celcius dan berlangsung lama. Walau demam umumnya tak berbahaya, tapi ibu hamil perlu mewaspadai. Oleh karena itu, demam tinggi ini sangat berisiko pada janin, terutama di trimester pertama. Obat demam pun tak boleh sembarang dikonsumsi kecuali atas rekomendasi dokter.

2. Kelelahan
Lelah bisa menjadi pertanda tubuh sedang melawan infeksi. Rasa lelah akibat infeksi biasanya timbul walau ibu hamil tidak melakukan aktivitas berat.

Pada ibu hamil, kelelahan akibat infeksi ini umumnya juga diikuti dengan demam, sakit kepala, dan terkadang radang tenggorokan.

3. Mata berkunang-kunang
Sejumlah orang mengalami gangguan penglihatan seperti mata berkunang-kunang atau ada awan yang mengganggu penglihatan sebagai gejala toksoplasma pada ibu hamil.

Bila beberapa gejalanya dirasakan sekaligus, baiknya ibu hamil segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, penyakit ini tidak memiliki gejala khas, satu-satunya yang bisa mendeteksi adanya infeksi ialah dengan melakukan tes darah.

Risiko Toksoplasma pada Janin

Toksoplasma sangat berisiko jika terinfeksi selama kehamilan karena parasit dapat menginfeksi plasenta dan janin atau bayi yang belum lahir.

Para peneliti memprediksi jika lebih dari 4 juta kelahiran di Amerika Serikat tiap tahunnya, antara 400 hingga 4.000 bayi dilahirkan dengan toksoplasmosis.

Risiko ini yang mempengaruhi kesehatan bayi akan tergantung pada kapan waktu Anda terinfeksi toksoplasma.

Menurut Organization of Teratology Information Services (OTIS), ketika ibu hamil terinfeksi antara minggu ke-10 hingga ke-24, bayi yang sedang berkembang di dalam kandungan bisa berisiko mengalami masalah kesehatan yang berat, termasuk kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, demam, ikterus, kelainan retina, masalah pendengaran, keterbelakangan mental, ukuran kepala abnormal, kejang, pengapuran otak, hingga kematian bayi saat lahir.

Selama trimester ketiga janin memang mengalami peningkatan risiko terinfeksi, tetapi risiko kerusakan janin menurun karena sebagian besar perkembangan penting telah terjadi.

Jika Anda terinfeksi ini pada awal kehamilan, risiko keguguran juga akan meningkat. Ada pun risiko yang sangat kecil untuk menginfeksi bayi jika Anda terkena infeksi dalam beberapa bulan sebelum hamil.

Karena itu, jika Anda baru didiagnosis terinfeksi sebelum hamil, beberapa ahli menyarankan untuk menunggu selama enam bulan sebelum mencoba hamil lagi.

Cara Penanganan Penyakit Toksoplasma di Klinik Pandawa

Cara mengobati virus infeksi Toksoplasma adalah dengan melalukan perawatan medis di klinik dan rumah sakit. Pasalnya, penyakit ini sulit didiagnosa dikarenakan gejala kerap tidak terasa oleh penderitanya. Kalaupun muncul gejala, keluhannya seringkali serupa flu atau bertambahnya monosit.

Untuk mengetahui kadar antibodi tubuh terhadap parasit Toxoplasma Gondii adalah dengan melakukan tes darah di laboratorium. Tes ini berlaku untuk penderita ibu hamil, bayi, orang dengan sistem imunitas yang lemah, hingga orang yang sedang dalam kondisi sehat.

Bilamana tes darah yang pertama menunjukkan hasil negatif, bukan berarti Anda bebas dari infeksi Toksoplasma. Bisa saja saat dilakukan tes darah, antibodi di dalam tubuh sedang terbentuk sehingga menunjukkan hasil negatif. Untuk itu, diperlukan tes darah berulang hingga menghasilkan hasil yang akurat.

Apabila Anda positif mengidap gejala toksoplasma pada ibu hamil, Anda akan diresepkan obat-obatan yang khusus dikonsumsi dengan pengawasan dokter. Semua langkah medis tersebut bisa Anda dapatkan di Klinik Pandawa.

Untuk informasi dan pengobatan lebih lanjut silakan hubungi kami di nomor telepon 021-62313337 atau di 0821-1141-0672 (WA/ TLP/ SMS) atau klik bit.ly/rollkonsul. Kami siap melayani Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paste your AdWords Remarketing code here
klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami