Seperti yang kita ketahui bahwa gigi dan gusi yang sehat akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Coba Anda bayangkan jika sedang berbicara atau presentasi di depan banyak orang, namun kondisi mulut Anda bermasalah. Pastinya mood dan dan penampilan Anda tidak akan sempurna.

Untuk itu, menjaga kesehatan mulut menjadi kunci utama dalam meningkatkan penampilan pada zaman modern seperti sekarang.

Tak sedikit orang rela mengeluarkan biaya yang cukup tinggi demi mendapatkan gigi dan gusi yang sehat.

Lalu Bagaimana Cara yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi?

Gigi Bolong??? Ini Dia Solusinya

1. Mengurangi Kecemasan atau Takut Ketika Mengunjungi Dokter Spesialis

Rasa cemas atau takut menjadi salah satu alasan seseorang enggan untuk mengunjungi dental terdekat atau layanan spesialis dokter gigi dan mulut. Jangan khawatir, saat ini banyak klinik gigi atau dental yang menyediakan berbagai fasilitas untuk mengurangi takut dan  cemas ketika datang untuk konsultasi. Seperti dokter di Klinik Utama Pandawa yang memiliki cara agar pasien tidak merasa cemas dan takut ketika datang berkunjung.

2. Rajin Menyikat Gigi

Rajin melakukan sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur menjadi cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan setiap harinya untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

3. Menggunakan Tusuk Pigi pelan-pelan

Tusuk gigi sering digunakan untuk membantu mencongkel sisa makanan yang terselip di sela gigi. Namun, tahukah Anda jika melakukan penekanan terlalu keras, justru akan merusak dan melukai gusi. Sering menggunakan alat bantu ini secara rutin pada satu area akan menimbulkan masalah yang lebih besar. Jika sudah seperti itu, Anda perlu mendatangi dokter gigi terdekat dari rumah saya di Klinik Utama Pandawa untuk mendapatkan perawatan.

4. Rajin Mengganti Sikat Gigi

Bulu pada sikat yang sering Anda gunakan menjadi salah satu sarang bakteri jika tidak diganti-ganti. Untuk itu, rajin mengganti sikat setiap tiga sampai empat bulan sekali untuk menghindari risiko  berbahaya yang akan Anda alami.

5. Konsumsi Keju

Keju memiliki kandungan kalsium yang penting untuk kesehatan. Selain keju, kamu juga bisa rajin mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D seperti, susu, kuning telur, dan ikan.

6. Mengurangi Konsumsi Obat yang Menyebabkan Mulut Kering

mengkonsumsi obat seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan obat antihistamin dapat membuat air liur menjadi kering. Untuk menjaga kelembaban mulut Anda perlu meningkatkan asupan cairan. Untuk itu datang dan konsultasikan hal tersebut ke Dokter Spesialis di Klinik Utama Pandawa.

Sekarang Anda sudah tahu kan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut. Selain hal di atas, Anda juga bisa rutin memeriksakan kesehatan gigi dan gusi di dokter spesialis di Klinik Utama Pandawa. 

Dokter gigi terdekat di lokasi saya yaitu Klinik Utama Pandawa merupakan dokter yang berpengalam, profesional dan ramah sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika harus berkonsultasi. Segera kunjungi dan konsultasikan keluhan Anda.

Baca Juga: Apakah Diamond Gigi Aman?