Kami tidak tahu persis seberapa umum Gonore mulut pada populasi umum. Ada sejumlah penelitian yang dipublikasikan tentang Gonore mulut. Tetapi sebagian besar berfokus pada kelompok tertentu.

Gonore Oral
Gonore Oral bisa disembuhkan di Klinik Utama Pandawa

Seperti wanita heteroseksual dan pria yang berhubungan seks dengan pria. Yang kami tahu adalah itu lebih dari 85 persen orang dewasa yang aktif secara seksual pernah melakukan seks oral, dan siapa pun yang melakukan seks oral tanpa kondom berisiko.

Para ahli juga percaya bahwa Gonore mulut yang tidak terdeteksi sebagian menjadi penyebab peningkatan gonore yang kebal antibiotik. Gonore faring seringkali tanpa gejala dan dapat menghindari antibiotik bahkan dengan pengobatan yang tepat.

Gonore mulut jarang menimbulkan gejala dan seringkali sulit dideteksi. Hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan pengobatan, yang meningkatkan risiko penularan infeksi kepada orang lain.

Bagaimana penyebarannya gonore oral?

Gonore mulut dapat menyebar melalui seks oral yang dilakukan pada alat kelamin atau anus seseorang yang menderita gonore. Kemungkinan juga dapat ditularkan melalui ciuman, tetapi lebih banyak penelitian sedang dilakukan untuk mendukung klaim ini.

Apa saja gejalanya gonore oral?

Sebagian besar waktu, Gonore mulut tidak menimbulkan gejala apapun. Jika Anda mengalami gejala, hal itu merupakan gejala sulit dibedakan dari gejala umum infeksi tenggorokan lainnya.

Gejala mungkin termasuk:

Kadang-kadang, seseorang dengan Gonore mulut juga dapat mengembangkan infeksi gonore di bagian lain dari tubuh, seperti leher rahim atau uretra. Jika demikian, Anda mungkin mengalami gejala gonore lainnya, seperti:

Apa bedanya dengan sakit tenggorokan, radang tenggorokan, atau kondisi lainnya?

Gejala Anda sendiri tidak dapat membedakan antara Gonore mulut dan kondisi tenggorokan lainnya, seperti sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah menemui dokter atau profesional kesehatan lainnya.

Hal ini untuk tes usap tenggorokan dan meminta secara khusus untuk diuji gonore. Seperti radang tenggorokan, Gonore mulut dapat menyebabkan sakit tenggorokan dengan kemerahan.

Tetapi radang tenggorokan sering juga menyebabkan bercak putih di tenggorokan. Gejala radang tenggorokan lainnya meliputi:

Apakah Anda perlu ke dokter jika terkena gonore oral?

Ya. Gonore harus diobati dengan antibiotik resep untuk membersihkan infeksi sepenuhnya dan mencegah penularan. Jika tidak diobati, gonore dapat menyebabkan sejumlah komplikasi serius.

Sehingga jika Anda curiga telah terpapar, temui dokter atau profesional kesehatan lainnya untuk pengujian. Lalu, jika Anda belum memiliki dokter, bisa reservasi di Klinik Utama Pandawa, karena kami dapat membantu Anda terhubung dengan dokter.

Tenaga kesehatan profesional akan mengambil swab tenggorokan Anda untuk memeriksa bakteri penyebab infeksi.

Jika gejala Anda berlanjut, temui ahli kesehatan Anda.

Bagaimana cara memberi tahu teman mana pun yang berisiko

Jika Anda telah menerima diagnosis atau pernah bersama seseorang yang mengidapnya. Anda harus memberi tahu semua pasangan seksual baru-baru ini agar mereka dapat dites. 

Ini termasuk siapa pun yang pernah melakukan kontak seksual dengan Anda dalam 2 bulan sebelum gejala Anda dimulai atau diagnosis Anda. Berbicara dengan pasangan Anda saat ini atau sebelumnya mungkin tidak nyaman.

Tetapi perlu dilakukan untuk menghindari risiko komplikasi serius, menularkan infeksi, dan mengembangkan infeksi lagi. Bersiap dengan informasi tentang gonore, pengujiannya, dan pengobatannya dapat membantu Anda menjawab pertanyaan pasangan Anda.

Jika Anda khawatir dengan reaksi pasangan Anda, pertimbangkan untuk membuat janji bertemu dengan ahli kesehatan bersama.

Apakah obat kumur cukup, atau apakah Anda benar-benar membutuhkan antibiotik?

Obat kumur telah lama dipercaya dapat menyembuhkan gonore. Sampai baru-baru ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Data yang dikumpulkan dari uji coba terkontrol acak tahun 2016 dan studi in vitro menemukan bahwa obat kumur Listerine secara signifikan mengurangi jumlah N. gonorrhoeae (bakteri penyebab gonore) pada permukaan faring (tenggorokan).

Meskipun ini tentu menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menilai klaim ini. Uji coba yang lebih besar saat ini sedang berlangsung. Antibiotik adalah satu-satunya pengobatan yang terbukti efektif.

BACA JUGA: Apakah Keputihan Leukore Berbahaya? Kenali Gejalanya!

Apa yang terjadi jika tidak ditangani?

Jika tidak diobati, Gonore mulut dapat menyebar melalui aliran darah Anda ke bagian lain dari tubuh Anda. Ini jarang dapat menyebabkan infeksi gonokokal sistemik, juga dikenal sebagai infeksi gonokokal diseminata.

Infeksi gonokokal sistemik adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan pembengkakan serta luka kulit. Ini juga dapat menyebabkan infeksi pada jantung. Namun, ini sangat jarang.

Gonore pada alat kelamin, rektum, dan saluran kemih dapat menyebabkan komplikasi serius lainnya jika tidak ditangani.

Kemungkinan komplikasi meliputi:

Apakah bisa disembuhkan?

Dengan pengobatan yang tepat, gonore dapat disembuhkan.

BACA JUGA: 6 Cara Menghilangkan Kantong Mata yang Efektif untuk Kamu Coba

Seberapa besar kemungkinan kekambuhan?

Kami tidak tahu seberapa besar kemungkinan kekambuhan pada Gonore mulut, khususnya. Kita tahu bahwa kekambuhan gonore jenis lain tinggi, mempengaruhi antara 3,6 persen hingga 11 persen orang yang sebelumnya dirawat.

Tes ulang dianjurkan 3 sampai 6 bulan setelah pengobatan, bahkan jika Anda dan pasangan Anda telah berhasil menyelesaikan pengobatan dan bebas dari gejala. Anda juga harus mempertimbangkan untuk kembali untuk pengujian IMS lainnya.

Bagaimana Anda bisa mencegahnya?

Anda dapat mengurangi risiko Gonore mulut dengan menggunakan bendungan gigi atau kondom “pria” setiap kali melakukan seks oral. Kondom “pria” juga dapat dimodifikasi untuk digunakan sebagai penghalang saat melakukan seks oral pada vagina atau anus.

Rekomendasi Klinik Terbaik di Jakarta

Anda menginginkan hidup lebih sehat dan jauh dari gonore? Kami akan beri kontak yang tepat dan langkah mudah untuk menghubungi Klinik Utama Pandawa. Anda bisa hubungi kontak kami di nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp.

Akan tetapi, Anda juga bisa datang ke klinik terbaik, dengan langsung ke alamat Klinik Utama Pandawa. Dokter spesialis Jakarta, Gedung Baja Tower B, Lt. GF2, Jl. Pangeran Jayakarta No.55, RT.1/RW.9, Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta Pusat.