HEMOROID (WASIR) : GEJALA, PENYEBAB, DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Hemoroids atau Wasir
Hemoroid (wasir) hampir sama dengan varises

 

Wasir – demikian itu lazim menyebutnya – menjadi momok bagi orang yang menderitanya. Benjolan di dalam dubur ini membuat rasa tidak nyaman. Duduk salah. Berdiri, juga salah. Apalagi kalau hendak membuang hajat. Bagaimana mengatasinya dan apa sebetulnya penyebab hemoroid?

 

Apa itu Hemoroid?

Hemoroid (wasir) hampir sama dengan varises-penyakit yang umumnya terdapat di tempat kaki dikarenakan terlalu lama berdiri. Bedanya, hemoroid terdapat pada dubur atau anus. Hemoroid atau wasir ialah penyakit yang sering dijumpai di masyarakat. Keadaan ini bisa terjadi pada 80% orang dewasa, dan sebagian besar bersifat asimptomatik (tidak menampakkan gejala). Pada sebagian kecil, hemoroid bisa bersifat simptomatik (bergejala), tetapi karena malu banyak penderita yang lebih memilih diam dengan kondisinya ini. Banyak penderita yang enggan ke dokter dan lebih memilih untuk mengaplikasikan obat bebas, hingga walhasil gejala yang timbul tidak bisa dibendung lagi.

                                                                                    

Jenis Hemoroid

Ada dua macam hemoroid atau sembelit, yaitu hemoroid internal dan eksternal. Pembuluh darah yang membengkak di dalam anus dan tak tampak dari luar disebut sebagai hemoroid internal. Sedangkan untuk pembengkakan yang terjadi di luar dekat lubang anus, terasa lebih nyeri, serta tampak dari luar disebut hemoroid eksternal.

 

Golongan Hemoroid

Hemoroid yaitu pelebaran pembuluh darah vena yang berlokasi di rectum (usus bagian bawah) dan anus. Seperti dikatakan di atas, setidaknya terdapat dua macam hemoroid, yaitu; hemoroid internal dan eksternal. Hemoroid internal dapat diklasifikasikan ke dalam 4 tingkat menurut progresivitas (tingkat keparahan) dan ada tidaknya prolaps atau benjolan ketika BAB, yaitu:

  1. Tingkat 1: terdapat hemoroid, selaput lendir sembab, belum ada benjolan.
  2. Tingkat 2: muncul benjolan waktu mengedan, yang masuk kembali dengan sendirinya.
  3. Tingkat 3: muncul benjolan dan untuk masuk kembali perlu dibantu tangan.
  4. Tingkat 4: benjolan yang tak dapat dimasukkan kembali.

 

Gejala Hemoroid

Wasir seringkali ditandai dengan benjolan di luar anus. Selain itu, wasir kerap ditandai dengan sejumlah gejala lain wasir, seperti:

  • Rasa gatal atau sakit di sekitar anus.
  • Perdarahan sesudah buang air besar.
  • Keluarnya lendir sesudah BAB.

 

 

Penyebab dan Fakor Risiko Terjadinya Hemoroid atau Wasir

Hemoroid terjadi sebab adanya kerusakan bantalan anus berupa pengenduran, penyumbatan dan pembengkakan. Situasi ini menyebabkan perubahan aliran darah di lokasi tersebut, yang mengakibatkan mengumpulnya darah di pembuluh vena. Faktor-faktor berikut diperkirakan penyebab hemoroid antara lain:

a. Pola makan

Pola makan rendah serat menghasilkan kotoran yang keras, sehingga mewajibkan orang mengejan ketika BAB. Ini mengakibatkan terjadinya peningkatan tekanan yang menyebabkan pembesaran hemoroid, yang juga dapat mengganggu aliran darah balik.

b. Kebiasaan duduk terlalu lama

Duduk berlama-lama di toilet (misalnya sambil membaca) atau karena sibuk pekerjaan yang tak bisa ditinggal, diyakini menjadi penyebab masalah aliran darah balik di daerah perianal (sekitar anus), menyebabkan pembesaran hemoroid. Dengan bertambahnya usia, otot dan jaringan sekitar anus menjadi lemah, sehingga lebih mudah terjadi prolaps. Hal ini bisa terjadi pada usia 30-an.

c. Mengejan dan Konstipasi

Keseringan mengejan dan konstipasi merupakan penyebab utama terbentuknya tonjolan hemoroid. Penderita hemoroid memiliki tonus kanal saat istirahat yang lebih tinggi dari normal. Ini dapat diperbaiki dengan operasi, disebut dengan hemoroidektomy.

d. Kehamilan

Kehamilan membuat wanita lebih mudah mengalami hemoroid. Penyebab hemoroid atau wasir secara pastinya belum diketahui. Namun diduga akibat perubahan hormonal dan perubahan tekanan pada rongga panggul. Kebanyakan gejala akan mereda segera setelah melahirkan.

e. Melakukan Seks Anal

Diketahui keseringan melakukan seks anal juga menjadi penyebab hemoroid atau wasir muncul. 

 

Pengobatan Hemoroid (Wasir) di Klinik Pandawa

Hemoroid ringan biasanya dapat sembuh tanpa penanganan. Kebersihan juga penting agar penyakit tidak hilang timbul. Mengonsumsi makanan berserat sangat membantu meminimalisir terjadinya Hemoroid, karena dengan asupan serat yang cukup maka proses pembuangan air besar akan semakin lancar.

Biasakan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai tambahan dalam porsi makanan Anda sehari-hari.

Pada Hemoroid yang sudah muncul dari dalam lubang anus, Anda harus segera ke dokter untuk ditangani secara cepat. Dokter akan melakukan ligasi dengan pita karet untuk menghentikan peredaran darah ke pusat pembengkakan. Atau dengan operasi Hemoroidektomi. Hemoroidektomi dilakukan dengan pisau bedah atau laser. Tindakan ini dilakukan untuk melepas jaringan Hemoroid dan menutup luka. 

Klinik Pandawa terdepan dalam memberikan penanganan Hemoroid atau Wasir ini. Selain itu, Klinik Pandawa juga merupakan salah satu klinik spesialis penyakit bedah terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link bit.ly/2VdMqLL atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *