INFEKSI SALURAN KEMIH : GEJALA, BAHAYA, KOMPLIKASI DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

bahaya infeksi saluran kemih dan berbagai komplikasi
Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih atau vesica urinaria.

 

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih atau vesica urinaria. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dapat menginfeksi sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua, yaitu ISK atas dan ISK bawah. ISK atas adalah infeksi yang terjadi di bagian atas kandung kemih, yaitu di ginjal dan ureter. Sementara ISK bawah yakni infeksi pada kandung kemih bagian bawah, yaitu kandung kemih dan uretra.

ISK dapat menyerang siapa saja, namun penyakit ini sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Hal tersebut lantaran saluran uretra yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh pada wanita lebih pendek. Selain itu, saluran uretra wanita yang begitu dekat dengan anus juga menjadi faktor risiko terbesar.

 

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih umumnya disebabkan oleh bakteri E. coli.

Infeksi saluran kemih umumnya disebabkan oleh bakteri E. coli yang masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak. Namun selain E. coli, bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi kandung kemih antara lain:

  • Staphylococcus dari kulit
  • Proteus dan Klebsiella, Enterococcus dari saluran cerna
  • Jamur (biasanya Candida)


Bakteri bisa masuk dan berkembang biak jika seseorang masih menyisakan urine dalam kandung kemih setiap buang air kecil. Urine tersisa akibat saluran kemih yang terhambat, misalnya akibat tumor atau pembesaran prostat pada pria. Selain itu, kehamilan juga bisa memberikan tekanan pada rongga panggul dan kandung kemih.

Pada wanita, perpindahan bakteri dapat terjadi ketika:

  • Memasukkan pembalut jenis tampon
  • Berhubungan seksual
  • Memakai kontrasepsi diafragma
  • Menyeka anus dengan tisu dari arah belakang ke depan saat setelah buang air besar
  • Memasuki masa menopause
  • Sedang hamil


Sedangkan, pada pria bakteri penyebab ISK terjadi saat:

  • Adanya infeksi prostat
  • Sistem kandung kemih tersumbat akibat tumor atau pembesaran prostat.
  • Mempraktekkan seks anal tanpa memakai pelindung.


Selain itu, infeksi ini juga bisa dipicu oleh cedera yang terjadi di bagian tertentu akibat:

  • Gangguan ginjal atau organ lainnya pada saluran kemih, seperti infeksi dan peradangan pada ginjal atau kelenjar prostat
  • Berhubungan seksual
  • Bahan-bahan kimiawi, seperti sabun yang mengandung parfum
  • Diabetes
  • Pemasangan kateter

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Gejala infeksi ini banyak ragamnya. Namun, gejalanya akan berbeda pada orang dewasa dan anak-anak. Pada orang dewasa, gejalanya berupa:

  • Saat buang air kecil merasa nyeri, menyengat, dan terbakar
  • Demam atau tubuh terasa lemah
  • Frekuensi buang air kecil meningkat, tapi hanya sedikit urine yang keluar
  • Terdapat darah di dalam urine atau hematuria
  • Urine berwarna lebih pekat, gelap, dan beraroma kuat
  • Pada perut atau punggung bagian bawah terasa nyeri

Sementara itu, salah satu gejala yang menandakan anak-anak mengalami infeksi kandung kemih adalah mengompol secara tidak disengaja di siang hari. Tak hanya itu, gejala lain yang dapat dialami anak-anak, yaitu:

  • Merasa lemas atau lelah
  • Mudah marah
  • Nafsu makan berkurang
  • Muntah
  • Kesakitan saat buang air kecil

Faktor-faktor Risiko Terkena ISK

Berikut faktor risiko untuk infeksi saluran kencing, yaitu :

Jenis kelamin

Wanita lebih rentan terkena ISK, karena uretra wanita lebih pendek dibanding laki-laki, sehingga jalur bakteri menuju kandung kemih lebih pendek yang membuat wanita lebih mudah terkena penyakit ini dibanding laki-laki.

Melakukan hubungan seksual yang tidak aman

Melakukan hubungan seksual dengan tidak pakai kondom bisa menyebabkan wanita atau bahkan pria terkena infeksi saluran kemih. Pasalnya, bakteri penyebab ISK bisa berada di kulit kelaminn dan menyebar atau berpindah saat berhubungan seksual.

Penggunaan kontrasepsi

Wanita yang menggunakan alat pencegah kehamilan berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

Menopause

Setelah menopause, penurunan kadar estrogen menyebabkan perubahan tubuh pada saat berkemih, sehingga lebih rentan terhadap infeksi.

Saluran kencing yang tidak normal

Bayi yang terlahir dengan malformasi atau pertumbuhan arteri dan vena yang kurang normal pada saluran kencing, umumnya tidak dapat mengeluarkan kencing dengan normal. Malformasi saluran kencing juga dapat menyebabkan seorang mengalami atau retensi urin pada uretra.

Penyumbatan saluran kencing

Adanya batu atau pembengkakan prostat dalam saluran kencing, dapat menyebabkan infeksi di saluran kandungan kemih.

Sistem imun lemah

Diabetes dan kondisi lain menyebabkan sistem imun menjadi lemah sehingga meningkatkan risiko ISK.

Pemakaian kateter

Infeksi ini sering terjadi pada orang yang tidak dapat berkemih dan harus menggunakan kateter untuk berkemih. Hal ini dapat terjadi pada pasien di rumah sakit atau mengalami kelumpuhan.

Arah membersihkan saluran kencing salah

Bila Anda membersihkan anus terlebih dahulu, lalu membersihkan saluran kencing, maka bakteri dari anus dapat berpindah ke saluran kencing dan menyebabkan infeksi pada saluran kencing

 

Bahaya Infeksi Saluran Kemih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa respons peradangan tubuh terhadap infeksi dapat mendorong pembentukan gumpalan di arteri, tak terkecuali infeksi di saluran kemih. Hal ini dapat berujung menghalangi aliran darah ke jantung ratau otak. Sehingga sangat penting untuk diobati secara tuntas dan mendapatkan penanganan yang tepat pada infeksi pada saluran kemih Anda.


Komplikasi dari Infeksi Saluran Kemih

Ketika kondisi ini dirawat dengan cepat dan tepat, infeksi saluran kemih bagian bawah jarang menyebabkan komplikasi. Tetapi jika tidak diobati, infeksi ini dapat memiliki konsekuensi serius.

Komplikasi ISK dapat meliputi:

  • Infeksi berulang, terutama pada wanita yang mengalami dua atau lebih ISK dalam periode enam bulan atau empat atau lebih dalam setahun.
  • Kerusakan ginjal permanen akibat infeksi ginjal akut atau kronis (pielonefritis) karena ISK yang tidak diobati.
  • Pada wanita hamil, ada peningkatan risiko untuk melahirkan dengan berat badan lahir rendah atau bayi prematur.
  • Penyempitan uretra (striktur) pada pria akibat uretritis rekuren, yang sebelumnya terlihat dengan uretritis gonokokal.
  • Sepsis, suatu komplikasi infeksi yang berpotensi mengancam jiwa, terutama jika infeksi berjalan dengan cara naik ke saluran kemih ke ginjal Anda.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit Andrologi terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit ginekologi, penyakit kulit dan kelamin, dan penyakit bedah.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit Andrologi khususnya Infeksi Saluran Kemih. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kualitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit Infeksi Saluran Kemih dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link bit.ly/2VdMqLL atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.