Ini Loh Bahaya Perilaku Seks Bebas Bila Terus Kamu Jalani

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Bahaya Seks Bebas – Seks adalah kebutuhan biologis semua makhluk hidup di dunia ini. Selain bertujuan untuk melanjutkan keturunan, seks juga berguna untuk kesenangan biologis dan psikologis yang membuat kamu merasa puas dan bahagia.

Meski pun seks itu penting untuk dilakukan, kamu tidak boleh sembarangan dalam melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan ada beberapa aturan dan cara yang baik jika ingin berhubungan seksual dengan pasangan agar tidak terkena gangguan dan masalah lainnya.

bahaya seks bebas

Hal pertama yang kamu harus perhatikan adalah konsekuensi yang mesti kamu terima setelah berhubungan seksual. Kamu harus siap dengan segala hal yang menjadi tanggung jawab seperti siap memiliki keturunan diusia muda. Selain itu, hal selanjutnya adalah kamu tidak boleh “asal-asalan” dalam berhubungan seks. Asal-asalan yang dimaksud adalah seperti tidak memakai kondom dan melakukan hubungan seks tidak sehat.

Banyak orang yang hanya mau melakukan seks semata demi kepuasan belaka. Padahal, terdapat banyak bahaya yang mengintai kamu apabila melakukan seks bebas seperti terkena penyakit menular seksual. Infeksi ini bisa memiliki dampak yang mengerikan apabila kamu telah terjangkit karena beberapa di antaranya sangat sulit untuk disembuhkan. Lebih buruknya lagi, masalah ini bisa menyebabkan kematian apabila terlambat ditangani.

Nah, seperti biasa nih, Klinik Pandawa akan selalu memberikan artikel dan informasi kesehatan, khususnya seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips trik kecantikan (estetika). Pada kesempatan kali ini kami bakal membahas mengenai bahaya seks bebas, mulai dari umumnya, bahaya, penyakit yang mengintai, sampai dengan cara melakukan hubungan seksual yang aman. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membaca artikel ini sampai selesai supaya bisa bermanfaat. Daripada berlama-lama lagi, langsung aja yuk simak artikel ini!

Baca juga: Mengenal Sinar Ultraviolet UV A, UV B dan UV C Beserta Manfaatnya

Apa itu seks bebas?

Seks bebas merupakan hubungan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan tanpa adanya ikatan perkawinan dan tidak aman. Ada berbagai bentuk tingkah laku seksual, seperti berkencan intim, bercumbu, sampai melakukan kontak seksual. Perilaku ini tidak hanya terjadi di kalangan anak muda saja, namun juga di kalangan orang dewasa yang sudah “matang” dalam pengetahuan seks.

Perilaku ini biasanya tanpa komitmen atau bahkan tanpa ikatan emosional. Termasuk seks dalam pacaran (seks pranikah), cinta satu malam (one night stand), prostitusi, atau bertukar pasangan dengan pasangan lain (swinging).

Seringkali orang melakukan seks bebas tanpa menggunakan kondom. Padahal, bisa saja mereka terjangkit penyakit menular seksual lewat hubungan seks yang tidak memakai kondom. Bahaya seks bebas lainnya adalah kehamilan di luar nikah yang masih belum bisa diterima oleh budaya masyarakat Indonesia.

Baca juga: 10 Penyebab Benjolan di Bibir Miss V, Cari Tahu Sebelum Parah

Bahaya seks bebas

Kebanyakan orang hanya memandang seks sebagai pemuas hasrat birahi mereka tanpa memikirkan bahaya dan konsekuensinya. Di luar dugaan, terdapat banyak sekali ancaman dan kerugian yang bisa kamu terima apabila melakukan seks bebas yang tidak sehat. Berikut adalah penjabaran bahaya seks bebas:

  1. Bahaya Seks Bebas berujung penyakit menular seksual

Remaja yang terjerembap ke dalam pergaulan bebas biasanya lebih rentan untuk tertular penyakit kelamin, apalagi jika mereka kerap bergonta-ganti pasangan. Semakin sering seseorang berganti pasangan seksual maka semakin tinggi juga risiko untuk terjangkit infeksi menular seksual seperti HIV/AIDS,  gonore, sifilis, klamidia, dan herpes.

Selain kebiasan buruk bergonta-ganti pasangan, ada juga faktor lain yang bisa memicu terkena penyakit kelamin. Hal itu seperti hubungan sesama jenis, penyalahgunaan obat suntik, berhubungan seks dengan pekerja prostitusi, serta kesalahan pemakaian kondom juga bisa meningkatkan risiko penyebaran infeksi menular seksual.

  1. Bahaya Seks Bebas Picu penyakit kanker

Perempuan yang sering bergonta-ganti pasangan seks lebih berisiko menderita kanker serviks. Orang yang kerap melakukan seks oral juga lebih berisiko untuk terkena kanker tenggorokan dan kanker mulut. Sedangkan, orang yang sering melakukan seks anal (dubur) memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita kanker anus.

  1. Bahaya Seks Bebas Sebabkan Kehamilan yang tidak diinginkan

Pergaulan bebas juga akan meningkatkan risiko mengalami kehamilan di usia muda. Kehamilan saat usia muda memerlukan perhatian yang khusus karena terdapat beragam risiko dan juga komplikasi kehamilan yang sangat rentan terjadi.

Dari beberapa bahaya perilaku tersebut, tentu akan berdampak pada masa depan kamu, pekerjaan, pendidikan hingga keluarga. Untuk itu kamu harus berpikir kembali sebelum terjerumus perilaku ini.

Baca juga: Waspada Infeksi Menular Seksual, Penyakit Klamidia Disebabkan Oleh Bakteri Kelamin!

Cara mencegah seks bebas

Salah satu caranya adalah dengan memberikan edukasi seksual kepada anak sejak dini. Dengan begitu anak akan lebih paham seputar seks dan membuat mereka menjadi tidak tabu lagi tentang hal tersebut. Edukasi mengenai penyakit menular seksual juga sangat penting dan bisa menjadi kunci utama untuk pencegahan seks bebas.

Selanjutnya support kegiatan anak dengan kegiatan yag positif dan tempatkan dilingkungan yang baik. Bagi kamu yang masih muda belia, pilihlah teman sepergaulan yang memberikan dampak positif. Dan setialah pada satu pasangan baik ketika usia muda maupun usia dewasa.

Baca juga: Ada Bintik Merah di Penis, Bahayakah? Ini Dia Penyebabnya

Terkena penyakit kelamin karena seks bebas? Segera atasi sekarang juga!

Kamu telah memahami seks bebas seperti pengertian, bahaya seks bebas, dan juga cara pencegahannya. Sudah dijelaskan bahwa perilaku ini dapat meningkatkan risiko terjangkit penyakit menular seksual yang berbahaya. Penyakit ini harus segera ditangani karena bisa mengakibatkan hal-hal buruk lainnya.

Jika kamu mempunyai masalah penyakit kelamin maka sebaiknya kamu segera melakukan konsultasi dengan dokter. Salah satu klinik yang mempunyai dokter spesialis kulit dan kelamin adalah KLINIK PANDAWA. Kami mempunyai dokter yang sudah berpengalaman dalam menangani berbagai penyakit menular seksual. Sudah banyak pasien yang merasa puas dengan pelayanan dan sembuh total dari penyakit kelamin yang dideritanya.

Bila kamu butuh informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS. Kamu  juga bisa menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *