Blog Details

Image

Ini Tips Sebelum dan Sesudah Scaling Gigi

Gangguan gigi seperti munculnya karang atau plak di gigi tentu membuat percaya diri menurun. Pasalnya, selain membuat gigi terlihat kuning, juga bisa membuat nafas kurang segar. Selain itu, karang gigi yang sudah menumpuk lama juga dikhawatirkan mengganggu kesehatan gigi seperti gigi berlubang, nyeri, gusi bengkak hingga gigi copot. Untuk itu, kamu butuh perawatan scaling atau pembersihan karang gigi. Berikut ini, tips before after scaling gigi yang bisa kamu simak.

Prosedur Scaling Gigi

Prosedur pembersihan karang gigi dapat dimulai dengan mengoleskan bius lokal pada gusi dan gigi untuk meminimalkan rasa tidak nyaman. Dokter gigi kemudian menggunakan berbagai alat instrumen untuk scaling.

Kemudian, dokter gigi biasanya memulai dengan alat ultrasonik yang mengirimkan getaran ke gigi untuk melonggarkan endapan yang lebih terlihat dan besar. Instrumen mengeluarkan kabut pendingin yang terbuat dari air untuk membersihkan kotoran saat prosedur berlangsung. Pasien mungkin diminta untuk membuang air ludah sesekali untuk mengeluarkan endapan.

Setelah deposit besar dihilangkan, dokter gigi kemudian dapat beralih ke scaler tangan, yang tersedia dalam berbagai ukuran. Meskipun menggunakannya dapat memperpanjang waktu prosedur, alat ini memberi kontrol lebih kepada dokter gigi karena dapat menjangkau area yang lebih dalam yang tidak dapat dijangkau oleh instrumen ultrasonik. Mereka juga dapat digunakan untuk merobohkan endapan karang gigi yang lebih kecil, terutama yang bersarang di antara gigi.

Before after scaling gigi selesai, dokter gigi kemudian dapat melanjutkan dengan pemolesan menggunakan handpiece yang dilengkapi dengan cawan berisi karet lembut. Pasta yang biasanya terbuat dari fluoride ini kemudian diletakkan di atas rubber cup. 

Dokter gigi akan menggosok dan menggerakkan handpiece pada gigi, menghaluskan area yang baru dibersihkan.

Setelahnya, kamu bisa kembali ke aktivitas biasa, meskipun kamu mungkin tidak diperbolehkan makan atau minum selama 30 menit hingga satu jam pertama.

Foto Sebelum dan Sesudah

Foto Before After Scaling gigi Klinik Utama Pandawa
Foto Before After Scaling gigi Klinik Utama Pandawa

Baca juga: KLAR Aligner Cara Gigi Rata Tanpa Behel

Tips Before After Scaling Gigi

Apa yang harus dipersiapkan ?

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buat janji temu dengan dokter gigi. Setelah itu, lakukan hal-hal berikut sebelum scaling gigi, yaitu:

  • Makan dan minum yang cukup;
  • Menyikat gigi sebelum berangkat ke dokter gigi;
  • Hentikan konsumsi obat apapun sebelum melakukan scaling gigi;
  • Beritahukan dokter gigi bila kamu punya alergi terhadap obat bius atau obat-obatan tertentu;
  • Sampaikan pada dokter jika kamu menggunakan sendi buatan atau prostetik. Dokter akan memberikan antibiotik untuk mengurangi risiko efek samping yang mungkin muncul;
  • Beritahukan semua riwayat penyakitmu, terutama penyakit jantung, katup jantung, atau pernah melakukan transplantasi organ dalam.

Baca juga: Scaling Gigi: Ini yang Harus Anda Ketahui

Haruskah puasa sebelum treatment gigi?

Sebenarnya tidak ada ketentuan untuk puasa makan dan minum before after scaling gigi. Justru, kamu dianjurkan untuk makan dan minum secukupnya sebelum perawatan.

Hal ini bertujuan agar di tengah perawatan scaling gigi kamu tidak merasa kelaparan. Dan, nantinya setelah perawatan kamu dianjurkan untuk tidak boleh langsung makan dan minum minuman tertentu, kurang lebih 30 menit, supaya hasil pembersihan karang gigi lebih maksimal.

Bagaimana setelah scaling gigi?

Setelah scaling gigi perasaan utama yang kamu rasakan yakni perasaan lega karena semua kotoran, sisa makanan yang berupa plak dan karang gigi berhasil dibersihkan. Otomatis akan membantu meningkatkan kembali kepercayaan diri kamu. 

Before after scaling gigi, kamu mungkin merasakan sakit selama satu atau dua hari dan gigi terasa sensitif. Tapi hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena lumrah terjadi.

Biasanya dokter gigi akan menyarankan kamu untuk tidak makan atau minum untuk beberapa menit kedepan (30-60 menit). Menyarankan untuk makan makanan yang lembut dan hindari minum minuman asam, berkafein, dingin dan panas. 

Untuk mencegah infeksi, mengendalikan rasa sakit, atau membantu kamu pulih, dokter gigi akan meresepkan pil atau obat kumur. 

Perawatan gigi yang baik di rumah juga sangat penting untuk membantu mencegah penyakit gigi menjadi lebih serius atau berulang. Gosok gigi dua kali sehari dengan sikat lembut, bersihkan sela-sela gigi setiap hari, makan makanan seimbang, hindari merokok dan temui dokter gigi secara teratur.

promo paket tambal & scaling gigi di klinik utama pandawa
promo paket tambal & scaling gigi di klinik utama pandawa
https://youtu.be/7-ySbY_uXnw

Dapatkan perawatan scaling gigi di Klinik Utama Pandawa

Jangan biarkan karang gigi merusak senyum indahmu, apalagi sampai merusak gigi dan gusi. Yuk, segera buat jadwal scaling gigi di dokter gigi atau klinik gigi terdekat dan persiapkan dirimu untuk menyambut gigi yang sehat dan terawat. 

Keunggulan Klinik Utama Pandawa

  • ✅ Memiliki dokter spesialis, profesional dan berpengalaman di bidangnya
  • ✅ Memiliki alat Kesehatan modern dan lengkap
  • ✅ Memiliki penunjang medis (Laboratorium, Farmasi, Rontgen dan USG)
  • ✅ Rahasia terjamin
  • ✅ Harga relatif terjangkau
  • ✅ Ruangan full AC
  • ✅ Parkiran luas dan gratis

Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy