INILAH CIRI ANDA MUNGKIN MENGIDAP PENYAKIT KELAMIN YANG BERBAHAYA

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
ciri penyakit kelamin
tak semua ciri penyakit kelamin terlihat dan cepat terdeteksi, maka penting pula menjalani tes penyakit kelamin.

 

Beda dari penyakit biasa seperti flu, gejala penyakit kelamin lazimnya tak bisa terdeteksi dengan kencang dan mudah kelihatan oleh mata telanjang. Anda bahkan bisa hidup selama bertahun-tahun tanpa menyadari bahwa Anda terinfeksi penyakit “kotor” ini. Bahkan Anda wajib berjaga-jaga dan waspadailah gejala dan ciri penyakit kelamin berikut ini..

 

Gejala dan Ciri Penyakit Kelamin yang Paling Awam

Tak seluruh penyakit kelamin menonjolkan gejala khas-nya, namun ciri-ciri di bawah ini bisa Anda jadikan petunjuk awal untuk dikonsultasikan lebih lanjut kepada dokter.

Sebagian ciri penyakit kelamin yang paling awam ialah:

  1. Perih atau sakit dikala kencing

Munculnya sensasi perih dan panas seperti terbakar dikala buang air kecil merupakan gejala penyakit kelamin yang paling biasa. Penyakit kelamin yang menyebabkan gejala ini termasuk:

  • Klamidia
  • Gonore
  • Trikomoniasis

Amati juga adanya bercak darah pada urine. Tetapi, gejala ini juga bisa timbul dampak infeksi saluran kencing (ISK) atau batu ginjal.

 

  1. Keluar cairan dari penis

Penis seharusnya sama sekali tidak mengeluarkan cairan apa pun kecuali air mani ketika ejakulasi dan air seni ketika berkemih. Sehinnga jika Anda belakangan ini menyadari penis mengeluarkan cairan asing yang berbau anyir atau busuk, kemungkinan membuktikan ciri penyakit kelamin:

  • Klamidia
  • Gonore
  • Trikomoniasis

Kalau Anda mengalami ciri penyakit kelamin ini, segera kunjungi dokter untuk memperoleh diagnosis akurat.

 

  1. Miss V terasa panas atau gatal

Bacterial vaginosis dan kutu kelamin bisa menyebabkan rasa gatal di vagina. Tetapi, gejala ini tidak selalu diakibatkan oleh penyakit menular seksual. Miss v yang terasa panas terbakar atau gatal bisa jadi disebabkan oleh iritasi atau infeksi jamur. Walaupun begitu itu, jika Anda mendeteksi sensasi yang tidak umum di sekitar vagina Anda, konsultasikan segera dengan dokter Anda.

 

  1. Nyeri ketika seks

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan rasa sakit ketika berhubungan seksual, namun ini juga dapat menjadi ciri  penyakit kelamin yang sering kali terlewatkan.

Jika Anda mengalami sakit atau nyeri ketika seks, konsultasikan dengan dokter jika rasa nyeri hal yang demikian:

  • Baru kali ini Anda alami
  • Berubah (intensitas, lokasi, bentuk)
  • Timbul setelah berganti pasangan seksual
  • Timbul setelah berganti kebiasaan seksual

Rasa sakit ketika ejakulasi dapat juga dikategorikan sebagai gejala dan ciri penyakit kelamin untuk pria.

 

  1. Keputihan tidak normal atau perdarahan vagina

Keputihan yang beraroma busuk atau berwarna kecuali putih bening (hijau, kuning, abu-abu, berbusa) dapat menjadi ciri penyakit kelamin lazim. Tetapi, gejala ini juga dapat membuktikan infeksi kelamin non-seksual seperti infeksi jamur vagina dan bacterial vaginosis. Gejala seperti ini juga dapat timbul sebagai gejala awal kanker.

Keputihan dampak trikomoniasis umumnya berwarna hijau, berbusa, dan beraroma tidak enak. Keputihan dampak gonore umumnya berwarna kekuningan dengan noda darah.

Jika Anda mengalami keputihan tidak normal dan disertai perdarahan vagina di luar jadwal menstruasi, langsung hubungi dokter Anda.

 

  1. Luka atau kutil kelamin

Luka atau kutil yang timbul tiba-tiba di zona genital tanpa penyebab jelas mungkin juga termasuk sebagai ciri  penyakit kelamin menular berikut:

  • Herpes genital
  • HPV
  • Sipilis
  • Molloscum contagiosum

Karenanya, segeralah konsultasikan dengan dokter pun jika benjolan telah sirna sebelum Anda pergi ke dokter.

Anda masih berpotensi mudah menyebarkan infeksi padahal benjolan telah kempis karena virus tetap berada dalam darah Anda.

 

  1. Sakit panggul atau perut komponen bawah

Nyeri panggul dapat diakibatkan oleh banyak keadaan kesehatan dan tidak selalu dihubungkan dengan gejala penyakit kelamin menular.

Tetapi, salah satu penyebabnya merupakan radang panggul. Radang panggul akan timbul saat penyakit kelamin tidak kunjung diobati. Kuman naik ke rahim dan perut Anda, menyebabkan peradangan dan luka jaringan parut. Sakit panggul variasi ini dapat sungguh-sungguh menyakitkan, dan pada beberapa kasus dapat berujung fatal.

 

Pentingnya Tes Penyakit Kelamin

Satu-satunya cara untuk memastikan Anda mengidap penyakit kelamin atau tidak adalah dengan menjalani tes penyakit kelamin di klinik Pandawa. Terutama apabila Anda dalam beberapa bulan terakhir pernah melakukan hubungan seks berisiko (tidak pakai kondom atau gonta-ganti pasangan).

Sadari setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda, sekecil apapun itu. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk pemahaman yang lebih mendalam.

 

Cara Menangani Penyakit Kelamin di Klinik Pandawa

Bila Anda mengidap penyakit kelamin jangan ragu untuk datang ke Klinik Pandawa. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, serta penyakit kulit dan kelamin. Anda wajib memeriksakan dengan konsul pada dokter ahli dan melakukan cek laboratorium untuk tes penyakit kelamin Anda.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman khususnya Penyakit kelamin. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Sudah banyak pasien yang berhasil disembuhkan dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paste your AdWords Remarketing code here
klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami