Yuk Kenali Jenis-Jenis Masker dan Fungsinya Untuk Kulit

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi

Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

jenis-jenis masker wajah

Masker wajah menjadi salah satu ragam perawatan kulit yang simpel dan mudah ditemukan. Tak heran bila masker ini cukup populer dan banyak diminati perempuan. Tak hanya bisa dan diminati perempuan, para pria pun juga bisa menggunakan dan merasakan manfaatnya. Namun ada yang perlu diketahui, bahwa ada jenis-jenis masker wajah yang dapat Sahabat Pandawa gunakan untuk mendapatkan kulit halus, bersih dan cerah.

Perawatan kulit satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Selain mampu mengangkat kotoran dan sel-sel mati, masker juga dapat melembabkan, mengatasi komedo dan jerawat, atau mengencangkan wajah.

Berhubung memiliki banyak sekali jenis-jenis masker wajah yang di jual di pasaran, Sahabat Pandawa perlu memilih yang tepat sesuai jenis kulit. Agar penggunaannya tepat dan hasilnya pun juga maksimal. Agar tidak salah pilih, yuk kenali jenis jenis masker dan fungsinya untuk kulit di bawah ini.

 

Masker Wajah

Perawatan kulit ini bisa berupa lembaran masker sekali-pakai dengan kandungan serum yang tinggi, atau krim yang digunakan pada seluruh wajah dan didiamkan selama beberapa saat.

Beberapa produk masker bisa berupa krim yang dipakai lalu dibilas dengan air, krim peel-off yang akan mengeras dan menjadi lembaran masker yang menempel pada kulit, atau krim yang dibiarkan semalaman. Perawatan kulit wajah ini biasanya digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kulit, terutama kulit kering dan berjerawat.

 

Manfaat Masker Wajah

Manfaat masker wajah yang tak kalah penting, yakni membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Manfaat tersebut terdapat pada kandungan vitamin dalam masker yang mampu mengembalikan keremajaan kulit dan membersihkan kulit dari racun-racun radikal bebas.

Berikut, manfaat masker wajah:

  • Membersihkan wajah dari kotoran (jerawat dan komedo).
  • Mengencangkan wajah.
  • Mencerahkan wajah.
  • Detoksidikfasi atau membuang racun yang ada pada kulit wajah.
  • Membantu masalah pada kulit wajah.

 

Apa saja jenis masker wajah dan kegunaannya?

Masker wajah sering digunakan untuk memberikan nutrisi pada kulit wajah sekaligus membersihkan wajah dari sisa kotoran dan kulit mati. Ada banyak pilihan jenis-jenis masker wajah yang dapat dipakai untuk merawat dan menyehatkan kulit wajah, antara lain:

  1. Sheet mask

Sheet mask berbentuk lembaran tisu atau kapas dengan lubang di bagian mata, hidung, dan bibir. Sheet mask sangat baik bagi Anda yang memiliki kulit kering, walau semua jenis kulit juga bisa mendapatkan manfaat dengan memakainya.

Cara penggunaannya juga mudah. Anda cukup menempelkan masker wajah ini di kulit setelah mencuci muka, lalu diamkan selama 15–20 menit agar kandungannya dapat meresap ke dalam kulit.

Setelah sheet mask dilepas, oleskan sisa cairan yang tertinggal di kulit ke seluruh permukaan wajah sambil dipijat lembut. Anda bahkan bisa mengoleskannya ke leher atau bagian tubuh lain, karena cairan tersebut mengandung serum yang dapat melembapkan kulit.

Setelah memakai sheet mask, kulit akan terasa lebih sejuk dan lembap. Anda tidak perlu membilas wajah setelah menggunakan sheet mask.

  1. Clay mask

Clay mask sendiri merupakan jenis perawatan kulit wajah dengan bahan dasar tanah liat dimana memiliki kandungan mineral yang bermanfaat bagi kulit. Adapun, komposisi dasar clay mask terdiri kaolin dan bentonite.

Sehabis membersihkan muka dan mengeringkannya, Sahabat Pandawa bisa mengoleskan clay mask ke seluruh wajah, lalu tunggu hingga beberapa saat hingga masker wajah tersebut mengering. Setelah itu, Sahabat Pandawa bisa membersihkan masker wajah ini dengan handuk atau sponge wajah yang sudah dicelupkan ke air hangat.

Beberapa manfaat clay mask adalah menyerap minyak dari kulit, membersihkan kulit dari kotoran dan sel kulit mati, serta mengatasi dan mencegah munculnya jerawat dan komedo. Jerawat dan komedo merupakan masalah yang sering dialami oleh pemilik kulit berminyak, karena pori-pori tersumbat oleh kotoran dan minyak berlebih.

Jenis masker wajah ini bisa digunakan sebanyak 1–2 kali seminggu bagi orang yang memiliki tipe kulit berminyak. Pada orang yang memiliki tipe kulit kering, masker wajah berbahan tanah liat sebaiknya dibatasi penggunaannya tidak lebih dari 1 kali seminggu agar kulit wajah tidak semakin kering.

  1. Mud mask

Mud mask merupakan perawatan kulit wajah berbahan dasar lumpur yang mengandung beragam mineral. Masker wajah jenis ini saat ini sedang popular dimana masker ini biasanya diolah dari lumpur laut atau lumpur abu vulkanis.

Masker Mud mask mengandung kandungan air lebih banyak sehingga mampu menghidrasi kulit lebih optimal. Oleh karena itu, masker jenis ini cocok untuk semua jenis kulit.

Cara penggunaan mud mask sama dengan clay mask. Perbedaannya, jika clay mask berfungsi menyerap minyak, mud mask cenderung membuat kulit lebih lembap.

  1. Peel off mask

Masker jenis ini berbentuk gel atau krim dan biasanya akan mengering dalam waktu beberapa menit setelah dioleskan pada kulit wajah. Ketika sudah kering, masker wajah jenis ini akan berubah teksturnya menjadi seperti karet yang elastis saat dikelupas.

Peel off mask umumnya berfungsi mengangkat komedo yang membandel. Namun, masker ini juga memiliki kemampuan mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati, tergantung pada kandungannya.

Peel off mask tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif, karena proses pengelupasan masker dapat membuat kulit perih dan iritasi.

  1. Wash off mask

Masker jenis ini bisa berupa krim, gel, atau bubuk yang dilarutkan dengan air. Sesuai namanya, perawatan kulit wajah ini digunakan dengan cara mengoleskannya ke kulit, lalu membilasnya dengan air hangat.

Sebelum memilih wash off mask, perhatikan lebih dahulu kandungannya. Adanya kandungan asam salisilat, asam glikolat, sulfur, dan charcoal pada masker lebih cocok digunakan untuk kulit berminyak. Sedangkan masker wajah dengan bahan asam hyaluronicshea butter, lidah buaya, atau mentimun lebih cocok untuk kulit kering.

  1. Exfoliating mask

Jenis masker wajah ini diformulasikan untuk mengangkat sel kulit mati. Bahan aktif yang digunakan untuk eksfoliasi bisa berasal dari bahan kimia atau bahan alami.

Eksfoliator bahan kimia, meliputi AHA, BHA, retinol, dan asam laktat. Sedangkan eksfoliator alami biasanya mengandung butiran scrub yang berasal dari kopi, gula, atau oat.

Exfoliating mask sebaiknya tidak digunakan berlebihan, terutama bagi pemilik kulit sensitif karena dapat memicu iritasi.

  1. Sleeping mask

Sama halnya dengan sheet masksleeping mask juga lebih dahulu populer di negara Korea Selatan. Sesuai namanya, masker ini digunakan sebelum tidur.

Teksturnya berbentuk krim atau gel yang digunakan dengan cara dioleskan ke seluruh kulit wajah. Tunggu sampai masker diserap kulit dan mengering dengan sendirinya. Masker biasanya baru dibersihkan keesokan paginya.

Sleeping mask mampu melembapkan kulit lebih baik dibandingkan dengan krim malam yang lebih mudah menguap. Selain itu, perawatan kulit wajah ini juga dinilai lebih mampu meresap ke dalam kulit.

 

Jenis Masker Wajah di Klinik Pandawa

Perawatan kulit wajah optimal bisa Sahabat Pandawa dapatkan di Klinik Pandawa. Beragam jenis masker wajah terbaik di bawah ini bisa mengatasi permasalahan kulit wajah. Berikut jenis-jenis masker wajah yang dimiliki kami, antara lain;

  • Peel Off Gold
  • Gold Sheet Mask
  • Nanomask
  • Collagen Facial Mask

 

Prosedur Pemakaian Masker Wajah di Klinik Pandawa

Pemberian masker wajah disesuaikan dengan jenis kulit atau masalah kulit Sahabat Pandawa. Adapun prosedur Klinik Pandawa saat mengaplikasikan masker wajah, antara lain;

  1. Membersihkan wajah dengan cleansing khusus
  2. Menggunakan Uap steam untuk membuka pori-pori. Penguapan juga membantu untuk mengeluarkan kotoran dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori.
  3. Pengaplikasian menggunakan alat khusus untuk masker gel atau krim ke wajah. Tidak menggunakan tangan karena akan meninggalkan bakteri atau kotoran di wajah.
  4. Durasi pemakaian masker wajah kurang lebih 10 atau 15 menit

 

Nah, itulah ragam jenis-jenis masker wajah yang perlu diketahui. Bagi Sahabat Pandawa yang ingin melakukan perawatan kulit wajah maksimal, Klinik Pandawa memiliki beragam perawatan atau treatment yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Baik kulit berjerawat, berminyak, kusam dan kering dapat Kami atasi.

Dilakukan oleh dokter ahli dan beautician handal, serta teknologi modern dan canggih siap melayani Sahabat Pandawa. Hubungi kami di nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS) untuk konsultasi dengan dokter online kami (GRATIS) dan reservasi segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman