10 Jenis Penyakit Kelamin Yang Sering Terjadi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
jenis penyakit kelaminJenis penyakit kelamin yang biasa terjadi pada pria maupun wanita ada banyak ragamnya. Penyakit kelamin ini umumnya disebabkan oleh penyebaran kuman lewat hubungan seks atau jarum suntik yang telah terkontaminasi penyakit kelamin tersebut. Sudah menjadi rahasia umum apabila sebagian besar penyakit kelamin berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Selengkapnya, mari kita simak pembahasan jenis penyakit kelamin berikut ini.

 

Definisi Penyakit Kelamin

Penyakit kelamin adalah jenis penyakit atau gangguan kesehatan pada organ intim manusia yang sangat mudah menular. Penyebab penyakit ini umumnya adalah bakteri, jamur, maupun parasit. 

 

Jenis-Jenis Penyakit Kelamin

Pria atau wanita dapat menderita bermacam-macam penyakit kelamin. Penularan penyakit kelamin ini dapat terjadi melalui hubungan seks bebas tanpa pengaman maupun pola hidup yang tidak sehat seperti malas merawat organ intim pada tubuhnya. Berikut ini penyakit kelamin yang umum terjadi pada pria dan wanita:
1. Gonorrhea
Gonorrhea adalah jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh  bakteri neisseria gonorrhea, dan umumnya dikenal dengan istilah kencing bisul. Infeksi yang terjadi pada penyakit kelamin ini umumnya dimulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu setelah melakukan hubungan seksual dengan penderita jenis penyakit kelamin ini. Gejala khas yang timbul pada penyakit ini adalah keluarnya cairan berwarna putih atau kuning kehijauan seperti bisul pada ujung penis dan vagina. Saat buang air kecil, penderita akan merasakan sakit, namun terkadang penderita juga tidak merasakan gejala apapun dari penyakit kelamin yang dideritanya. Walaupun gejala gonorrhea yang timbul pada wanita ringan ataupun tidak terasa gejala sama sekali, namun penyakit ini dapat menjadi parah dan menyebabkan kemandulan apabila tidak segera diobati.
2. Chlamydia
Chlamydia merupakan jenis penyakit kelamin yang menular dan disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Jenis penyakit kelamin ini umumnya terjadi pada wanita dan pria yang berusia muda dan aktif secara seksual. Gejala yang dapat timbul pada penderita penyakit ini dapat berupa rasa nyeri atau rasa terbakar ketika sedang buang air kecil dan ketika berhubungan intim. Gejala lainnya adalah keluarnya cairan berwarna putih dari alat kelamin dan sulit untuk hamil. Akan tetapi, seringkali penderita yang terkena jenis penyakit kelamin ini tidak mengalami gejala yang spesifik sehingga pengobatan penyakitnya seringkali tidak dimulai sejak dini.
3. Herpes Genitalis
Herpes Genitalis (herpes simplex) adalah jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh Herpes Simplex Viruses (HSV). Munculnya gejala pada jenis penyakit kelamin ini umumnya antara 3 hingga 10 hari setelah berhubungan seksual dengan penderita penyakit kelamin ini. Lepuh berisi cairan yang berkelompok disertai ruam kemerahan umumnya timbul pada alat kelamin penderita penyakit ini. Penderita umumnya juga mengalami rasa nyeri, sensasi terbakar, perih disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening yang timbul pada selangkangan. Umumnya,  gejala akan hilang dalam kurun waktu 5 hingga 10 hari. Herpes genitalis dapat bertahan dalam tubuh penderitanya dan akan dapat muncul kembali di kemudian hari.
4. Infeksi Jamur Kelamin
Infeksi jamur kelamin adalah jenis penyakit kelamin yang umumnya disebabkan oleh jamur spesies candida albicans atau sering disebut dengan istilah candidiasis. Jamur ini dapat menimbulkan rasa gatal dan berwarna merah yang timbul pada bawah kulit alat kelamin pria yang tidak disunat. Pada wanita, gejala yang muncul biasanya berupa keluarnya cairan putih kental seperti keju yang menimbulkan rasa gatal.
5. Sifilis (Raja Singa)
Sifilis (raja singa) adalah jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh kuman bakteri treponema pallidum. Gejala penyakit kelamin sifilis (raja singa) umumnya muncul dalam kurun waktu antara 3 minggu hingga 3 bulan setelah berhubungan seksual dengan penderita jenis penyakit kelamin ini.
Penyakit ini umumnya memiliki empat stadium antara lain: 
1. Sifilis Primer. Gejala klinis pada stadium ini umumnya berupa timbulnya lesi tukak seperti sariawan dengan perabaan keras yang tidak nyeri pada alat kelamin. Lesi ini umumnya dapat diduga sembuh dengan sendirinya tanpa diobati. Dalam kasus ini sebenarnya penyakit ini tidak hilang, namun akan berlanjut pada stadium kedua.
2. Sifilis Sekunder. Munculnya bercak kemerahan di seluruh tubuh dan bercak kecoklatan pada kedua telapak tangan namun tidak menimbulkan rasa gatal menjadi gejala-gejala yang timbul pada stadium ini. Lesi ini juga dapat  diduga sembuh dengan sendirinya, namun sebenarnya penyakit tersebut masih ada dan dapat berlanjut ke stadium diatasnya.
3. Sifilis Laten. Ketika penderita tidak merasakan gejala penyakit sifilis yang terlihat menonjol, maka penderita sifilis akan terus menderita sifilis selama bertahun-tahun karena tidak diobati.
4. Sifilis Tersier. Pada stadium ini, penyakit ini sungguh berbahaya dan umumnya akan timbul dalam kurun waktu 10-30 tahun setelah infeksi dimulai. Penyakit ini akan menyebabkan kerusakan organ internal dan dapat menimbulkan kematian.
6. Kutil Kelamin
Kutil kelamin adalah jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Pada penyakit ini dapat muncul satu maupun beberapa kutil atau benjolan dalam kurun waktu satu bulan hingga satu tahun setelah berhubungan seksual dengan penderita penyakit kelamin tersebut. Benjolan tersebut umumnya tidak terlihat menonjol karena terlalu kecil dan terletak pada alat kelamin. Umumnya benjolan yang timbul mirip dengan kembang kol maupun jengger ayam yang terjadi pada penis maupun dubur. Jenis penyakit kelamin ini dapat memberikan dampak serius pada wanita karena dapat menimbulkan kanker serviks. 
7. Pediculosis Pubis
Pediculosis pubis adalah jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh kutu kelamin atau pthirus pubis. Ukuran kutu kelamin sangatlah kecil, umumnya lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch. Kutu tersebut berwarna kelabu kecokelatan dan menetap pada rambut kemaluan. 
8. Kudis Pada Penis
Kudis pada penis umumnya disebabkan oleh tungau sarcoptes scabies. Tungau ini mirip dengan kutu kelamin, akan tetapi berukuran lebih kecil dan menetap di bawah kulit. Penyakit kelamin ini menimbulkan luka-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh. 
9. AIDS
AIDS adalah penyakit kelamin yang diakibatkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). HIV yang masuk ke dalam tubuh akan menghancurkan bagian dari sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi. Sistem kekebalan  tubuh seseorang akan menjadi semakin lemah disebabkan oleh semakin sedikitnya sel CD4 dalam tubuh. Penularan HIV dapat terjadi ketika sperma, darah, atau cairan vagina dari seseorang yang terinfeksi HIV masuk ke dalam tubuh orang lain.  AIDS dianggap sebagai penyakit menular seksual yang paling berbahaya.
10. Trichomoniasis
Trichomoniasis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh parasit protozoa bersel tunggal yaitu trichomonas vaginalis. Penularan penyakit ini melalui hubungan seksual dan juga berbagi pakai alat bantu seks dengan penderita trikomoniasis lainnya. Penyakit kelamin jenis ini sering kali tidak menimbulkan gejala apapun. Penderita trikomoniasis tetap dapat menularkannya kepada orang lain, meskipun tanpa gejala.

Penanganan Penyakit Kelamin Di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa sebagai salah satu klinik kelamin terbaik di kota Jakarta menyediakan layanan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit kelamin. Dokter yang berpengalaman, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan berbagai macam penyakit kelamin yang Anda derita. Dokter di Klinik Pandawa akan menyarankan pengobatan atau tindakan medis yang tepat untuk menangani berbagai macam penyakit kelamin yang Anda alami.

Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter kami tanpa dipungut biaya di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layanan konsultasi. Dapatkan promo menarik setiap bulannya untuk berbagai layanan kesehatan kelamin di Klinik Pandawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman