Keputihan : Gejala, Penyebab, Faktor Risiko dan Pengobatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Keputihan pada wanita
Harap berhati-hati jika cairan keputihan mengalami perubahan warna, tekstur, dan bau.

Keputihan pada dasarnya yakni kondisi dimana lendir atau cairan keluar dari vagina. Keputihan sendiri merupakan cara alami tubuh demi menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan. Saat  wanita alami keputihan, cairan yang diproduksi oleh kelenjar vagina dan juga leher rahim mengeluarkan sel mati dan bakteri, maka vagina tetap terlindung dari infeksi.

Penyakit keputihan atau Fluor Albus sendiri disebabkan infeksi atau peradangan pada alat kelamin dan umumnya diderita oleh wanita. Hal ini disebabkan adanya infeksi organisme seperti bakteri, virus, dan dapat juga disebabkan oleh karena pengaruh bahan kimia seperti cairan, atau krim yang digunakan di daerah organ intim. Dalam beberapa kasus ditemukan pula keputihan ini disebabkan oleh sel yang ditularkan melalui pasangan seksual.

Keputihan normal sejatinya terjadi pada wanita yang masih mengalami menstruasi. Ibu hamil kemungkinan akan lebih sering mengalami keputihan akibat perubahan hormon. Ketika seorang wanita mulai memasuki masa menopause, barulah keputihan akan berkurang.

berhati-hatilah bila cairan keputihan mengalami perubahan warna, tekstur, dan bau. Kondisi ini dapat menjadi tanda keputihan yang tidak normal oleh karena infeksi atau kelainan pada organ reproduksi wanita.

Gejala Keputihan

Keputihan normal akan terlihat dari cairan yang keluar dengan tanda sebagai berikut:

  • Tidak berwarna dan berwarna putih.
  • Tidak berbau dan tidak mengeluarkan bau menyengat.
  • Meninggalkan bercak kekuningan di celana dalam.
  • Tesktur cairan keputihan dapat berubah tergantung dari siklus menstruasi.

Keputihan yang tidak normal dapat ditandai dengan:

  • Cairan keputihan cenderung berwarna, bau, dan ada tekstur dari biasanya.
  • Cairan keputihan keluar lebih banyak dari biasanya.
  • Keluar darah setelah berhubungan seksual atau di luar jadwal haid.

Keputihan yang abnormal ini dapat disertai dengan keluhan:

  • Gatal pada area kewanitaan.
  • Nyeri di panggul ataupun ketika buang air kecil.
  • Rasa sensasi terbakar di sekitar vagina.

Penyebab Keputihan

Keputihan yang dialami setiap wanita pasalnya berbeda-beda, mulai dari jumlah cairan yang keluar hingga warna serta tekstur cairan. Untuk keputihan normal setidaknya 6 bulan sebelum seorang wanita mengalami menstruasi pertama kalinya. Keputihan dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh.

Selain karena perubahan hormon, keputihan akan normal keluar bila wanita mendapat rangsangan seksual, sedang menyusui, ataupun sedang mengalami stres.

Sementara itu, keputihan yang tergolong tidak normal disebabkan oleh infeksi ataupun jamur.

Penyebab Keputihan Tidak Normal

Keputihan tidak normal bisa merupakan gejala penyakit, dimulai dari infeksi jamur hingga kanker serviks. Di bawah ini adalah beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab keputihan menjadi berbahaya, berikut tanda-tandanya:

Vaginosis bakterialis

Vaginosis bakterialis bisa membuat keputihan berubah warna menjadi putih, abu-abu, atau kuning yang disertai dengan bau amis, gatal atau perih, kemerahan, dan pembengkakan pada vagina.

Infeksi jamur

Ciri-cirinya meliputi keputihan kental, berwarna putih, menggumpal seperti susu kental, disertai gatal, bengkak, dan rasa sakit di sekitar vagina. Nyeri akan makin terasa pada saat berhubungan seksual.

Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Penyakit ini membuat keputihan berwarna kuning hingga kehijauan, berbusa, dan berbau tidak sedap. Trikomoniasis juga membuat vagina gatal dan nyeri saat buang air kecil.

Gonore

Gonore menimbulkan keputihan berwarna kuning atau kebau-abuan yang disertai nyeri panggul, perdarahan di luar siklus haid, dan keluarnya urine tanpa disadari.

Kanker

Kanker serviks dan kanker endometrium dapat menyebabkan keputihan berwarna cokelat atau merah yang disertai nyeri panggul dan perdarahan pada vagina.

Selain itu, penyakit radang panggul, vaginitis, klamidia, penggunaan obat tertentu, serta kebiasaan menggunakan cairan pembersih vagina juga bisa menyebabkan keputihan tidak normal.

Faktor Risiko terkena Keputihan

Ada beberapa faktor yang membuat seorang wanita rentan alami infeksi vagina dan menimbulkan keputihan, antara lain:

  • Konsumsi pil KB
  • Menderita penyakit diabetes.
  • Melakukan hubungan seksual tanpa kondom dan sering gonta ganti pasangan.
  • Menurunnya sistem imun kekebalan tubuh, misalnya penyakit HIV.
  • Terdapat iritasi di area dalam atau sekitar vagina.
  • Menipisnya dinding vagina akibat menopause.
  • Memakai sabun atau losion yang mengandung parfum atau pewangi yang berbahaya.

Pengobatan Keputihan Di Klinik Pandawa Jakarta

Baiknya bila kamu mengalami hal seperti di atas, konsultasikan kepada dokter ahlinya, agar tidak salah dalam menjalani pengobatanan. Klinik Pandawa menjadi salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, dan penyakit bedah.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin khususnya penyakit Keputihan. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah life style klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit menular seksual dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia terjamin.