Keriput Sudah Mulai Muncul? Cari Tahu Penyebab dan Mengatasinya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

keriput pada wajah

 

Seiring bertambahnya usia seseorang, kondisi wajah mulai menunjukkan garis-garis halus atau lebih akrab dengan keriput. Sebenarnya hal ini bukan masalah yang serius, karena kondisi ini terjadi secara normal pada setiap orang yang mulai menua. Namun nggak sedikit orang yang ingin terus terlihat muda di usianya yang sudah mulai tua. Nggak jarang mereka pun merasa sangat terganggu dengan kulit keriput.

Kerutan atau keriput yang muncul pada wajah ini biasanya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para wanita. Bagi sebagian besar wanita, terlihat sempurna dalam keseharian merupakan suatu pencapaian, terlebih mereka yang sangat eksis atau tuntutan pekerjaan. Nggak heran mereka berani mengeluarkan biaya lebih untuk bisa menghilangkan keriput di wajahnya.

Yuk kita bahas lebih lanjut apa itu kulit keriput, penyebabnya dan cara ampuh menangani keriput ini di bawah ini.

 

Apa Itu Kulit Keriput?

Kulit Keriput merupakan garis, kerutan atau liputan yang muncul pada kulit. Hal ini merupakan tanda utama dari proses penuaan. Keriput biasanya muncul di bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti tangan, lengan, leher atau bahkan wajah.

 

Apa Saja Penyebab Kulit Mengeriput?

Kulit mengeriput atau kerutan disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya:

  • Umur. Seiring seseorang bertambah umurnya, maka elastisitas kulit pun akan makin berkurang. Produksi lemak dan kolagen pada tubuh yang menurun akan menjadikan kulit kering dan keriput.
  • Paparan sinar matahari dan ultraviolet. Dalam jangka panjang, radiasi sinar ultraviolet (UV) bisa mempercepat proses penuaan kulit. Bahkan, lebih dari 80 persen kulit keriput disebabkan paparan sinar UV. Hal ini terjadi sebab sinar UV merusak elastin dan kolagen pada lapisan dalam kulit atau dermis. Kerusakan kedua jaringan ikat tersebut bisa menimbulkan kulit kendur dan keriput lebih cepat.
  • Merokok. Kandungan nikotin pada rokok bisa menimbulkan pembuluh darah pada lapisan luar kulit menyempit. Kondisi ini lantas membuat aliran darah ke kulit terhambat, sehingga kulit pun kekurangan oksigen dan nutrisi. Lebih 4000 zat kimia pada rokok bisa merusak kolagen dan elastin pada kulit, sehingga otomatis mempercepat munculnya kulit keriput.
  • Ekspresi wajah. Kebiasaan yang tak sengaja saat mengekspresikan wajah juga bisa menyebabkan kulit keriput lho. Tiap kali seseorang memasang ekspresi wajah, seperti menyernyitkan dahi atau menyipitkan mata, otot wajah akan langsung membentuk lekukan di bawah permukaan kulit. Seiring bertambahnya waktu, otot wajah pun akan kehilangan kelenturannya, dan membuat lekukan tersebut makin terlihat.

Faktor Risiko

Selain bisa dilihat dari penyebabnya, berikut ini ada beberapa faktor tambahan yang bisa dikaitkan juga dengan kemunculan kulit kerutan, seperti:

  • Keturunan
  • Kekurangan melanin
  • Perubahan hormon
  • Penurunan berat badan.

Pencegahan 

Beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah kerutan ini lebih parah, diantaranya adalah:

  • Menghindari paparan langsung sinar matahari. Lindungi kulit dari paparan sinar UV, dengan mengenakan topi, kacamata, dan pakaian panjang. Jangan lupa juga selalu gunakan tabir surya tiap beraktivitas di luar rumah. Pilih tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih, dengan perlindungan dari sinar UVA dan UVB.
  • Gunakan pelembap. Pakai pelembap kulit yang tepat guna mencegah kulit kering yang dapat menyebabkan keriput muncul lebih cepat.
  • Berhenti merokok. Seseorang yang sudah merokok selama bertahun-tahun, masih bisa mencegah keriput muncul lebih banyak dengan berhenti merokok.
  • Pola diet sehat. Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin yang baik dalam makanan, dapat melindungi kulit dari keriput lebih dini.

Cara Mengatasi Kulit Keriput

Jika kamu sudah mengalami kulit mengeriput atau sudah mencoba skin care untuk mengatasi masalah kulit ini tapi belum ada hasilnya, kamu juga perlu mencoba treatment kecantikan dengan prosedur medis. Masing-masing prosedur tersebut memiliki hasil dan efek samping yang berbeda.

Perlu diingat bahwa, tidak ada cara untuk menghentikan proses penuaan kulit. Oleh karena itu, kamu pun perlu menjalani prosedur secara berulang, agar hasilnya tetap bertahan. Beberapa treatment kecantikan untuk mengatasi keriput antara lain:

  • Peeling. Peeling adalah prosedur pengelupasan kulit menggunakan asam. Prosedur ini bertujuan membuang lapisan atas kulit, dan menumbuhkan kulit baru yang terlihat lebih muda. Beberapa jenis asam yang umumnya digunakan dalam prosedur ini adalah asam glikolat, asam salisilat, dan asam trikloroasetat.

 

  • Dermabrasi. Prosedur ini bertujuan untuk mengikis lapisan kulit terluar dengan menggunakan alat khusus. Area kulit yang diatasi dengan dermabrasi akan memerah dan sedikit sensitif, namun setelahnya akan tumbuh kulit baru yang lebih kencang.

 

  • Mikrodermabrasi. Serupa dengan dermabrasi, mikrodermabrasi berguna untuk meremajakan kulit, dengan mengikis lapisan kulit terluar. Bedanya, kalau treatment dermabrasi lebih cocok dilakukan pada pasien berkulit terang, mikrodermabrasi bisa dilakukan pada segala tipe kulit.

 

  • Suntik botoks. Suntik botoks atau botulinum toxin dalam dosis kecil bia mencegah otot berkontraksi. Cairan ini bisa menghilangkan kerutan di dahi, dan sekitar area bawah mata. Meski demikian, hasilnya hanya bertahan 3 sampai 4 bulan, sehingga perlu penyuntikan kembali untuk mempertahankan hasilnya.

 

  • Skin Laser resurfacing. Metode ini bertujuan untuk merangsang produksi kolagen agar tumbuh kulit baru yang lebih kencang. Hal ini tergantung pada kondisi keriput yang ada pada pasien, dokter bisa menjalankan terapi laser ablasi atau non-ablasi.

Treatment Keriput di Klinik Pandawa

Untuk menjalani treatment kecantikan dengan prosedur medis, kamu perlu pintar memilih beberapa klinik kecantikan yang kompeten dan berpengalaman di bidang itu. Seperti pada Klinik Pandawa dengan fokus pada klinik estetika, anti-aging dan skincare ini bisa kamu andalkan.

Klinik Pandawa memiliki beberapa treatment dan layanan untuk mengatasi keluhan kulit kamu, dari berjerawat, kulit kering, eksim, kulit berminyak, hingga mengatasi keriput. Ditangani langsung oleh dokter ahli dan tenaga medis bersertifikasi.

Sahabat Pandawa tentu bisa berkonsultasi online dengan dokter kecantikan kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layananDapatkan juga promo-promo menarik tiap bulannya untuk layanan kecantikan di Klinik Pandawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *