Kira-kira Sipilis Bisa Sembuh Sendiri Tidak, Ya?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Gonore | Klinik Kelamin | Klinik Kulit | Klinik Gigi

Selain gonore, infeksi kelamin yang perlu pengobatan cepat dan tuntas lainya adalah penyakit sipilis. Penyakit sipilis sendiri lebih dikenal di masyarakan dengan sebutan raja singa. Tak hanya pria, tapi wanita pun rentan dengan penyakit sipilis ini, lho. Lantas, bagaimana pengobatan sipilis? Apakah sipilis bisa sembuh sendiri? Cari tahu jawabannya di sini.

sipilis bisa sembuh sendiri

Seberapa umum sifilis atau raja singa ini?

Sipilis atau raja singa memang diketahui sering dialami pria, hanya saja karena rentan menular, kemungkinan pada wanita pun bisa terjadi.

Penyakit raja singa ini sendiri disebabkan oleh bakteri bersama treponema pallidum. Seperti halnya gonore, bakteri ini juga rentan menular melalui aktivitas seks tidak sehat baik melalui vaginal, anal maupun oral. Begitu pun bisa terjadi bila memakai tranfusi darah atau jarum suntik sembarangan.

mengetahui, sipilis yang menderita oleh wanita hamil akan membahayakan kesehatan janin hingga komplikasi pada sang bayi. Parahnya, komplikasi sipilis pada bayi bisa sebabkan kematian.

Nah, penyakit kelamin ini juga terkenal bahayanya sebagai perusak organ. Tak hanya menyerang organ vital dan reproduksi, bakteri yang terlambat penanganan bisa menyebar keseluruh tubuh sehingga sebabkan infeksi berlebih dan komplikasi.

Adapun ciri-ciri sipilis terdasari oleh tingkat keparahan alias stadium. Berikut inilah empat tahap atau stadium yang perlu waspadai:

  • Primer: tahap awal ini berawal dengan kemunculan luka terbuka yang tidak sakit. Luka tersebut bisa menjadi pintu keluar masuknya bakteri berpindah dan menularkan. luka terbuka yang tidak sakit ini bisa muncul di area Mr.P, Miss V, bokong ataupun mulut mirip sariawan.

jika di tahap awal ini Anda tak segera periksa dan pengobatan maka bisa berlanjut pada tahap selanjutnya yaitu sekunder.

  • Sekunder: tahap kedua ini tertandai dengan munculnya ruam-ruam merah di tubuh, termasuk ruam di tangan, bokong maupun mulut atau bahkan sekujur tubuh. Gejala penyerta di tahap ini seperti demam, rambut-rambut di tubuh rontok, dan sebagainya
  • Laten: kondisi tahap laten ini di mana gejala sudah berkurang dan hilang, namun sayangnya bukan berarti penyakit ini sembuh. Bakteri sipilis masih bersembunyi bersemayam dalam tubuh dan bisa kambuh lagi sewaktu-waktu atau berapa tahun kemudian.

Beberapa juga tertemui benjolan di kelamin seperti kutil. Jika tak segera terobati maka Anda berjumpa dengan tahap akhir.

  • Tersier: tahapan akhir ini bisa terbilang tingkat keparahan sudah parah, lambatnya pengobatan sebabkan bakteri sudah menyebar dan tuimbulkan kerusakan organ pada tubuh mulai otak, darah, hati, saraf, hingga jantung.

Tak hanya gejala di atas, ada ciri atau tanda penyerta lainnya mulai demam, mual, nyeri saat berhubungan seks, Mr. P dan Miss V bengkak, keputihan tidak normal, berat badan mengalami penurunan, dan gangguan kencing.

Apakah sipilis bisa sembuh sendiri?

Jawaban dari pertanyaan apakah sipilis bisa sembuh sendiri kemungkinan sama dengan gonore. Gonore dan sipilis yang menyebabkan oleh bakteri ini sampai sekarang belum bisa sembuh sendiri.

Pengobatan sipilis yang tepat dan sesuai penelitian medis adalah dengan melakukan terapi anbiotik sipilis. Terapi ini bisa diberikan berupa obat minum, oles maupun suntik.

Sipilis bisa diatasi hanya dengan antibiotik yang diresepkan dokter sesuai dengan tahapan penyakitnya.

Penyakit raja singa yang terlambat pengobatan atau tidak mengobati bisa menyebabkan kenaikan tahapan atau stadium penyakit, dari stadium sekunder ke stadium tersembunyi (laten), khususnya jika Anda tidak mengalami gejala sifilis.

Begitu juga ketika pada tahap laten terus dibiarkan bertahun-tahun bisa berlanjut ke tingkat stadium akhir yang lebih parah yaitu tahap tersier.

Ketika Anda sudah berada tahap tersier, bakteri mampu sebabkan berbagai komplikasi yang menyerang organ dalam tubuh Anda, seperti:

  • otak,
  • saraf,
  • mata,
  • jantung,
  • pembuluh darah,
  • hati,
  • tulang, dan

Jadi, apakah sipilis bisa sembuh sendiri jawabannya adalah tidak bisa. tetapi, bila Anda cepat periksa dan jalani pengobatan sejak awal diagnosis maka sipilis bisa sembuh total.

Jangan Tunggu Parah 

Jika Anda sudah aktif secara seksual dan memiliki faktor risiko infeksi tersebut, segeralah lakukan skrining penyakit sipilis.

sipilis masih bisa kambuh, bila Anda tidak menjauhi penyebabnya. Sayangi diri Anda dan orang terkasih Anda.

Hubungi layanan pengobatan dan konsultasi Klinik Pandawa Jakarta via SMS/TLP/ CHAT di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.