Kulit bersisik adalah kondisi ketika lapisan terluar kulit dalam bentuk serpihan besar seperti sisik dan umumnya kering. Akibatnya, penderita merasa tidak nyaman. Selain itu kulit bersisik juga menyebabkan kehilangan kepercayaan diri. Sebab hal ini merusak penampilan. Kulit bersisik juga dapat menjadi tanpa penyakit tertentu.

Baca juga: Mengenal Xerosis atau Kulit Kering: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Mengenal Kulit Bersisik

Istilah medis dari kulit bersisik adalah deskuamasi. Kondisi ini dapat terjadi akibat cedera maupun kondisi medis tertentu sehingga kulit seperti rusak. Kulit bersisik dapat mengakibatkan komplikasi. Gejala kulit bersisik adalah

kulit bersisik

Penyebab

Penyebab kulit bersisik adalah

Perlu diketahui bahwa kulit bersisik juga dapat disebabkan oleh penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit tersebut antara lain sebagai berikut

Psoriasis

Peradangan yang menyebabkan kulit bersisik, terkelupas, gatal, dan menebal. Biasanya muncul di lutut, siku, punggung, dan kepala. Penyakit ini terjadi karena proses penggantian tubuh pada kulit bersifat abnormal. Jika seharusnya regenerasi terjadi dalam sebulan, maka penderitanya hanya dalam hitungan 3–4 hari. Akibatnya kulit mati dengan sel kulit baru menumpuk. Psoriasis adalah gangguan sistem imun.

Eksim

Peradangan pada kulit yang menyebabkan ruam dan gatal-gatal merupakan ciri eksim. Bahkan dapat menyebabkan kulit bintik-bintik berair. Penyebab macam-macam mulai dari genetik, alergi makanan, hewan, hingga serbuk bunga. Penyakit ini menyebabkan gatal yang menganggu dan membuat penderitanya sulit tidur.

Iktiosis

Kelainan pada kulit yang ditandai dengan kulit tebal, kasar, bersisik, dan gatal. Mirip dengan psoriasis, iktiosis terjadi karena gangguan proses regenerasi kulit. Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit keturunan. Namun, penyakit ini dapat terjadi ketika sudah dewasa akibat penyakit lain yang dimiliki penderitanya.

Actinic Keratosis

Mirip dengan beberapa penyakit sebelumnya yang telah disebutkan, actinic keratosis juga menyebabkan

Penyebabnya adalah paparan sinar matahari terus menerus pada kulit. Gangguan ini umumnya dialami orang berusia 40 tahun ke atas. Orang dengan kulit sensitif, mengidap HIV, kanker, atau menjalani kemoterapi lebih berisiko pada gangguan ini.

Lichen Planus

Gangguan sistem imun yang menyebabkan peradangan pada kulit, kuku, dan selaput lendir (mukosa). Penyakit ini tidak menular dan dapat diidap siapa saja. Kadang penyakit ini diikuti dengan bercak putih yang terasa nyeri. Lichen planus juga dapat muncul di vagina.

Kurap

Infeksi jamur pada kulit dengan ciri-ciri ruam yang melingkar berwarna merah. Menyerang tangan, kaki, wajah, kepala, dan selangkangan Anda. Penyebabnya adalah kontak dengan 

Kutu Air

Infeksi jamur pada kaki yang dapat menyerang semua golongan usia. Terjadi karena kaki basah, lembap, dan berkeringat akibat memakai sepatu ketat. Hindari berbagai sepatu dan kaos kaki agar tidak mengalami kutu air. Gunakan alas kaki jika beraktivitas di tempat umum. Gejalanya adalah

Ulkus Statis

Luka pada kaki atau pergelangan kaki akibat pembuluh darah yang rusak. Penyebab umumnya adalah gangguan pembekuan darah, penuaan, obesitas, dan cedera. Segeralah konsultasikan dengan dokter kulit Klinik utama Pandawa jika kalian terkena Ulkus Statis.

Hipoparatiroidisme

Kondisi langka yang terjadi karena tubuh kekurangan hormon paratiroid. Fungsi kelenjar ini adalah menjaga kadar kalsium dan fosfor. Gejalanya adalah kelalahan, nyeri otot, dan kejang-kejang.

Penyakit Kawasaki

Peradangan pada pembuluh darah yang dapat berkembang menjadi penyakit jantung. Biasanya dialami anak di bawah 5 tahun. Gejalanya adalah serangan pada mulut, kulit, dan kelenjar getah bening.

Baca juga: Kulit Anda Bintik-Bintik Berair? Ini 11 Penyebabnya

Pengobatan

Anda mungkin berpikir bahwa kulit bersisik terjadi karena kering. Namun, Anda perlu memeriksakan ke klinik penyakit kulit dan kelamin jika

Pengobatan yang diberikan klinik spkk terdekat tergantung dengan penyebabnya. Jika kulit Anda bersisik karena kering, Anda mungkin hanya diberi obat oles dan diberi saran mengaplikasikan pelembap. Namun, Anda juga dapat diresepkan obat minum. Klinik spkk Jakarta akan merekomendasikan perawatan lebih lanjut jika kulit bersisik disebabkan oleh penyakit kulit.

Cara Mencegah

Cara mencegah kulit bersisik adalah menjaga kulit Anda terhidrasi dengan baik. Gunakan pelembap setiap habis mandi dan hindari mandi dengan air hangat. Jaga kelembapan ruangan Anda dengan menggunakan humidifier. Jika udara sangat dingin, tetap gunakan pelembap. Sebab, pelembap tak hanya dibutuhkan ketika cuaca panas dan kering.