Kulit Kering Dan Bersisik Serta Gatal, Waspada Psoriasis!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

kulit kering dan bersisikPunya masalah kulit kering dan bersisik, gatal, dan nyeri? Bila iya, kemungkinan Anda menderita penyakit Psoriasis. Psoriasis adalah salah satu jenis penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja, akan tetapi lebih sering timbul pada orang dengan rentang usia antara 15-35 tahun. Psoriasis tidak menular, sehingga kontak langsung dengan ruam yang terdapat di kulit penderita tidak akan membuat seseorang terkena psoriasis ini. Simak pembahasan lengkap tentang psoriasis berikut.

 

Definisi Kulit Kering Dan Bersisik (Psoriasis)

Psoriasis merupakan istilah medis untuk peradangan yang terjadi pada kulit yang disertai dengan gejala kulit kering, menebal, bersisik, mudah terkelupas, serta terdapat ruam merah.

Letak psoriasis lazimnya muncul di bagian lutut, siku, punggung bagian bawah,dan kulit kepala. Penyakit ini bisa menjangkiti siapa saja, khususnya pada orang dengan rentang usia 15-35 tahun. Meski tak menular, penyakit ini sangat mengganggu ketika Anda beraktivitas dan membuat Anda kurang percaya diri.

 

Gejala Kulit Kering dan Bersisik (Psoriasis)

Gejala kulit kering bersisik (psoriasis) bisa beragam, bergantung jenis psoriasis-nya. Gejalanya bisa muncul dan menghilang sementara. Namun, begitu selang beberapa waktu akan muncul kembali. Terlebih, bila penderita tak menghindari faktor pemicunya.

Adapun penyebab Psoriasis diduga terkait oleh gangguan sistem kekebalan tubuh dan faktor keturunan. Faktor pemicu psoriasis sendiri kemungkinan berasal dari stres, infeksi tenggorokan, atau kondisi cuaca dingin.

Ketika seseorang mengalami psoriasis, sistem kekebalan tubuhnya akan membuat sel kulit tumbuh lebih cepat. Akibatnya, sel kulit akan bertumpuk sehingga jaringan kulit tumbuh tidak normal dan terlihat tebal serta bersisik.

Perlu diketahui, kulit normal biasanya membutuhkan waktu 28 hingga 30 hari untuk memproduksi sel kulit baru dan melepaskan sel kulit lama. Sedangkan pada penderita penyakit psoriasis, sel kulit baru bisa hadir dalam 3-4 hari dan terus menekan ke permukaan kulit.

Walhasil, ketika sel kulit lama belum terlepas dan kulit baru terbentuk, penumpukanlah yang akan terjadi. Semakin banyak sel kulit baru diproduksi, sel kulit lama pun mau tidak mau akan terdesak ke permukaan. Imbasnya terbentuklah lapisan tebal, merah, gatal dan bersisik yang disebut psoriasis.

 

Bahaya Kulit Kering dan Bersisik

Selain kulit, komplikasi psoriasis atau kulit kering dan bersisik ini pun bisa berakibat fatal. Sebab, psoriasis bisa  mengenai sendi yang disebut psoriasis arthritis. Akibatnya, akan terjadi pembengkakan, kekakuan, dan rasa nyeri terutama pada sendi tangan.

Gejala psoriasis arthritis hamper serupa dengan asam urat. Parahnya, kondisi ini akan berakibat fatal. Karena akan memunculkan telescopic finger; yakni kerusakan pada distal (ujung sendi) pada jari-jari tangan dan kaki sehingga tidak bisa berfungsi secara normal.

Selain mampu menyerang persendian, komplikasi psoriasis pun bisa sangat berbahaya. Sebab, komplikasi ini bisa menyerang ke organ tubuh yang jauh dari kulit. Salah satunya, bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Ya, karena pada psoriasis proses peradangan pada kulit menyebabkan zat-zat proinflamasi masuk ke dalam darah. Imbasnya, Zat-zat tersebut memicu peradangan dan luka di sepanjang kapiler yang ada dalam tubuh. Salah satunya, organ vital seperti jantung.

Saat peradangan di pembuluh darah semakin meluas, sel-sel darah atau trombosit akhirnya menumpuk dan menyumbat aliran darah. Trombosit yang seharusnya bertugas menghentikan perdarahan, namun bila semakin menumpuk akan berakibat pada risiko penyakit jantung.

 

Komplikasi Psoriasis

Selain penyakit jantung, Psoriasis juga bisa menyebabkan komplikasi dengan beberapa penyakit lainnya. Bahkan, penyakit kulit kering dan bersisik ini bisa menimbulkan penyakit serius yang tak kalah berbahaya. Berikut beberapa penyakit komplikasi Psoriasis lainnya;

  • Penyakit hipertensi
  • Penyakit Diabetes tipe 2
  • Sindrom metabolik, misalnya hiperglikemia, dislipidemia, dan obesitas
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit autoimun lainnya, seperti penyakit Celiac, dan penyakit Crohn

 

Pengobatan Psoriasis di Klinik Pandawa

Ketika pasien dengan penyakit kulit kering dan bersisik (Psoriasis) datang, dokter biasanya langsung melakukan diagnosa. Jika terdapat tanda-tanda dan mendeteksi psoriasis lewat bentuk ruam kulit yang muncul, beserta lokasi dan gejalanya, maka sampel jaringan kulit akan diperiksa.

Dan bila terdapat ruam disebabkan oleh penyakit lain, dokter kulit dapat mengambil sampel jaringan kulit untuk diperiksa. Pengobatan psoriasis yang dilakukan dokter biasanya bervariasi. Disebabkan jenis dan tingkat keparahannya berbeda. Pengobatan bisa dilakukan dengan pemberian suntik, obat oles, atau terapi khusus dengan sinar ultraviolet.

Jadi, Anda tak perlu ragu untuk datang ke Klinik Pandawa. Karena klinik ini merupakan salah satu klinik terbaik dalam menangani pasien Psoriasis. Beragam pasien kulit kering dan bersisik dengan tingkat keparahan yang beragam bisa disembuhkan.

Klinik Pandawa sebagai salah satu klinik kulit terbaik di kota Jakarta menyediakan layanan untuk pengobatan kulit kering dan bersisik (psoriasis). Dokter yang berpengalaman, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan kulit kering dan bersisik (psoriasis). Dokter di Klinik Pandawa akan menyarankan pengobatan atau tindakan medis yang tepat untuk menangani kulit kering dan bersisik (psoriasis) yang Anda alami.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layanan konsultasi.

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *